fbpx

Tokopedia merupakan salah satu marketplace terkenal yang memungkinkan pengguna atau pemilik bisnis di Indonesia untuk mengembangkan dan mengelola bisnis atau toko online mereka secara mudah dan gratis. Tokopedia sebagai marketplace terbesar di Indonesia, terus mengembangkan fitur-fitur baru yang lebih memudahkan user untuk mengembangkan bisnisnya. Salah satu fitur yang ada di Tokopedia yaitu TopAds. Tokopedia Ads atau TopAds merupakan layanan iklan berbayar yang bisa Anda gunakan untuk mempromosikan dan meningkatkan penjualan Anda. 

Melalui TopAds, Toko dan produk Anda akan lebih sering muncul dan tampil di barisan halaman pencarian paling atas, saat pembeli sedang mencari produk yang mereka butuhkan. Dengan begitu, calon pembeli akan lebih mudah menemukan toko dan produk Anda tanpa scroll kebawah lebih jauh. Sehingga dengan menggunakan TopAds Anda akan mendapatkan lebih banyak keuntungan, karena banyak calon pembeli yang tertarik dengan Toko dan produk Anda yang kemudian melakukan pembelian. Nah apakah Anda berniat untuk melakukan promosi dan meningkatkan penjualan dengan TopAds? Pada artikel kali ini Sosiakita akan menjelaskan mengenai cara beriklan TopAds dengan mudah dan benar yang bisa Anda simak berikut ini.

 

Baca Juga: Wajib Tahu! 5 Tips Bijak Menjual Barang di Marketplace

 

1. Mendaftarkan Toko Anda di TopAds

Cara beriklan Tokopedia atau TopAds yang pertama yaitu mendaftarkan toko Anda di Topads terlebih dahulu. Dengan mendaftarkan toko Anda, Tokopedia akan memberikan berbagai macam opsi untuk penempatan produk yang akan Anda iklankan, sehingga muncul pada halaman-halaman strategi di Tokopedia, seperti berikut ini:

  • Halaman beranda pada Tokopedia, yang mana menjadi halam utama sehingga sering dilihat oleh pengunjung.
  • Halaman favorit atau halaman dimana berisi produk-produk pilihan atau yang akan direkomendasikan kepada pengunjung situs.
  • Halaman kategori produk, yaitu halaman dimana pengunjung akan melihat produk Anda sesuai dengan kategori produk yang mereka cari atau tidak.       

 

2. Mengatur CPC atau Biaya per Klik

Cara beriklan Tokopedia atau TopAds dengan mudah yang kedua yaitu dengan mengatur CPC atau biaya per kliknya. Agar produk atau iklan Anda dapat tampil dihalaman paling depan, Anda perlu menentukan atau memasang biaya per klik terlebih dahulu. Pastikan jika biaya yang Anda pasang bersaing dengan toko-toko lain agar muncul di halaman paling depan. Caranya Anda bisa memperhatikan rekomendasi dari biaya per klik agar bisa mengetahui rata-rata biaya per klik yang digunakan oleh toko lainnya atau kompetitor Anda.   

 

Baca Juga: Cara Mudah Pasang Iklan Di TikTok Untuk Pemula

 

3. Menganalisa Tingkat Relevansi Iklan Tokopedia Ads

Cara beriklan Tokopedia atau TopAds yang ketiga yaitu dengan menganalisis tingkat relevansi iklan Tokopedia Ads. Adapun cara melihatnya melalui banyaknya klik pada iklan Anda. Karena tingkat relevansi akan menentukan urutan tampil dari suatu iklan, oleh karena ini semakin tinggi tingkat relevansinya, maka akan semakin tinggi pula iklan Anda tampil.   

 

4. Mengatur Nama Produk yang Sesuai Keyword

Cara beriklan Tokopedia atau TopAds yang keempat yaitu dengan mengatur nama produk sesuai dengan keyword atau kata kunci yang ingin Anda bidik. Penamaan produk merupakan hal yang sangat penting untuk dilakukan, karena dapat mempengaruhi performa dari TopAds dan penjualan produk Anda. Anda juga dapat menarik minat pembeli melalui penamaan produk yang Anda jual, seperti halnya berikut ini:

  • Memberikan penamaan produk yang jelas dan mengandung keyword atau kata kunci. Karena akan sangat berpengaruh dalam muncul di halaman pencarian produk. Ketika pengguna melakukan pencarian kata “kue coklat” kemudian produk Anda mengandung keyword tersebut, maka produk atau iklan Anda akan muncul di halaman pencarian. 
  • Pastikan untuk tidak memberikan nama yang mengandung kode asing. Ketika target pasar Anda adalah orang Indonesia menggunakan bahasa Indonesia yang jelas dan mudah dimengerti.

   

Baca Juga: 7 Jenis E-commerce Yang Perlu Kamu Ketahui

 

5. Memasang Biaya Per Klik Sesuai Rekomendasi

Cara beriklan Tokopedia atau TopAds yang kelima yaitu dengan memasang biaya per klik yang sesuai dengan rekomendasi iklan. Pada dasarnya rekomendasi biaya adalah rata-rata dari biaya iklan yang sering digunakan atau dipasang oleh penjual lain dengan kategori yang sama. Apabila Anda ingin produk dan toko Anda tampil di halaman paling depan dan teratas, maka pastikan untuk memasang biaya per klik yang per klik yang telah direkomendasikan, agar dapat bersaing dengan kompetitor.    .

 

Baca Juga: Ketahui 5 Tips Mudah Beriklan di Facebook Ads

 

6. Memilih Kategori Produk

Cara beriklan Tokopedia atau TopAds yang keenam yaitu dengan memilih kategori produk. Hal ini karena kategori produk menjadi salah satu faktor penting yang dapat mempengaruhi performa iklan Tokopedia Ads Anda. Pastikan Anda menentukan kategori produk yang sesuai dengan produk yang diiklankan. Apabila terjadi kesalahan dalam menentukan kategori produk ini, maka calon pembeli akan kesulitan menentukan produk Anda. 

 

7. Memilih Foto Produk yang Tepat

Cara beriklan Tokopedia atau TopAds yang ketujuh yaitu dengan memilih foto produk yang tepat. Hal yang tidak kalah penting dalam beriklan di Tokopedia yaitu memilih foto produk yang tepat. Karena akan sangat berpengaruh pada minat calon pembeli. Pastikan foto yang Anda pilih memiliki pencahayaan yang pas, warna dan kualitas foto yang terbaik. Selain itu pastikan jika foto Anda memperlihatkan produk dengan sangat jelas. 

 

Baca Juga:  9 Cara Mudah Beriklan di Tiktok Menggunakan Tiktok Ads

 

8. Menambahkan Deskripsi Produk dengan Jelas  

Cara beriklan Tokopedia atau TopAds yang terakhir yaitu dengan menambahkan deskripsi produk dengan jelas. Seperti halnya dengan penamaan produk, penambahan deskripsi juga perlu Anda lakukan dengan detail dan jelas. Anda bisa menambahkan informasi mengenai kegunaan, kelebihan, bahan, warna, tipe, ukuran, dan lainnya sebelum menjalankan iklan.   

 

Itulah beberapa cara beriklan di Tokopedia atau TopAds yang bisa Anda terapkan sebelum iklan Anda terpasang. Semoga informasi diatas bisa membantu Anda dalam memulai beriklan di Tokopedia. Jika Anda masih merasa kesulitan atau tidak memiliki cukup waktu untuk menjalankan iklan atau mengelola toko online Anda  segera hubungi Sosiakita sekarang juga!

Karena Sosiakita dapat membantu Anda dalam mengelola toko online Anda di berbagai marketplace, serta dapat meningkatkan performa toko dan engagement social media Anda. Tertarik untuk mencoba? Segera Hubungi Sosiakita sekarang juga! Dapatkan free konsultasi dengan kunjungi halaman resmi kami di sini  atau temukan kami di LinkedIn, Facebook, dan Instagram untuk mengetahui informasi terupdate kami.   

Share