fbpx

TikTok saat ini memang menjadi platform yang digandrungi oleh banyak orang termasuk para marketer dan pelaku bisnis. Bahkan pada tahun 2021 lalu, TikTok memiliki jumlah pengguna aktif mencapai 1 miliar pengguna bulanan. Seiring dengan banyaknya fitur-fitur baru yang diluncurkan oleh TikTok, popularitas TikTok juga kian meningkat. Salah satunya fitur TikTok Ads atau Iklan TikTok yang banyak digunakan oleh para pelaku bisnis dan digital marketer untuk memasarkan bisnis dan perusahaan mereka. Dengan pasang iklan TikTok, pengguna dapat menjangkau target market secara lebih luas dan mudah. 

Namun untuk para pemula di dunia TikTok mungkin tidaklah mudah untuk mengoperasikan atau memasang iklan TikTok. Lalu bagaimana cara pasang iklan di TikTok yang tepat dan mudah? Nah, berikut ini Sosiakita akan menjelaskan tentang bagaimana cara pasang iklan TikTok yang tepat, agar Anda para pemula dapat menjalankan iklan dengan maksimal. 

 

1. Buat Akun Iklan TikTok

Cara pasang iklan TikTok dengan mudah yang pertama yaitu dengan membuat akun iklan TikTok. Untuk dapat membuat kampanye iklan, pastikan jika Anda telah memiliki akun iklan. Caranya, Anda harus mengunjungi halaman beranda TikTok for Business, kemudian klik tombol get started. Setelah itu Anda akan dialihkan menuju  halaman sign-up. Namun jika Anda telah memiliki akun iklan TikTok, cukup klik tombol log-in. Dengan begitu Anda akan langsung dialihkan kembali ke halaman TikTok Ads, kemudian diminta untuk melanjutkan pembuatan akun iklan TikTok dengan cara register.

 

2. Buat Campaign Iklan di TikTok Ads

Cara pasang iklan TikTok dengan mudah yang kedua yaitu membuat kampanye iklan di TikTok. Adapun cara membuat kampanye iklan yang baik dan benar adalah sebagai berikut:

  • Pertama, pada halaman dashboard TikTok Ads, cukup klik tab campaign yang ada di bagian atas halaman. 
  • Setelah itu klik tombol create, jika sudah terbuka halaman baru kemudian klik create new.
  • Selanjutnya pilih tujuan kampanye yang Anda inginkan, yang mana kampanye ini merupakan tujuan utama dari iklan Anda. Terdapat tiga opsi tujuan kampanye yang tersedia dan bisa Anda pilih, yaitu: consideration dengan pilihan traffic, video views, dan app install, kemudian ada awareness dengan pilihan reach, dan yang terakhir yaitu conversion. 

Untuk menetapkan anggaran Anda di kampanye iklan TikTok ini, pilih salah satu opsi anggaran harian atau anggaran total. Anda juga dapat memilih no limit di bagian bawah untuk anggaran iklan tanpa batas. Perhatikan adanya minimum anggaran harian dan anggaran total yang harus dipenuhi. Lalu lanjutkan dengan menekan tombol continue.

 

Baca Juga: Cara Mudah Posting Otomatis TikTok Sesuai Jadwal

 

3. Mengatur Placement, Detail, dan Target

Cara pasang iklan TikTok yang ketiga yaitu mengatur detail, placement, dan target. Adapun cara mengatur detail, placement dan target yang tepat yaitu sebagai berikut:

  • Anda akan dialihkan secara otomatis menuju menu membuat grup iklan atau biasa disebut ad group. Disini Anda akan memilih penempatan iklan serta penargetan iklan.
  • Dalam memilih penempatan pastikan untuk memilih platform yang tepat untuk menjalankan iklan Anda. Namun Anda juga bisa memilih auto placement, yang mana penempatan iklan Anda akan ditentukan oleh TikTok untuk mendapatkan kinerja iklan yang maksimal.
  • Selanjutnya yaitu detail. Dimana ini sangat diperlukan untuk dapat memulai menjalankan iklan. Adapun beberapa hal yang dapat Anda lakukan seperti memasukkan URL atau link menuju website atau toko Anda, kemudian menambahkan gambar, nama tampilan, serta kategori yang relevan. Pada bagian ini Anda juga dapat memilih hingga 20 keyword yang dapat mendeskripsikan aplikasi atau situs Anda. Yang mana keyword tersebut berfungsi sebagai penghubung atau pencocokan antara produk dengan target audiens Anda yang tepat.
  • Terakhir yaitu penargetan. Pada dasarnya penargetan ini bertujuan untuk menentukan target audiens iklan Anda. Oleh karena itu Anda harus menetapkan parameter target audiens berdasarkan jenis kelamin, usia, lokasi, minat, bahasa, perangkat, dan lain sebagainya, agar dapat menjaring audiens potensial yang tepat.  

 

4. Tetapkan Anggaran, Durasi, dan Sasaran

Cara pasang iklan TikTok dengan tepat selanjutnya yaitu dengan menetapkan durasi, anggaran dan sasaran. Setelah menentukan target audiens, langkah selanjutnya yang bisa Anda lakukan memilih opsi anggaran dan durasi atau jadwal tayang. Pada tahap penetapan anggaran ini Anda harus memilih jumlah anggaran harian yang ingin dibelanjakan dalam satu hari dan anggaran total dengan jumlah total anggaran yang ingin dibelanjakan selama jadwal iklan berlangsung. Namun terdapat minimum anggaran pada setiap opsi penentuan biaya iklan, oleh karena itu Anda harus hati-hati, jangan sampai iklan Anda ditolak karena salah memasukkan anggaran. 

Selanjutnya yaitu menentukan durasi atau jadwal tayang iklan. Dimana Anda dapat memilih waktu tertentu dalam sehari atau minggu untuk menjalankan iklan TikTok. Pada tahap ini TikTok juga menawarkan opsi pengoptimalan cerdas yang bisa Anda aktifkan, agar penawaran Anda disesuaikan dan dioptimalkan untuk meningkatkan konversi. Namun jika Anda ingin memilih tayangan atau klik sebagai sasaran iklan, maka pengoptimalan erdas bisa Anda nonaktifkan.   

 

5. Menentukan Format dan Memilih Desain Iklan

Cara pasang iklan TikTok yang terakhir yaitu dengan menentukan format dan memilih desain iklan. Pada dasarnya iklan TikTok dapat berupa video dan gambar horizontal persegi atau vertikal. Anda dapat sekaligus mengedit atau merancang desain iklan yang Anda inginkan di TikTok, yaitu dengan alat video creator kit. Pada tool tersebut, terdapat template gambar maupun video dan dilengkapi dengan 300+ pilihan musik latar gratis yang bisa Anda gunakan untuk konten iklan. Setelah Anda selesai memilih desain dan format, selanjutnya yaitu menayangkan kampanye iklan  Anda. Anda juga dapat memantau kinerja dari iklan Anda pada dashboard iklan. 

 

Nah itulah beberapa cara mudah pasang iklan TikTok yang bisa Anda terapkan sendiri sebagai pemula.  Semoga informasi ini  dapat membantu Anda dalam menjangkau target market yang diinginkan beranda atau perusahaan Anda.  Apakah Anda tertarik untuk pasang iklan TikTok, namun masih belum paham dengan alurnya? Segera hubungi Sosiakita sekarang juga! 

Sosiakita merupakan salah satu jasa digital marketing Surabaya yang mempunyai berbagi layanan, mulai dari pembuatan website, pengembangan web, digital marketing, hingga pembuatan konten-konten menarik untuk website dan sosial media Anda. Dengan pengalaman yang kami miliki serta team yang ahli dan profesional, kami akan mampu mengembangkan bisnis dan perusahaan Anda. Untuk mendapatkan fee konsultasi atau kunjungi halam resmi kami di sini  atau temukan kami di LinkedIn, Facebook, dan Instagram untuk mengetahui informasi terupdate kami.  

Share