fbpx

Kehadiran marketplace saat ini memang menjadi solusi terbaik bagi para pelaku usaha yang ingin memulai bisnis, namun belum memiliki banyak modal untuk membuka toko fisik. Mengapa demikian? Karena dengan marketplace Anda tinggal bergabung pada beberapa marketplace seperti Shopee, Bukalapak, Lazada, Tokopedia dan lain sebagainya untuk dapat mulai menjual produk Anda secara online.

Pada dasarnya, marketplace itu sendiri merupakan sebuah pasar yang mana akan banyak para pelapak dari berbagai daerah bahkan negara lain yang ada disana. Sehingga bisa dibilang kompetisi berjualan di marketplace juga sangat tinggi dan cukup ketat. Namun Anda tidak perlu khawatir, karena terdapat beberapa cara agar Anda dapat memenangkan kompetisi tersebut secara sehat dan bijak, tentunya agar toko dan produk Anda terlihat lebih menonjol dibandingkan penjual lainnya. Nah apakah Anda ingin tahu bagaimana caranya? Simak penjelasan mengenai 5 Tips Bijak Menjual Barang Marketplace yang telah Sosiakita rangkum berikut ini.    

 

Baca Juga:  Ketahui Perbedaan TikTok Shop, IG Shop, dan Fb Marketplace

 

1. Meraih Kepercayaan Pembeli

Tips bijak menjual barang marketplace yang pertama yaitu meraih kepercayaan konsumen atau pembeli terlebih dahulu. Mengapa demikian? Karena dalam bisnis memperhatikan customer trust merupakan hal yang sangat penting, terlebih saat ini segala sesuatu yang ada di online sangat mudah viral, baik hal positif maupun negatif. Pastikan Anda dapat meraih kepercayaan konsumen agar mereka mau membeli produk Anda, bahkan melakukan repeat order

Adapun langkah pertama yang bisa Anda lakukan yaitu melengkapi profil dengan jelas, menunjukkan foto profil atau logo, kemudian menunjukkan foto produk yang asli dan bagus, menunjukkan sertifikat, penghargaan, proses pembuatan, serta hal-hal lain yang dapat menimbulkan kepercayaan di benak konsumen baru Anda.

 

2. Meningkatkan Cara Komunikasi

Tips bijak menjual barang marketplace yang kedua yaitu penting untuk meningkatkan cara komunikasi dengan konsumen. Agar Anda dapat menjual barang di marketplace dengan mudah pastikan untuk menjalin komunikasi yang intensif meskipun dengan calon pembeli yang hanya bertanya-tanya saja atau belum tentu melakukan pembelian. Seperti halnya membuat template balasan chat, karena akan lebih efisien daripada harus mengetik secara manual setiap ada pertanyaan dari calon pembeli yang berulang-ulang. Selain itu, Anda juga bisa menghemat waktu dan dapat membalas chat calon konsumen dengan cepat. 

Selanjutnya pastikan Anda selalu mem follow up para calon pembeli yang terlihat berminat dengan produk Anda. Karena bukan tidak mungkin jika dari situ calon pembeli tersebut akan membeli produk Anda pada akhirnya. Yang terakhir yaitu, selalu cepat tanggap, sopan, serta ramah dalam memberikan respon pada keluhan calon konsumen, meski hal kecil sekalipun. Dengan begitu calon pembeli akan menilai bahwa penjual sangat peduli dengan konsumen. Hal ini bisa membuat calon pembeli semakin percaya dengan produk dan toko Anda.   

 

Baca Juga: 9 Cara Mudah Beriklan di Tiktok Menggunakan Tiktok Ads

 

3. Memperhatikan Kualitas Konten

Tips bijak menjual barang marketplace yang ketiga yaitu pastikan untuk selalu memperhatikan kualitas konten baik foto, video, maupun deskripsi atau caption. Pada dasarnya produk yang terpampang di marketplace sudah seharusnya mengandung informasi yang jelas dan lengkap, sehingga mampu menjual dirinya sendiri. Oleh karena itu, sebuah produk yang ada di marketplace harus dipastikan unggul dalam sisi foto, konten, harga, copywriting, deskripsi dan value promotion.  

Karena saat berjualan di marketplace tidak ada yang namanya sales promotion girl/boy (SPG) yang akan membantu menjelaskan, sehingga “our product is our salesman” begitulah istilah yang tepat untuk menjelaskan. Untuk itu Anda harus menampilkan foto produk yang menarik, deskripsi yang jelas dan lengkap, copywriting yang provokatif, keunggulan produk Anda dari toko lain, serta harga dan value yang ditawarkan. 

 

4. Meningkatkan Performa Toko

Tips bijak menjual barang marketplace yang keempat yaitu pastikan untuk meningkatkan performa toko Anda. Terdapat beberapa cara atau langkah yang dapat mempengaruhi performa toko di marketplace, seperti halnya merespon chat pelanggan dengan cepat, kemudian kecepatan Anda dalam memproses pesanan pelanggan, serta upgrade toko ke premium. 

Hal ini karena di marketplace akan terlihat berapa persentase dari ketiga performa toko Anda tersebut di statistik toko. Jika calon konsumen melihat statistik performa toko Anda jelek atau rendah, maka bisa saja mereka akan mengurungkan niatnya untuk belanja di toko Anda. Sebaliknya jika statistik performa toko Anda baik serta rating dan review dari pelanggan lainnya bagus, maka toko Anda akan semakin dilirik oleh banyak calon pembeli.   

 

Baca Juga: Inilah Cara Mendapatkan Centang Biru Di Akun Instagram

 

5. Manfaatkan Fitur-Fitur Marketplace

Tips bijak menjual barang marketplace yang kelima yaitu memanfaatkan fitur-fitur yang tersedia di marketplace. Beberapa marketplace memang telah menyediakan banyak sekali fitur-fitur yang bisa menunjang para pelapak untuk mempromosikan toko serta meningkatkan penjualan mereka. Nah sebagai pelapak atau penjual, Anda juga bisa mempelajari fitur-fitur tersebut dan memanfaatkannya untuk mendukung jualan online Anda. 

Adapun  beberapa contoh fitur marketplace yang bisa Anda gunakan yaitu fitur gratis ongkir, fitur cashback, fitur premium seller, dan lain sebagainya. Dengan memanfaatkan fitur tersebut di toko Anda, maka calon pembeli akan semakin tertarik untuk berbelanja di toko Anda, karena tidak semua pelapak bisa menyediakan fitur tersebut.   

Itulah 5 Tips Bijak Menjual Barang Marketplace yang bisa Anda ketahui. Semoga informasi diatas dapat membantu Anda dalam memulai memasarkan produk di marketplace. Namun perlu Anda ketahui bahwa mengurus toko di marketplace itu susah-susah gampang. Untuk dapat mengoptimalkan satu toko saja akan banyak sekali yang harus Anda lakukan. Apalagi jika Anda mengurusnya sendiri, mulai dari update stok, memantau pengiriman, packing, mengedit konten, membuat copywriting, membalas chat, dan masih banyak lagi. Nah jika Anda berencana untuk membuka toko online di berbagai Marketplace namun tidak ada waktu untuk mengurus hal-hal tersebut, bagaimana bisa memberikan pelayanan yang cepat dan berkualitas?

Agar lebih mudah, Anda bisa menggunakan layanan manajemen konten, sosial media, dan marketplace dari Sosiakita. Karena Sosiakita dapat membantu Anda dalam mengelola toko online Anda di berbagai marketplace, serta dapat meningkatkan performa toko dan engagement social media Anda. Tertarik untuk mencoba? Segera Hubungi Sosiakita sekarang juga! Dapatkan free konsultasi dengan kunjungi halaman resmi kami di sini  atau temukan kami di LinkedIn, Facebook, dan Instagram untuk mengetahui informasi terupdate kami.   

Share