Berbicara mengenai bisnis, saat ini media sosial menjadi salah satu hal yang berperan sangat penting dalam kelangsungan hidup para pelaku bisnis online. TikTok, Instagram, dan Facebook adalah ketiga platform media sosial yang marak digunakan para pelaku bisnis sebagai media promosi. Bukan hanya sebagai media promosi untuk meningkatkan brand awareness, sosial media pun sekarang juga bisa menjadi wadah untuk menjual barang melalui platform mereka. Hal ini karena ketiga media sosial tersebut menyediakan fitur yang dapat mempermudah pengguna untuk menjalankan bisnis, yaitu fitur TikTok shop, Instagram Shop, dan Facebook Marketplace. 

Sebelum membahas lebih jauh, perlu Anda ketahui bahwa ketiga media sosial tersebut menjadi media sosial yang saat ini paling digandrungi oleh masyarakat dari berbagai usia. Hal ini juga diikuti dengan semakin banyaknya pelaku bisnis dan konsumen yang melakukan kegiatan jual beli secara langsung melalui aplikasi sosial media ini. Oleh karena itu TikTok shop, Instagram shop, dan Facebook Marketplace sering diperbandingkan. Anda pun mungkin menjadi salah satu orang yang penasaran mengenai perbandingan dari ketiganya. Untuk menjawab rasa penasaran Anda dan mengetahui manakah yang terbaik untuk bisnis Anda, simak penjelasan mengenai perbedaan TikTok shop, Instagram shop, dan Facebook Marketplace berikut ini.  

 

Perbedaan TikTok Shop, Instagram Shop, dan Facebook Marketplace 

 

1. Awal Kemunculan Fitur TikTok Shop, Instagram Shop, dan Facebook Marketplace

Ketahui Perbedaan TikTok Shop, IG Shop, dan Fb Marketplace

 

Hal pertama yang membedakan TikTok shop, Instagram shop, dan Facebook shop atau Facebook marketplace adalah awal diluncurkannya fitur tersebut ke publik. 

TikTok pertama kali muncul pada bulan September 2021 lalu, yang mana dapat dikatakan sangat baru.  Meskipun terbilang masih baru, Deseret News menyebutkan bahwa fitur TikTok shop ini memiliki potensi yang cukup besar mengingat persentase pengguna Tik Tok yang membeli produk dan layanan setelah melihat iklan mencapai 49%.  

Sedangkan Instagram shopping pertama kali diperkenalkan ke publik pada bulan Maret 2017. Fitur ini digadang-gadang sebagai BigCommerce karena mampu memberikan kenaikan traffic yang signifikan kepada merek hingga mencapai 1.1416% serta peningkatan pendapatan mencapai 20%.

Adapun untuk Facebook Marketplace pertama kali dikenalkan pada bulan Agustus 2016 yang hingga saat ini masih banyak digandrungi oleh para pengguna Facebook dan para pebisnis online. 

 

2. Demografi Pengguna

Ketahui Perbedaan TikTok Shop, IG Shop, dan Fb Marketplace

 

Hal kedua yang membedakan antara TikTok shop, Instagram Shopping dan Facebook Marketplace yaitu demografi dari penggunanya. Perlu Anda ketahui bahwa mengetahui demografi pengguna merupakan hal yang sangat penting, karena akan sangat berkaitan dengan target pasar Anda nantinya. Jika demografi pengguna sesuai dengan target pasar Anda, maka platform tersebut akan lebih efektif untuk mempromosikan bisnis Anda.

Menurut data dari Statista pengguna Tik Tok pada tahun 2021 mencapai 4,14 juta. Dimana 59% diantaranya adalah pengguna perempuan dan 39% lainnya pengguna laki-laki. Dari 4.14 juta pengguna tersebut 60% diantaranya berusia 16 hingga 24 tahun.  

Masih dilansir dari Statista, pengguna Instagram di Indonesia pada tahun 2021 mencapai 87,9 juta, yang diantaranya  52,65 pengguna perempuan dan 47,4% pengguna laki-laki. Dari 87,9 juta pengguna tersebut 36,4% berusia 18 hingga 24 tahun, dan 31,9% lainnya berusia 25 hingga 34 tahun.

Sementara pengguna Facebook di Indonesia pada tahun 2021 mencapai 140 juta yang diantaranya 43,9% pengguna perempuan dan 56,1% pengguna laki-laki. 

 

3. User Experience

Ketahui Perbedaan TikTok Shop, IG Shop, dan Fb Marketplace

 

Hal ketiga yang membedakan antara TikTok shop, Instagram Shopping dan Facebook Marketplace adalah user experience atau UX. Anda mungkin sudah tidak asing lagi dengan istilah UX yaitu kepuasan dalam menggunakan suatu produk digital. Dalam hal ini yang membedakan antara ketiga fitur tersebut yaitu pengalaman penggunaannya. 

Pada TikTok shop Anda akan dapat langsung membeli produk di aplikasi TikTok, sehingga tidak perlu dialihkan menuju situs lainnya. Artinya segala transaksi pembelian dimulai dari chatting dengan penjual hingga proses pembayaran semua dilakukan pada Aplikasi TikTok tidak dialihkan menuju situs lain. Adapun untuk pembayarannya dapat melalui OVO, Gopay, atau transfer bank. 

Sedangkan pada Instagram shopping, pembeli akan diarahkan terlebih dahulu menuju website brand, e-commerce, atau marketplace tempat produk tersebut dijual. Sehingga pembeli akan dialihkan menuju situs lain dan membutuhkan beberapa langkah untuk dapat membeli produk yang diinginkan.  

Begitu juga pada Facebook Marketplace yang hampir sama dengan Instagram Shopping, dimana pembeli akan diarahkan terlebih dahulu pada section pengiriman pesan kepada pelaku bisnis untuk mengatur pembelian atau menanyakan detail ketersediaan barang. Kemudian pembeli akan dialihkan menuju situs website lain sehingga membutuhkan beberapa langkah untuk melakukan pembelian dan pembayaran. 

 

4. Sinkronisasi dengan Media Lain

Ketahui Perbedaan TikTok Shop, IG Shop, dan Fb Marketplace

 

Hal keempat yang membedakan antara TikTok shop, Instagram Shopping dan Facebook Marketplace adalah sinkronisasi dengan media lainnya. Pada TikTok Shop tidak memiliki sinkronisasi dengan media lain, sehingga Anda harus membuat video iklan atau video berbeda untuk menjangkau audiens di media yang lain.  

Berbeda dengan Instagram dan Facebook yang berada dibawah naungan yang sama yaitu Facebook itu sendiri, maka kedua media sosial tersebut saling bertaut atau saling bersinkronisasi. Sehingga ketika Anda memsarakan produk melalui Instagram shopping Anda juga akan dimudahkan dalam menjangkau pengguna Facebook, begitu juga sebaliknya. 

 

Mana yang Lebih Baik Untuk Bisnis Anda?

Setelah membaca beberapa perbedaan mengenai TikTok shop, Instagram shop, hingga Facebook Marketplace, manakah yang menurut Anda lebih baik?  Jawabannya terletak pada siapa yang akan menjadi target pelanggan dari bisnis Anda. Jika target pasar Anda memiliki karakteristik yang lebih banyak menggunakan TikTok, maka TikTok shop akan lebih efektif untuk Anda gunakan dibanding dengan Instagram shop maupun Facebook marketplace. Begitu juga sebaliknya. Namun Anda tidak perlu khawatir, karena Anda tetap bisa menggunakan ketiga fitur shop tersebut terutama untuk dapat memperluas jangkauan pasar dan memaksimalkan penjualan bisnis Anda. 

 

Nah itulah beberapa perbedaan dari TikTok shop (simak cara mengaktifkan TikTok shop) , Instagram shop, hingga Facebook Marketplace yang telah Sosiakids jelaskan diatas. Agar strategi bisni Anda lebih efektif, Anda dapat menggunakan berbagai strategi social media marketing yang akan dibantu oleh ahli yaitu Sosiakita.    

Sosiakita merupakan jasa digital marketing Surabaya yang mempunyai berbagi layanan, mulai dari pembuatan website, pengembangan web, pemasaran digital, hingga pembuatan konten-konten menarik untuk website dan sosial media marketing Anda. Dengan pengalaman yang kami miliki serta team yang ahli dan profesional, kami akan mampu mengembangkan bisnis dan perusahaan Anda dalam menjangkau pasar yang lebih luas. Berminat untuk bergabung? Segera hubungi kami sekarang atau kunjungi halam resmi kami di sini  atau temukan kami di LinkedIn, Facebook, dan Instagram untuk mengetahui informasi terupdate kami.