TikTok Shop kini telah hadir untuk membantu produk Anda dapat diperjual belikan melalui tikok. Sebagaimana yang kita tahu, Tiktok saat ini telah memiliki lebih dari 10 juta pengguna aktif di Indonesia dan 732 juta pengguna aktif di dunia. Hal ini merupakan peluang besar bagi pelaku bisnis mempromosikan produknya di TikTok. 

Dengan adanya TikTok Shop, pelaku bisnis online dapat meningkatkan omzet dari penjualan produknya. Dengan adanya fitur ini Anda dapat mengenalkan produk serta menjualkan produk Anda dalam satu aplikasi saja. Menarik bukan? TikTok juga menyediakan Affiliate Program yang mampu membantu pengguna yang belum memiliki produk untuk dapat berjualan melalui platformnya. Kesempatan untuk Anda yang ingin memulai usaha online. 

Bagi Anda yang ingin tahu bagaimana cara untuk memulai TikTok Shop Anda. Berikut ini ada beberapa cara mudah yang dapat Anda ikuti: 

 

1. Akses Website TikTok Shop

Cara pertamanya yaitu dengan mengaktifkan fitur ini melalui situs resminya. Pastikan Anda telah memiliki akun TikTok. Jika belum, Anda harus membuat akun TikTok terlebih dulu. Apabila sudah memiliki akun TikTok anda bisa membuka situs TikTok Shop disini. Jika Anda belum pernah mendaftarkan diri sebagai seller di situs tersebut, Anda bisa pilih “Sign up with TikTok account” untuk mendaftar dengan akun TikTok, atau “Sign up with email address” jika anda ingin mendaftar melalui email. Apabila sudah pernah mendaftar sebagai seller di TikTok Shop, maka klik Anda bisa langsung klik login.

 

2. Login Website

Setelah langkah pertama bisa Anda lakukan, selanjutnya login. Masukkan email, nomor telepon, hingga username TikTok Anda. Tunggu hingga kode verifikasi muncul, kemudian baru masukkan kodenya dan login. Selain itu, Anda juga bisa login melalui akun TikTok atau email yang Anda miliki.

 

3. Informasi Toko Online

Untuk memaksimalkan penjualan Anda, Anda perlu untuk melengkapi segala informasi yang dibutuhkan dengan jelas. Adapun beberapa informasi tentang toko yang bisa Anda lakukan yaitu dengan mengisi alamat dan no telepon. Beri tanda centang yang menandakan jika Anda sudah menyetujui akan adanya syarat daftar TikTok Shop. Jika sudah, selanjutnya klik “Start Your Business.”

 

4. Verifikasi KTP

Setelah akun Anda terdaftar, maka perlu adanya verifikasi KTP atau passport atau dokumen lainnya. Caranya cukup mudah, buka homepage TikTok Shop dan pilih verifikasi dokumen. Kemudian pilih upload documents. Anda wajib untuk mengisi seller information sebelum berjualan.

Akan muncul menu Verify Personal Information. Anda dapat memiliki KTP dan unggah file KTP milik Anda. Klik Submit jika semua sudah lengkap. Dengan begitu, toko online Anda sudah berhasil untuk memulainya berjualan di TikTok Shop.

 

5. Tambah Produk 

Jika Anda sudah terdaftar di akun TikTok Shop, maka mulailah memasukan produk yang ingin Anda jual melalui TikTok Shop. Lengkapi nama produk, deskripsi produk, merek, kategori produk, dimensi dan berat produk, harga dan cara pembayaran yang Anda pilih (Gopay, Transfer, OVO, Indomaret, dll).

 

Dengan adanya Fitur ini, tentunya dapat membuat bisnis online yang Anda jalankan mampu menjangkau konsumen secara luas. Tetapi harus diingat bahwa diperlukan strategi yang tepat dalam memasarkan produk yang Anda jual. Jika Anda membutuhkan konsultasi mengenai pemasaran produk, Anda bisa menghubungi Sosiakita. Sosiakita adalah Social Media Manager yang akan membantu Anda dalam membangun produk ataupun mengenalkan perusahaan baru Anda. Informasi lebih lanjut bisa Anda lakukan dengan cara klik di sini.

DAPATKAN PENAWARAN MENARIK
DARI SOSIAKITA

ISI FORM