fbpx

TikTok affiliate merupakan salah satu cara untuk mendapatkan penghasilan tambahan yang mudah dan bisa Anda lakukan dari rumah. Sejak menjadi tren di berbagai negara dan kalangan, TikTok menjadi salah satu media sosial yang tidak hanya sekedar aplikasi untuk komunikasi namun juga sarana untuk pemasaran dan mendapatkan penghasilan. Dengan menggunakan TikTok, selain dapat berbagi konten yang menarik Anda dapat beriklan menggunakan TikTok Ads  dan mendapatkan komisi dengan TikTok Affiliate

Seperti halnya Shopee, TikTok juga meluncurkan program yang memungkinkan penggunanya dapat berafiliasi dengan seller untuk mendapatkan tambahan penghasilan.  Adapun komisi atau penghasilan yang bisa Anda dapatkan dari bergabung dengan TikTok affiliate yaitu tergantung dari seller TikTok Shop yang bekerja sama dengan Anda. Untuk itu Anda dapat memperoleh cuan sebanyak-banyak dengan ikut bergabung dengan TikTok affiliate. Namun sebelum bergabung, Anda perlu mengetahui lebih jauh apa sih sebenarnya TikTok affiliate itu? dan bagaimana cara kerjanya serta cara mendaftarnya. Untuk itu Anda bisa langsung menyimak penjelasan lengkapnya berikut ini. 

 

Baca Juga: 9 Cara Mudah Beriklan di Tiktok Menggunakan Tiktok Ads

 

Apa itu TikTok Affiliate?

TikTok menjadi salah satu media sosial yang sangat populer digunakan sepanjang tahun 2020, hingga tahun 2021 jumlah total pengguna aktif mencapai 1 miliar pengguna bulanan terhitung per Juli 2021 . Tidak hanya sebagai sarana hiburan dan pemasaran, TikTok juga meluncurkan program untuk para pengguna mendapatkan cuan atau penghasilan yaitu melalui TikTok Affiliate. Lantas seperti apa itu TikTok Affiliate itu?  TikTok affiliate adalah program dari TikTok yang memungkinkan pengguna yang berperan sebagai content creator untuk mendapatkan penghasilan dengan cara mempromosikan atau memasarkan berbagai produk atau jasa melalui konten mereka.

Adapun cara kerja dari TikTok affiliate yaitu ketika pengguna lain telah membeli produk melalui tautan yang Anda promosikan. Maka Anda akan mendapatkan penghasilan atau komisi dari hasil penjualan produk tersebut. Pada dasarnya cara kerja TikTok affiliate ini memiliki skema yang kurang lebih sama dengan Shopee affiliate. Namun untuk bisa mendaftar TikTok affiliate terdapat beberapa syarat yang harus Anda penuhi terlebih dahulu. 

 

Syarat Daftar TikTok Affiliate

Adapun beberapa poin-poin sebagai syarat yang perlu Anda penuhi sebelum bergabung dengan program TikTok affiliate yaitu sebagai berikut: 

  1. Mempersiapkan dokumen seperti kartu tanda kependudukan atau KTP atau Paspor
  2. Mempersiapkan rekening bank
  3. Alamat pengiriman
  4. Memiliki akun TikTok Shop yang sudah aktif. Namun tidak ada persyaratan jumlah minimum followers yang pasti.

Apabila seluruh persyaratan sudah Anda penuhi, selanjutnya Anda dapat mengaktifkan TikTok Shop dan bergabung dengan TikTok Affiliate. 

 

Cara Daftar TikTok Shop yang Mudah

Memiliki akun TikTok Shop merupakan salah satu syarat wajib yang harus Anda penuhi untuk dapat bergabung dengan program affiliate TikTok. Oleh karena itu Anda perlu membuat akun TikTok Shop. Nah berikut ini adalah cara mendaftar akan TikTok Shop yang bisa Anda terapkan

  1. Pertama-tama Anda bisa mengunjungi laman https://shop.tiktok.com/ pada browser 
  2. Setelah itu Anda bisa memilih “Daftar Sekarang Juga”
  3. Kemudian Anda bisa klik tombol “Sign Up with TikTok Account” atau  “Daftar dengan akun TikTok” 
  4. Selanjutnya Anda bisa masuk ke halaman Authorize TikTok Shop. Lalu klik Authorized untuk setujui
  5. Masukkan nomor handphone dan email lengkap. Lalu klik “Next”
  6. Masukkan alamat gudang atau pengambilan barang
  7. Kemudian Anda dapat mengklik “Start your Business” 
  8. Selanjutnya Anda memverifikasi dokumen melalui foto KTP atau Paspor. Kemudian klik “Submit”
  9. Setelah itu Anda memasukkan rekening bank ke TikTok Shop. Lalu klik “Submit”
  10. Setelah itu jika TikTok Shop menyetujui, pihak TikTok akan mengirimkan informasi detail melalui e-mail

 

Baca Juga: Cara Mudah Mengaktifkan Akun TikTok Shop

 

Cara Daftar TikTok Affiliate yang Benar

Setelah semua persyaratan daftar TikTok affiliate dirasa sudah lengkap semua termasuk membuat akun TikTok Shop. Selanjutnya yang dapat Anda lakukan yaitu mulai mendaftar TikTok affiliate. Adapun cara mendaftar TikTok affiliate yang benar dan mudah adalah sebagai berikut: 

  1. Pertama-tama Anda harus masuk  ke aplikasi TikTok terbaru. 
  2. Kemudian Login atau Masuk ke akun TikTok Anda. 
  3. Selanjutnya klik menu Profil. 
  4. Klik Shop atau Ikon keranjang. 
  5. Klik Pusat kreator e-commerce. 
  6. Anda kemudian pilih Ikon toko. 
  7. Lalu pilih Komisi. 
  8. Klik Tambahkan Produk. 
  9. Isi Nama lengkap dengan benar. 
  10. Klik Kirim. 
  11. Klik Konfirmasi Nama. 
  12. Klik Kirim. 
  13. Tunggu notifikasi berhasil. 
  14. Klik Add Affiliate products untuk tambah produk. 
  15. Tunggu permintaan produk disetujui oleh seller atau penjual. 

 

Nah itulah beberapa cara dapat cuan tambahan dengan daftar tiktok affiliate program. Setelah permintaan Anda sudah disetujui oleh seller, selanjutnya Anda bisa mulai membuat konten yang menarik mengenai produk yang akan Anda pasarkan tersebut. Pastikan Anda membuat konten yang original, unik, menarik dan cocok untuk produk maupun target pasar produk tersebut agar tepat sasaran dan bisa masuk FYP atau For Your Page. 

Adapun komisi akan dibayarkan oleh seller saat ada pengguna yang membeli atau men-check out produk tersebut melalui tautan yang Anda berikan atau TikTok affiliate Anda. Nah apakah Anda tertarik untuk mencoba bergabung dengan TikTok affiliate? Jika Anda tertarik dan berencana untuk mencoba namun merasa kesulitan untuk daftar maupun  membuat konten, jangan khawatir, karena Sosiakita bisa membantu masalah Anda.      

Sosiakita merupakan salah satu jasa digital marketing Surabaya yang mempunyai berbagi layanan, mulai dari pembuatan website, pengembangan web, digital marketing, hingga pembuatan konten-konten menarik untuk website dan sosial media Anda. Dengan pengalaman yang kami miliki serta team yang ahli dan profesional, kami akan mampu mengembangkan bisnis dan perusahaan Anda. Berminat untuk bergabung? Segera hubungi kami sekarang untuk mendapatkan fee konsultasi atau kunjungi halaman resmi kami di sini  atau temukan kami di LinkedIn, Facebook, dan Instagram untuk mengetahui informasi terupdate kami.    

Share