fbpx

TikTok saat ini tengah menjadi platform primadona bagi banyak orang. Menurut analis App Annie pada tahun 2021, TikTok memiliki jumlah pengguna aktif mencapai 1 miliar pengguna bulanan terhitung per Juli 2021. Bahkan TikTok mengalahkan pengguna Twitter. Berkat popularitasnya yang terus meningkat, banyak para pelaku bisnis dan digital marketer yang meraup keuntungan menggunakan TikTok. Hal ini juga didukung dengan adanya fitur TikTok Ads yang memungkinkan pengguna untuk memasarkan produk, jasa, brand maupun bisnisnya dengan mudah. 

Nah apakah Anda salah satu orang yang tertarik untuk menggunakan TikTok Ads sebagai sarana marketing? Jangan buru-buru, pastikan Anda mengetahui terlebih dahulu bagaimana cara beriklan dengan TikTok Ads yang tepat. Berikut ini Sosiakids akan menjelaskan bagaimana cara beriklan TikTok Ads yang baik dan benar, agar Anda iklan Anda berjalan dengan maksimal.   

 

Cara Beriklan di TikTok Ads dengan Mudah 

TikTok telah meluncurkan fitur iklan yang dapat membantu pengguna dalam memasarkan brand atau bisnis dalam menjangkau target audiens mereka. Agar Anda dapat lebih mudah dalam beriklan di TikTok, Sosiakita akan membagikan langkah demi langkah untuk beriklan di TikTok Ads, yang bisa Anda simak berikut ini.  

1. Membuat Akun TikTok Ads

Langkah pertama yang perlu Anda lakukan untuk beriklan di TikTok Ads yaitu dengan membuat akun TikTok Ads terlebih dahulu. Adapun cara membuat akun TikTok Ads cukup mudah, Anda mengunjungi halaman beranda TikTok for Business, kemudian klik tombol “get started” atau “mulai sekarang”. Setelah itu Anda akan dialihkan menuju halaman login, jika Anda belum memiliki akun, Anda pilih tombol “sign-up”. Kemudian Anda akan dialihkan menuju halaman TikTok Ads dan selanjutnya membuat akun iklan TikTok dengan cara register

 

2. Membuat Campaign

Langkah kedua yang perlu Anda lakukan untuk beriklan di TikTok Ads yaitu dengan membuat campaign atau membuat kampanye. Saat akan membuat campaign, Anda perlu mengetahui tujuan dari iklan Anda terlebih dahulu. Pada bagian dashboard TikTok Ads telah tersedia berbagai macam pilihan tujuan iklan (advertising objective) yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan, diantaranya adalah: 

  • Reach, memiliki tujuan agar semakin banyak orang yang mengenal brand, produk atau bisnis Anda. Sehingga Anda dapat menyebarkan iklan seluas mungkin.
  • Traffic, memiliki tujuan untuk mengarahkan pengguna mengklik link menuju suatu halaman lain yang Anda miliki. Contohnya seperti website, landing page dan blog post, sehingga jumlah traffic pada website Anda bertambah. 
  • App Installs, memiliki tujuan untuk mengarahkan pengguna menuju app store untuk melihat dan mengunduh aplikasi Anda. 
  • Video Views, memiliki tujuan agar mendorong pengguna untuk menonton video Anda, sehingga jumlah view pada video tersebut bertambah.
  • Conversions, memiliki tujuan untuk mengarahkan pengguna melakukan konversi. Contohnya seperti melakukan pembelian, mulai berlangganan, dan sejenisnya.

3. Memilih Tipe Promosi

Langkah ketiga yang dalam beriklan di TikTok Ads yang perlu Anda lakukan yaitu memilih tipe promosi. Sebelum menentukan tipe promosi, Anda perlu menentukan kemana audiens akan diarahkan terlebih dahulu. Terdapat dua pilihan yaitu Aplikasi atau App dan Website. Jika Anda memilih website, Anda perlu menghubungkan websitenya dengan TikTok Pixel, Namun jika Anda memilih aplikasi cukup hubungkan link aplikasi nya saja.  

 

4. Memilih Penempatan Iklan

Langkah keempat yang perlu Anda lakukan untuk beriklan di TikTok Ads yaitu dengan memilih penempatan iklan. Terdapat dua opsi yang bisa Anda pilih dalam menentukan dimana iklan Anda akan ditampilkan, antara lain:

  • Automatic Placement, dimana iklan Anda akan ditampilkan di berbagai platform secara otomatis, mulai dari platform TIkTok sendiri dan platform mitra.
  • Select Placement, dengan select placement Anda dapat memilih sendiri dimana iklan akan ditampilkan, seperti di  TikTok saja atau di platform mitra juga.

5. Mengaktifkan Automated Creative Optimization

Langkah selanjutnya yang perlu Anda lakukan untuk beriklan di TikTok Ads yaitu dengan mengaktifkan automated creative optimization. Dengan mengaktifkan opsi automated creative optimization, secara otomatis sistem akan menggabungkan aset kreatif seperti video, gambar serta tulisan yang Anda miliki. Nah, selanjutnya kombinasi yang memberikan performa terbaik akan ditampilkan dalam bentuk iklan pada TikTok Ads. Namun pada dasarnya opsi ini bisa untuk Anda abaikan saja, karena tidak wajib untuk diaktifkan.

6. Menentukan Karakteristik Target Audiens

Langkah keenam untuk beriklan di TikTok Ads yang perlu Anda lakukan yaitu menentukan karakteristik dari target audiens Anda. Pada bagian ini merupakan hal yang sangat penting, dimana Anda menentukan siapa saja yang akan melihat atau menonton iklan Anda. Oleh karena itu Anda tidak boleh asal dalam menentukan target audiens, karena akan membuat iklan menjadi salah sasaran dan berakibat fatal. Adapun opsi targeting untuk audiens pada TikTok sangatlah detail, Anda dapat menentukan demografi audiens, perangkat yang digunakan audiens, hingga minat dan perilaku mereka di dalam aplikasi.        

  • Demografi, targeting untuk menentukan gender, usia, negara, dan bahasa yang digunakan audiens.
  • Minat dan Perilaku, targeting untuk menentukan minat konsumen serta perilaku mereka terhadap konten yang mereka minati (contohnya seperti like, share, atau comment).
  • Perangkat, targeting untuk menentukan karakteristik perangkat audiens. Contohnya seperti jenis OS, tipe koneksi, dan harga perangkatnya.

7. Memilih Opsi Budget dan Schedule

Setelah menentukan target audiens, langkah selanjutnya yang bisa Anda lakukan dalam beriklan di TikTok Ads yaitu memilih opsi budgeting atau anggaran dan schedule atau jadwal tayang. Sebelumnya Anda perlu tahu bahwa budget pada tingkat campaign tidak sama dengan budget pada tingkat ad group. Jika budget di tingkat campaign telah mencakup budget untuk seluruh ad group yang Anda buat. Namun untuk budget ad group hanya berlaku untuk satu ad group saja. 

Pada budget ad group ini hampir sama dengan seperti budget campaign, yaitu Anda perlu memilih antara opsi Daily atau Lifetime:

  • Daily, opsi memasang maksimal budget per hari.
  • Lifetime, opsi memasang maksimal budget per periode tertentu.

Setelah menentukan budget, selanjutnya Anda perlu menentukan jadwal iklan yang akan ditayangkan. Jika Anda memilih Run Continuously, maka iklan Anda secara otomatis akan tampil terus menerus mulai dari tanggal yang Anda tentukan nantinya. Namun jika Anda tidak memilih run continuously atau mengabaikannya maka Anda dapat menentukan sendiri tanggal mulai dan tanggal berakhirnya iklan ditampilkan. 

Tidak hanya itu, Anda juga dapat menentukan jam atau waktu dimana iklan akan muncul. Jika Anda memilih All Day, maka iklan akan muncul setiap waktu dalam 24 jam. Namun jika Anda memilih opsi Select Specific Time, maka Anda dapat menentukan waktu atau jam dimana iklan Anda akan muncul, misalnya pukul 16.00 WIB sampai 20.00 WIB.

8. Memilih Strategi Bidding

Langkah selanjutnya dalam beriklan di TikTok Ads yaitu Anda perlu memilih strategi bidding atau lelang. Jadi TikTok memberlakukan sistem bidding, dimana pengiklan yang menawarkan biaya terbesar lebih memiliki kesempatan yang besar pula untuk menampilkan iklan mereka. Selain itu biaya yang perlu Anda keluarkan juga sangat bergantung dengan tujuan optimasi. Berikut ini adalah beberapa tujuan optimasi yang bisa Anda pilih:

  • Click, Jika Anda ingin mendapatkan jumlah klik sebanyak mungkin. Adapun  biayanya menggunakan sistem Cost per Click atau CPC. Artinya, Anda hanya mengeluarkan biaya ketika udiens mengklik iklan saja.
  • Conversion, Jika Anda Ingin audiens melakukan konversi sebanyak mungkin. Sama seperti Click, Conversion juga menggunakan sistem CPC pada biayanya.
  • Impression, Jika Anda ingin iklannya muncul ke sebanyak mungkin audiens. Adapun untuk biayanya  menggunakan sistem Cost per Mile atau CPM. Sehingga, Anda hanya perlu mengeluarkan biaya setiap iklannya muncul di hadapan 1000 audiens.
  • Bid Control, Jika Anda memilih menonaktifkan opsinya, maka TikTok akan menggunakan seluruh budget yang Anda pasang. Sebaliknya, jika Anda mengaktifkan opsinya, maka Anda dapat menentukan sendiri berapa biaya CPM atau CPC yang ingin Anda pasang pada sistem lelang.    

9. Memasang Tiktok Ad

Langkah terakhir dalam beriklan di TikTok Ads yaitu dengan menayangkan iklan. Pada dasarnya terdapat dua format iklan yang dapat Anda pilih yaitu Video dan Gambar. Namun TikTok hanya dapat menampilkan iklan dengan format video saja. Karena pada dasarnya TikTok merupakan platform yang berbasis video tidak seperti Instagram yang dapat menampilkan video maupun gambar.  

 

Itulah beberapa Cara Mudah Beriklan di Tiktok Menggunakan Tiktok Ads. Jika Anda merasa kesulitan untuk beriklan di TikTok, Anda tidak perlu khawatir karena Sosiakita bisa membantu Anda menjalankan iklan di TikTok Ads dengan tepat dan menjangkau audiens yang lebih banyak.

Sosiakita merupakan salah satu jasa digital marketing Surabaya yang mempunyai berbagi layanan, mulai dari pembuatan website, pengembangan web, digital marketing, hingga pembuatan konten-konten menarik untuk website dan sosial media Anda. Dengan pengalaman yang kami miliki serta team yang ahli dan profesional, kami akan mampu mengembangkan bisnis dan perusahaan Anda. Berminat untuk bergabung? Segera hubungi kami sekarang untuk mendapatkan fee konsultasi atau kunjungi halam resmi kami di sini  atau temukan kami di LinkedIn, Facebook, dan Instagram untuk mengetahui informasi terupdate kami.

Share