fbpx

Google Analytics adalah tools gratis dari Google yang memungkinkan seseorang untuk menganalisis statistik pengunjung suatu halaman website. Jika Anda memiliki sebuah situs website baik untuk personal branding, bisnis, maupun perusahaan, Google Analytics dapat Anda manfaatkan untuk mengukur statistik pengunjung web tersebut. Meskipun demikian, tidak jarang para pemula yang masih kesulitan dalam menggunakan Google Analytics maupun membaca data yang ada di tools ini. Oleh karena itu, pada artikel ini Sosiakids akan memberikan panduan mengenai bagaimana cara membaca Google Analytics yang baik dan benar. 

Sehingga Anda dapat dengan mudah mendapatkan informasi mengenai data traffic website, performa situs mulai dari demografi pengunjung, konten populer, sumber trafik, dan lain sebagainya dari website Anda dari tools Google Analytics ini. Dimana semua data tersebut dapat Anda jadikan bahan evaluasi baik untuk konten maupun situs web. Misalnya, Anda dapat memutuskan konten apa saja yang perlu ditulis ulang atau dioptimasi, karena banyak disukai oleh audiens atau visitor. Selain itu plugin apa saja yang perlu ditambahkan serta aspek teknis mana saja yang perlu diperbaiki dan konten atau produk apa yang menarik visitor. 

 

Pertanyaan yang Dapat Dijawab Menggunakan Google Analytics

Sebelum Anda mengetahui cara membaca data yang disajikan oleh Google Analytics, Anda perlu mengetahui contoh pertanyaan yang dapat dijawab oleh Google Analytics berikut ini:

  • Bagaimana pengunjung menemukan website Anda?
  • Seberapa cepat loading atau akses dari website Anda?
  • Bagaimana cara mengetahui pengunjung website atau blog Anda?
  • Apa yang sedang terjadi pada website atau blog Anda saat ini?
  • Bagaimana pengunjung dapat menemukan website Anda? 
  • Postingan atau artikel apa saya yang disukai oleh pengunjung website Anda?

 

Jenis Data Google Analytics 

Pada penjelasan kali ini, Sosiakids menjelaskan pada Anda mengenai bagaimana cara membaca Google Analytics, dimana setidaknya ada enam jenis data Google Analytics yang perlu Anda ketahui, antara lain:

  • Realtime
  • Demografi pengunjung
  • Perilaku pengunjung
  • Jumlah trafik
  • Sumber trafik
  • Kecepatan website

 

Baca Juga: 7 Tips Meningkatkan Traffic Website Agar Tidak Bounce Rate

 

Istilah Penting dalam Google Analytics

Beberapa istilah yang ada pada Google Analytics dan penting untuk Anda ketahui adalah sebagai berikut: 

  • Organizations, yaitu pengelompokkan beberapa produk dan metrik yang diukur dalam satu folder. Dengan organization Anda akan dapat menggunakan beberapa layanan Google sekaligus seperti Optimize, Tags Manager, dan Analytics. Selain itu Anda juga dapat mengatur akses data, user, dan integrasi antar produk. 
  • Users/Visitors, yaitu visitor atau pengunjung yang pernah mengunjungi halaman website Anda
  • Properties, adalah istilah untuk objek yang matriksnya dipantau oleh Analytics. Adapun objek yang dimaksud  yaitu berupa website, device atau aplikasi ponsel. Dimana nantinya, Analytics akan mengeluarkan tracking ID khusus pada setiap properti yang dipantau.
  • Views, adalah istilah untuk data spesifik yang Anda inginkan dalam sebuah properti. Contohnya view traffic website, traffic AdWords, traffic subdomain, dan seterusnya.
  • Sessions, merupakan interaksi antara user dengan halaman website dalam jangka waktu tertentu. Biasanya Google Analytics menghitung interaksi sampai user tidak aktif yaitu selama 30 menit.  
  • Page Sessions, yaitu jumlah halaman yang terbuka dalam setiap  kunjungan. 
  • Page Views, merupakan total halaman yang dilihat oleh visitors.
  • Bounce Rate, adalah persentase visitor ketika meninggalkan halaman website Anda setelah membuka 1 halaman saja. Misalnya ketika visitor membuka website Anda namun hanya melihat halaman utama tanpa melihat halaman lainnya. Jika hal ini sering terjadi, persentase bounce rate akan semakin tinggi. Jika persentase bounce rate website Anda kecil maka bisa dibilang halaman website baik atau bagus Anda.
  • Avg. Sessions Durations, yaitu berisi informasi mengenai lamanya waktu yang digunakan visitor ketika mengunjungi website Anda. 
  • %New Sessions, merupakan persentase pengunjung baru di halaman website Anda.    

 

Baca Juga: 5 Cara Menurunkan Bounce Rate pada Website

 

Jenis Report yang Ada di Dalam Google Analytics

Tidak hanya beberapa informasi di atas, Google Analytics juga memberikan beberapa informasi penting lain mengenai website Anda. Nah, untuk mengetahui cara membaca Google Analytics Anda perlu mengetahui beberapa tipe-tipe informasi yang dapat Anda dapatkan di Google Analytics Report berikut ini:    

 

1. Audience Report

Dari report ini, akan memungkinkan Anda dalam mendapatkan informasi mengenai visitor atau user dari website Anda. Adapun report yang Anda dapatkan tersebut berisi informasi terperinci mulai dari lokasi, minat, demografi, hingga bahasa yang digunakan oleh visitor. Tidak hanya itu, Anda juga dapat mengetahui seberapa sering visitors tersebut mengunjungi website Anda dan mengetahui jenis teknologi apa yang digunakan untuk mengakses halaman website Anda. 

 

2. Acquisition Reports

Dari report acquisition atau akuisisi ini akan memberikan faktor-faktor apa saja yang mendorong dan memutuskan  seorang visitor mengakses halaman website Anda. Hasil dari laporan ini tentu dapat Anda manfaatkan untuk meningkatkan performa blog Anda. 

 

3. Behavior Reports

Apakah Anda ingin mengetahui jumlah pageview atau ingin mengetahui konten apa saja yang paling banyak dilihat dan mendatangkan traffic website Anda dalam kurun waktu tertentu? Jika iya, maka Anda bisa melihat behavior report. Laporan ini memberikan informasi mengenai konten yang banyak disukai oleh para visitor di website Anda. Pada laporan ini juga akan memberikan informasi mengenai seberapa cepat waktu yang dibutuhkan oleh visitor saat mengakses bebasan halaman website Anda.  

 

4. Conversions

Apakah sebelumnya Anda telah menentukan target di dalam Google Analytics? Jika benar, maka Anda dapat melihat jumlah konversi yang telah Anda terima pada Conversions. 

 

Pada umumnya itulah beberapa cara membaca Google Analytics yang dapat Anda ketahui sebagai seorang pemula. Jika Anda masih mengalami kesulitan, Anda tidak perlu memaksakan diri karena Anda bisa menyerahkan report bulanan atau mingguan website Anda pada ahlinya yaitu Sosiakita

 

Sosiakita merupakan salah satu jasa digital marketing Surabaya yang mempunyai berbagi layanan, mulai dari pembuatan website, pengembangan web, pemasaran digital, hingga pembuatan konten-konten menarik untuk website dan sosial media. Dengan pengalaman yang kami miliki serta team yang ahli dan profesional, kami akan mampu mengembangkan bisnis dan perusahaan Anda. Berminat untuk bergabung? Segera hubungi kami sekarang atau kunjungi halam resmi kami di sini  atau temukan kami di LinkedIn, Facebook, dan Instagram untuk mengetahui informasi terupdate kami.    

Share