fbpx

Pernahkan Anda mendengar istilah broken link? Broken link adalah salah satu masalah besar bagi para blogger atau pemilik website. Keberadaan broken link tentunya dapat mempengaruhi reputasi website yang awalnya memiliki ranking baik menjadi jatuh atau turun di mesin pencarian. Oleh karena itu Anda perlu berhati-hati, karena broken link juga dapat menyebabkan pengunjung menjadi kapok untuk mengunjungi website Anda. 

Pada sebuah survei yang telah dilakukan oleh para ahli, menyatakan bahwa sebanyak 88% pengunjung tidak akan kembali ke website yang mengalami eror atau mendapati halaman 404 (error page). Meskipun menjadi masalah besar, namun bukan berarti broken link tidak dapat diatasi. Dalam artikel ini Sosiakids akan membantu Anda dalam mengetahui apa pengertian dari broken link, penyebabnya, sehingga dampak dan cara mengatasi broken link. Oleh karena Anda perlu menyimak penjelasan berikut ini.

 

Apa itu Broken Link?

Ketahui Penyebab, Dampak, dan Cara Mengatasi Broken Link

 

Broken link adalah kondisi dimana link mengalami kerusakan atau biasa dikenal dengan link mati, atau dead link yang mana, link sudah tidak dapat diakses lagi untuk sementara waktu atau permanen. Jadi ketika Anda mengakses suatu halaman website kemudian Anda mendapati keterangan kode 404 (error page) maka dapat dipastikan jika laman yang Anda akses mengalami broken link.  

Pada dasarnya link pada suatu website terdapat dua jenis, yaitu link internal dan link keluar atau backlink. Link internal inilah yang ada di satu halaman yang menunjukkan halaman lainnya pada website Anda. Sedangkan link keluar atau backlink adalah link yang ada pada halaman website Anda namun fungsinya merujuk pada halaman website lain. Nah sebelum mengetahui cara mengatasi broken link ada baiknya Anda mengetahui penyebab dari broken link.

 

Penyebab Broken Link

Ketahui Penyebab, Dampak, dan Cara Mengatasi Broken Link

 

Umumnya broken link terjadi kedua dua jenis link (link internal dan backlink) tidak dapat diakses atau menunjukkan kode 404. Adapun penyebab dari terjadinya broken link antara lain sebagai berikut: 

 

1. Salah Penulisan URL

Sebelum Anda mengatasi broken link, tentunya penting untuk Anda mengetahui penyebab dari terjadinya broken link. Adapun penyebab dari broken link yang pertama yaitu salah penulisan URL. Link atau biasa dikenal dengan URL (Uniform Resource Locator) adalah sebuah rangkaian kode unik yang menjadi alamat bagi sebuah halaman di internet. Jadi ketika Anda salah satu karakter saja dalam penulisannya, maka halaman tidak dapat Anda akses. 

Contoh, ketika Anda  ingin memberikan backlink pada https://www.sosiakita.com dengan halaman https://sosiakita.com/jasa-website/ tapi yang Anda tulis https://www.sosiakita.com/jas-webdite/ atau melakukan typo dengan salah huruf “D” maka halaman tersebut tidak bisa Anda akses. Umumnya kesalahan ini terjadi pada pemilik website yang sering mengunggah artikel melalui menu html. 

 

2. Gangguan Hosting

Penyebab broken link selanjutnya yaitu gangguan pada hosting. Jika Anda termasuk dalam pengguna WordPress self-host mungkin sudah sangat familiar dengan masalah yang satu ini. Gangguan hosting ini memang sangat menyebalkan, pasalnya selain membuat pengunjung berkurang, juga berpotensi dalam mengakibatkan broken link.    

Pada dasarnya broken link juga dapat terjadi ketika robot crawler maupun pengunjung membuka halaman lain pada halaman yangs edang dikunjungi. Namun halaman tersebut malah gagal terbuka dan menunjukkan kode “error 500”. Nah jika Anda menemui kode tersebut, maka dapat dipastikan jika server Anda mengalami gangguan yang diakibatkan oleh hosting bermasalah.  

 

Baca Juga:  3 Tips Mudah Untuk Cek Responsive Website Anda

 

3. URL Halaman Sudah Berubah

Penyebab broken link lainnya yaitu URL halaman sudah berubah. Ketika Anda telah membuat URL yang ternyata tidak SEO (Search Engine Optimizer), kemudian Anda mengganti link tersebut dengan URL SEO, otomatis link akan berubah. Maka halaman lain yang merujuk pada halaman tersebut akan mengalami broken link jika Anda klik. Karena URL yang merujuk pada halaman tersebut tidak di redirect. 

Karena masalah ini tidak selesai dengan melakukan redirect, sebab untuk redirect link hanya memberitahu Google jika ada halaman yang berpindah. Namun jika pemilik halaman lain tidak ikut mengubah URL, maka link menjadi rusak. 

 

4. Kesalahan Pengaturan DNS

Penyebab broken link yang perlu Anda ketahui selanjutnya yaitu kesalahan dalam mengatur DNS (Domain Name Server). Pada dasarnya DNS jarang mengalami masalah, kalaupun ada umumnya hanya mengalami masalah propagasi (proses yang dibutuhkan untuk menerapkan perubahan terkait domain DNS zone) yang terkadang hanya perlu ditunggu masalahnya dapat hilang dengan sendirinya. Namun tidak jarang masalah propagasi membutuhkan waktu yang sangat lama. Sehingga tidak heran jika saat propagasi belum selesai sepenuhnya, website yang Anda akses malah menampilkan halaman error 404. 

 

Dampak Broken Link

Ketahui Penyebab, Dampak, dan Cara Mengatasi Broken Link

 

Apa saja sih pengaruhnya jika website yang mengalami broken link tidak segera dibenahi? Nah kali ini Sosiakids akan menjelaskan dampak apa saja yang bisa terjadi jika Anda membiarkan broken link terjadi begitu saja. Perlu Anda ingat juga bahwa broken link ini sebenarnya bukanlah Domain Authority atau skor indikator yang dihasilkan oleh tool luar. Karena broken link adalah masalah teknis yang harus cepat dibenahi, karena jika lambat dalam menanganinya akan merugikan website itu sendiri. 

 

1. Pengalaman Pengguna yang Buruk

Dampak broken link yang pertama yaitu membuat pengalaman pengguna terhadap website Anda menjadi buruk. Link yang rusak sudah dipastikan membuat pengguna merasa tidak nyaman dan mungkin merasa terjebak saat mengklik link tersebut. Mereka mungkin berpikir akan mendapatkan tautan yang terpercaya dan menunjukkan informasi yang mereka cari namun justru mengarahkan menuju halaman yang kosong dan error.    

Menurut siteimprove.com sendiri mengungkap bahwa kurang lebih sekitar 88% pengunjung website merasa kecewa dan tidak akan pernah kembali mengunjungi website yang menampilkan pemberitahuan error 404 saat sedang berselancar. 

 

2. Mempengaruhi Performa Website di SERP

Dampak broken link yang kedua yaitu dapat mempengaruhi performa website Anda di SERP (Search Engine Result Page).  Pada dasarnya broken link sangat merugikan website karena dapat mempengaruhi peringkat di SERP. Karena tautan yang berkualitas dapat menjadi salah satu alasan search engine menilai reputasi suatu website. Nah, ketika Anda menautkan link yang rusak, maka hal tersebut dapat menjadi boomerang atau nilai negatif di mata search engine. 

Sedangkan di sisi lain, ketika  Anda telah membangun banyak backlink untuk link pada halaman website Anda, maka link tersebut akan dianggap hilang oleh mesin pencarian. Karena mesin pencarian akan menganggap link tersebut sebagai link mati.      

 

Baca Juga: Perbandingan Divi vs Elementor, Mana yang Paling Bagus untuk Website?

 

Cara Mengatasi Broken Link

Ketahui Penyebab, Dampak, dan Cara Mengatasi Broken Link

 

Setelah mengetahui pengertian, penyebab, dan dampak dari broken link. Hal yang paling penting yaitu Anda harus mengetahui bagaimana cara mengatasi broken link. Karena jika broken link tidak segera ditangani akan berakibat fatal pada website Anda. Adapun cara mengatasi broken link adalah sebagai berikut. 

 

1. Langkah 1, Install Plugin Broken Link Checker

Langkah pertama yang harus Anda lakukan untuk mengatasi broken link yaitu:

  • Masuk ke Dashboard WordPress Anda
  • Masuk pada menu Plugin → Add New, selanjutnya install plugin yang bernama Broken Link Checker. Dimana plug in ini dapat Anda akses secara gratis dan pastinya mempermudah pekerjaan Anda karena mudah dioperasikan. 
  • Jangan lupa untuk mengaktifkan plug ini setelah selesai Anda unduh. 

 

2. Langkah 2, Konfigurasi Broken Link Checker

Langkah kedua yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi broken link dengan mudah yaitu:

  • Setelah memastikan jika PlugIn aktif, Anda dapat langsung melihat fitur-fitur yang ada pada Broken Link Checker yaitu menuju Setting → Link Checker.
  • Kemudian akan muncul banyak sekali opsi-opsi pengaturan dari Broken Link Checker yang banyak memiliki banyak fitur. Dimana terdapat 5 tab pengaturan yang tersedia yang dapat membantu Anda mengidentifikasi broken link pada komponen website Anda, antara lain:
    • General, tempat dimana Anda dapat mengatur seberapa sering plugin mengecek tautan di Website. PlugIn ini dapat mengecek setiap 72 jam sekali. Anda dapat mengaktifkan notifikasi ketika ada broken link yang teridentifikasi.  
    • Look For Links, memungkinkan Anda memilih elemen website  mana yang tautannya perlu diperiksa.
    • Which Link To Check, yang menyediakan pilihan tautan yang diperksa. Umumnya dalam bentuk HTML, tautan video streaming, hingga tautan pada gambar.
    • Protocols & APIs, menyediakan fitur untuk memeriksa broken link pada website Anda.
    • Advanced, menuju konfigurasi yang lebih spesifik mengenai broken link. 

 

3. Langkah 3, Melakukan Perbaikan

Setelah Anda menemukan broken link yang terdapat keterangan 404 Not Found. Cara selanjutnya yang dapat Anda lakukan yaitu.

  • Mengubah URL. Anda dapat mengubah URL ketika sudah mengetahui tautan dari halaman atau konten mana yang benar.
  • Melakukan Reset Permalink WordPress. Pada dasarnya faktor yang menyebabkan munculnya eror ini adalah bagaimana cara WordPress menampilkan permalink. Ada dapat mengubahnya dengan berbagai macam pilihan untuk menampilkan permalink, yaitu dari permalink bernomor hingga permalink judul postingan.  
  • Restore File .htaccess WordPress. Cara ini merupakan opsi apabila Anda tidak bisa mereset permalink melalui dashboard. 

 

Itulah beberapa penyebab, dampak dan cara mengatasi broken link yang penting untuk Anda ketahui sebagai seorang blogger atau pemilik website. Jika Anda merasa kesulitan dalam memaintenance website sendiri Anda dapat mempercayakan perihal website Anda pada ahlinya yaitu Sosiakita

Sosiakita adalah jasa digital marketing Surabaya yang mempunyai berbagai layanan, mulai dari layanan iklan melalui Google Ads, Instagram Ads, Facebook Ads, pengembangan website, pemasaran digital, hingga pembuatan konten-konten menarik untuk website dan sosial media marketing Anda. Dengan berbagai pengalaman dan keahlian yang dimiliki oleh team yang profesional, kami akan mampu mengembangkan bisnis dan perusahaan Anda dalam menjangkau pasar yang lebih luas. Berminat untuk bergabung? Segera hubungi kami sekarang atau kunjungi halam resmi kami di sini  atau temukan kami di LinkedIn, Facebook, dan Instagram untuk mengetahui informasi terupdate kami.  Tunggu apa lagi? Mulai sekarang agar dapat mencapai tujuan bisnis yang telah Anda buat. 

Share