fbpx

Siapa yang hobi scroll TikTok? Tentunya Anda sudah sangat familiar dengan lagu-lagu yang sering muncul di FYP (For Your Page). Lalu bagaimana cara memilih sound atau lagu agar konten video Anda bisa masuk FYP? Pada dasarnya musik dan TikTok merupakan elemen yang sangat sulit untuk dipisahkan. Selain itu TikTok tanpa backsound yang mendukung seperti sayur tanpa garam, alias sangat tidak menarik. Oleh karena itulah Anda harus menambahkan backsound atau lagu pada setiap konten yang Anda buat untuk mendongkrak popularitas konten tersebut. Namun tidak semua konten video yang dilengkapi backsound bisa FYP ya. Ada beberapa tips memilih sound TikTok yang perlu Anda terapkan agar konten bisa masuk FYP.  Nah apa saja tips TikTok FYP dengan pemilihan sound atau lagu tersebut? Berikut ini penjelasannya yang bisa Anda simak sampai habis.  

 

1. Menggunakan Sound yang Sesuai Dengan Isi Konten

Tips TikTok FYP yang pertama yaitu dengan menggunakan sound yang sesuai dengan isi konten. Jika konten Anda bertujuan untuk mempromosikan suatu produk, jasa atau bisnis, Anda bisa menggunakan sound atau lagu yang memiliki beat lebih keras. Hal ini agar mebangkitkan mood audiens dalam menyimak saat menonton konten Anda. 

Selain itu pastikan untuk tidak memilih lagu yang mellow untuk mempromosikan suatu produk atau brand. Karena akan membuat audiens tidak tertarik untuk melihat konten yang Anda sajikan. Namun jika konten Anda berisi tentang hal-hal yang menyedihkan atau quotes dan lain sebagainya, Anda bisa menggunakan sound yang sedikit mellow untuk menambah kesan yang ingin diciptakan dalam konten video.  

 

2. Menggunakan Lagu yang Sedang Viral

Tips TikTok FYP dengan sound yang pilih selanjutnya yaitu gunakan lagu yang sedang viral. Menggunakan sound atau lagu yang sedang viral atau sedang banyak digunakan oleh content creator lain merupakan salah satu cara utama untuk membuat  video Anda bisa masuk FYP TikTok. Istilahnya, konten Anda akan ikut numpang eksis melalui sound atau lagu tersebut. Dengan begitu, konten Anda tidak akan ketinggalan zaman dan peluang untuk muncul di FYP semakin besar. Karena tanpa sadar saat Anda melihat video dengan sound yang viral, maka FYP yang sering muncul biasanya menggunakan sound atau lagu yang sama.  

 

Baca Juga: Kuasai Algoritma Tiktok Agar Makin Viral

 

3. Menggunakan Lagu Remix

Tips TikTok FYP dengan pemilihan sound atau lagu selanjutnya yaitu dengan menggunakan lagu remix. Pernahkan Anda menyadari jika hampir semua lagu-lagu yang ada di TikTok sangat asik untuk digunakan berjoget. Hal ini karena audiens TikTok sangat menyukai lagu-lagu atau sound yang memiliki beat lebih keras, karena dapat meningkatkan mood para audiens. 

Bahkan lagu mellow yang telah di remix menjadi memiliki penggemar yang banyak di TikTok. Dengan berbagai alasan tersebut Anda bisa menggunakan lagu remix sebagai backsound konten video Anda di TikTok agar muncul di FYP. Karena selain meningkatkan mood audiens, lagu remix memiliki nada dan lirik yang sangat unik, sehingga audiens yang mendengar lagu tersebut akan langsung tertarik untuk melihat isi konten sampai habis, bahkan mengulang video tersebut.   

 

Baca Juga: Terbukti Sukses, Ini 5 Strategi Pemasaran Tik Tok Terbaik

 

4. Memilih Lagu Dengan Lirik yang Pas

Tips TikTok FYP dengan pemilihan sound atau lagu selanjutnya yaitu dengan menggunakan lagu yang memiliki lirik pas. Untuk mencari perhatian para audiens, biasanya konten kreator memilih menggunakan sound yang memiliki lirik lagu pas dengan isi konten. Misalnya saja konten-konten para freelancer yang umumnya menggunakan lagu “Pekerja Kreatif” dari Willy Winarko. Hal ini karena lagu tersebut memiliki lirik yang sangat pasa dan sangat menggambarkan apa yang dialami oleh para freelancer atau pekerja kreatif. Dengan demikian, tentunya para audiens akan menilai bahwa konten tersebut sangat unik dan mengundang rasa penasaran untuk menonton konten tersebut secara berulang-ulang. Wah sangat unik ya, Anda bisa juga untuk mencobanya nih.

 

5. Menggunakan Sound atau Lagu Buatanmu Sendiri

Tips TikTok FYP dengan pemilihan sound atau lagu yang terakhir yaitu dengan menggunakan sound lagu buatan sendiri. Jika Anda ingin konten Anda memiliki ciri khas tersendiri atau berbeda dari yang lain Anda bisa menggunakan backsound buatan sendiri. Namun pastikan jika backsound yang Anda buat benar-benar memiliki arti, mengandung lirik dan nada yang unik agar audien dengan mudah mengingat sound tersebut bahkan berkeinginan untuk menggunakan sound Anda pada konten mereka. Alhasil akun Anda akan mendapatkan exposure dari viralnya sound tersebut deh

 

Manfaat Lagu Tiktok untuk Membuat Video Lebih Estetik

Pada dasarnya TiKTok merupakan gabungan dari konten visual dan audio yang umumnya disebut dengan konten audio visual. Yang mana konten di TikTok harus mengandung visual dan audio yang kuat agar lebih menarik para audiens. Namun tahukah Anda apa saja sih manfaat dari backsound Tiktok yang sebenarnya? Berikut manfaat sound TikTok yang bisa Anda ketahui:

  • Dapat memberikan nuansa tertentu pada video.
  • Dapat menutupi suara asli video yang mungkin kurang estetik dan tidak enak untuk didengarkan 
  • Lagu tertentu yang ditambahkan dapat menarik orang untuk memberikan like atau komen bahkan membagikannya.
  • Dapat memperkuat karakter dari isi konten video yang diposting

 

Nah itulah 5 tips memilih sound TikTok agar video Anda masuk FYP. Dari kelima tips tersebut semuanya bisa Anda lakukan untuk membuat video Anda menjadi FYP. Bagaimana apakah Anda tertarik untuk mencoba semua tipsnya? Semoga tips yang telah dijelaskan diatas bisa membantu konten Anda menjadi FYP di TikTok. Namun jika Anda masih mengalami kesulitan dalam membuat konten yang menarik dan unik agar FYP di TikTok, pastikan untuk segera hubungi Sosiakita sekarang juga!

Sosiakita merupakan salah satu jasa digital marketing Surabaya yang mempunyai berbagi layanan, mulai dari pembuatan website, pengembangan web, digital marketing, hingga pembuatan konten-konten menarik untuk website dan sosial media Anda. Dengan pengalaman yang kami miliki serta team yang ahli dan profesional, kami akan mampu mengembangkan bisnis dan perusahaan Anda. Untuk mendapatkan fee konsultasi atau kunjungi halam resmi kami di sini  atau temukan kami di LinkedIn, Facebook, dan Instagram untuk mengetahui informasi

Share