Strategi pemasaran Tik Tok saat ini memang sedang marak dilakukan oleh berbagai pelaku usaha produk maupun jasa. Hal ini tidak lepas dari kepopuleran Tik Tok yang kian menjadi. Terhitung saat ini aplikasi Tik Tok sudah diunduh oleh kurang lebih 1,5 milyar pengguna di Apps Store dan Google Play Store. Dengan pengguna yang membludak membuat brand dan para pelaku usaha memanfaatkannya untuk melakukan strategi marketing Tik Tok. Terutama jika brand tersebut bergerak dalam bidang produk dan jasa yang memiliki segmentasi anak muda. Karena anak muda sangat menggandrungi aplikasi Tik Tok. Berbagai fitur yang tersedia di Tik Tok menjadi alasan mengapa sosial media ini sangat digandrungi. 

 

Untuk anda yang memiliki sebuah brand atau bisnis, melakukan pemasaran melalui Tik Tok bisa menjadi strategi yang tepat.  Namun sebelum memutuskan untuk melakukan promosi di Tik Tok, anda perlu mencari tahu terlebih dahulu mengenai media dan algoritma dari aplikasi Tik Tok itu sendiri. Dengan banyaknya pengguna aktif Tik Tok, yang membuat jaminan dapat meningkatkan brand awareness, Anda tetap perlu mengetahui karakteristik serta perilaku penggunanya. Dengan begitu anda akan lebih mudah dalam menentukan strategi-strategi pemasaran yang akan dijalankan. Tentunya terdapat beberapa cara atau trik untuk membuat sebuah kampanye  promosi berjalan dengan sukses. Untuk itu simak 5 strategi pemasaran melalui Tik Tok berikut ini. 

 

1. Mengikuti Trend

Terbukti Sukses, Ini 5 Strategi Pemasaran Tik Tok Terbaik

Strategi  pemasaran melalui Tik Tok yang pertama perlu anda ketahui yaitu dengan mengikuti trend yang ada. Pada dasarnya Strategi marketing pada Tik Tok akan mengandalkan video yang isinya tentang berbagai hal yang sedang trend dan diminati banyak orang. Agar video anda dapat memenuhi keinginan dan menghibur banyak orang, maka perlu memikirkan dan merancang konten semenarik mungkin. Akan tetapi trend yang ada di Tik Tok sangat cepat berubah. Jadi ketika anda mendapatkan momen tren yang sesuai dengan bisnis atau produk serta jasa yang akan anda promosikan. Segeralah untuk membuat konten dan bagikan pada akun Tik Tok bisnis anda.

 

Namun jika trend sudah berlalu, anda harus terus memantau trend selanjutnya yang mungkin terjadi. Tujuannya agar promosi yang anda lakukan selanjutnya dapat tepat sasaran Untuk itu pastikan jika anda terus memantau trend apa saja yang sedang ‘happening’ digunakan oleh pengguna Tik Tok. Lihat bagaimana kreativitas yang dihasilkan dari video yang sedang trending, kemudian cobalah untuk mengikuti trend video tersebut. Pastikan jika tren yang akan anda ikuti tersebut nyambung atau sesuai dengan bisnis anda.    

 

2. Menggunakan Hastag yang Relevan

Terbukti Sukses, Ini 5 Strategi Pemasaran Tik Tok Terbaik

Strategi pemasaran melalui Tik Tok yang perlu anda lakukan selanjutnya yaitu penggunaan hashtag yang relevan. Pada dasarnya hashtag tidak hanya membantu dalam mengembangkan bisnis di Tik Tok saja. Akan tetapi juga berguna untuk sosial media lain seperti Twitter, Facebook, Instagram, dan lain sebgainya. Ketika anda hendak mengunggah konten video pada Tik Tok pastikan untuk menambahkan hashtag yang spesifik dan relevan dengan bisnis anda. 

 

Melalui menu discover pada Tik Tok, para pengguna Tik Tok dapat melihat video yang anda share. Tidak hanya para usher yang melihat video anda juga mungkin akan memfollow atau mengikuti akun bisnis anda. Namun perlu anda catat untuk jangan menggunakan hashtag yang terlalu tersorot atau trending. Meskipun hal itu sebenarnya bagus karena banyak yang menggunakan dan melihat hashtag tersebut. Akan tetapi video yang anda upload akan terkubur dan tidak mendapatkan views yang banyak. Jangan lupa untuk selalu menggunakan hashtag #fyp.   

 

3. Rutin Mengunggah Konten

rutin engunggah konten yang relevan

Strategi pemasaran melalui Tik Tok yang lainnya yaitu anda harus rutin mengunggah konten. Dalam mengunggah konten di sosial media memang diperlukan kekonsistenan. Anda tidak perlu mengunggah banyak konten dalam sehari, namun konsisten atau rutin mengunggah konten setiap hari setidaknya satu. Hal ini bisa memastikan jika engagement yang anda dapatkan akan lebih maksimal. Semakin banyak jumlah likes yang anda dapatkan dari user, maka besar kesempatan video anda ditampilkan atau muncul di halaman fyp atau for your pageDengan begitu akan semakin banyak user yang melihat video anda, dan mungkin akan mengikuti akun anda. Pasalnya Tik Tok menghargai kreator yang konsisten dalam mengunggah konten.   

 

4. Bekerjasama dengan Influencer

6 Cara Memilih Influencer yang Tepat Untuk Promosi Produk

Strategi pemasaran melalui Tik Tok yang perlu anda lakukan selanjutnya yaitu melakukan kerja sama dengan influencer. Influencer pada dasarnya memiliki peran yang cukup besar dalam mempengaruhi perilaku konsumen. Oleh karena itu  membangun kerjasama yang baik dengan influencer yang sesuai dengan target market bisnis anda merupakan salah satu pilihan yang tepat. Karena dapat meningkatkan brand awareness serta jumlah penjualan. Namun anda harus terus berinovasi dalam mengemas konten video agar lebih berkualitas dan menarik perhatian user. Anda bisa mengajak influencer Tik Tok untuk melakukan review, share, atau mempromosikan produk dan jasa anda. Sebelum anda memilih influencer, ada baiknya jika anda membaca 6 Cara Memilih Influencer yang Tepat Untuk Promosi Produk ini!

 

5. Memanfaatkan Fitur Tik-Tok Ads 

Terbukti Sukses, Ini 5 Strategi Pemasaran Tik Tok Terbaik

Strategi pemasaran melalui Tik Tok yang perlu anda lakukan selanjutnya yaitu memanfaatkan fitur Tik Tok ads. Tidak hanya facebook, instagram, youtube dan twitter, Tik Tok juga memiliki fitur ads untuk menjalankan iklan berbayar. Yang mana memungkinkan penggunanya  menjangkau target audiens lebih cepat. Tik Tok telah menawarkan empat jenis produk iklan yang bisa anda pilih sesuai dengan budget dan kebutuhan bisnis anda. 

InFeed Ads,  yaitu jenis iklan Tik Tok yang muncul saat pengguna atau user men-scroll feed. 

Promotes Hashtag Challenge, yaitu mengajak pengguna untuk menggunakan hashtag challenge yang telah anda siapkan. 

Branded Effect atau Filter, yaitu filter atau efek khusus yang berisi informasi mengenai produk atau brand anda. 

Brand Takeover, merupakan iklan eksklusif berupa gif, video atau image yang muncul sehari sekali saat pertama membuka aplikasi.

Nah dari keempat pilihan Tik Tok Ads tersebut, inFeed Ads merupakan yang paling populer digunakan. 

 

Itulah beberapa strategi  pemasaran melalui Tik Tok yang perlu anda tahu dan bisa anda terapkan pada bisnis anda.  Apakah anda merasa kesulitan dalam membangun strategi promosi melalui Tik Tok atau sosial media lainnya? Ada Sosiakita yang merupakan digital marketing agency di Surabaya, yang siap membantu anda untuk berkonsultasi membangun strategi yang sesuai dengan kebutuhan bisnis anda. Untuk informasi lebih lanjut hubungi kontak Sosiakita sekarang disini!

 

Baca juga: Mudah! Begini 5 Cara Membuat Iklan di Tik-Tok Ads

 

DAPATKAN PENAWARAN MENARIK
DARI SOSIAKITA

ISI FORM