Cara membuat iklan di Tik-Tok terbilang susah-susah gampang. Gampang bagi yang sudah mengetahui trik dan caranya. Namun akan susah karena Tik-Tok merupakan salah satu social media baru, yang perlu dipelajari penggunaanya terlebih dalam hal beriklan. Nah apakah anda sendiri sudah pernah mendengar istilah TikTok? Saat ini Tik Tok merupakan salah satu social media yang namanya sedang tren dan digemari banyak orang dari berbagai usia. Meskipun terbilang belum terlalu lama, namun eksistensi Tik Tok diprediksi akan menjadi platform yang sangat besar. Fitur-fitur yang ada pada platform Tik Tok pun juga bermacam-macam, salah satunya yaitu fitur ads. Tak heran, jika banyak pelaku bisnis dan marketer mulai mencoba untuk memanfaatkan Tik Tok ads sebagai salah satu sarana marketing yang efektif untuk bisnis. Meskipun belum terlalu banyak yang tahu mengenai cara menjalankan iklan di Tik Tok Ads tersebut.

 

Namun dengan viralnya Tik Tok di kalangan masyarakat, yang dilansir oleh Hootsuite memiliki lebih dari 800 juta pengguna aktif per bulan. Memang sudah saatnya untuk kamu mempertimbangkan Tik Tok sebagai alat marketing untuk meningkatkan performa bisnis yang sedang berjalan. Dengan begitu kamu bisa berpotensi meraup keuntungan yang lebih besar lagi. Namun permasalahannya memang tidak semua orang tahu bagaimana cara memasang iklan di Tik Tok. Untuk itu kamu  bisa simak penjelasan tentang 5 Cara Membuat Iklan di Tik-Tok dengan mudah dan efektif berikut ini. 

 

Membuat Akun Tik-Tok Ads

5 Cara Menjalankan Iklan di Tik-Tok Ads

sosiakita.com

Hal pertama yang bisa anda lakukan dalam membuat iklan di Tiktok yaitu dengan mendaftarkan akun iklan TitTok terlebih dahulu. Akun Tik Tok ads tersebut yang nantinya akan digunakan dalam mengelola serta mengatur  iklan yang anda jalankan. Cara daftarnya pun juga sangat mudah, anda tidak perlu khawatir kesulitan. Anda hanya perlu mengisi beberapa informasi yang dibutuhkan untuk mendaftar akun, setelah itu anda bisa lanjut ke tahap selanjutnya. Jika anda masih merasa kesulitan atau tidak memiliki banyak waktu untuk menjalankan iklan di Tik Tok, Sosiakita akan siap membantu anda dalam menangani segala kebutuhan marketing digital anda, termasuk menjalankan Tik Tok Ads. 

 

Membuat di Tik-Tok Ads Campaign

sosiakita.com

Setelah memiliki akun Tik-Tok Ads, Cara membuat iklan di Tik-Tok selanjutnya yang bisa anda lakukan yaitu dengan membuat campaign iklan Tik-Tok. Jika anda pernah menjalankan iklan pada google ads, pada tahap ini hampir mirip. Dalam membuat campaign atau kampanye Tik-Tok Ads anda perlu mengklik tab “Campaign” di bagian atas sebelah kiri dashboard. Selanjutnya anda bisa memilih tujuan kampanye yang mana terdapat 5 pilihan opsi yaitu Reach, Traffic, Conversions, App Instal, dan Video Views. Anda bisa memilih sesuai dengan kebutuhan bisnis anda. 

 

Mengatur Setting  Placement, Target Iklan, dan Detail TikTok Ads

sosiakita.com

Setelah mengatur campaign, cara menjalankan iklan di Tik-Tok Ads yang bisa anda lakukan selanjutnya yaitu mengatur setting placement, detail, dan target dari iklan yang akan anda jalankan di Tik-Tok. Pada tahap ini anda tidak hanya bisa menjalankan iklan di Tik-Tok ads saja, tetapi juga di beberapa platform lain yang merupakan mitra Tik-Tok. Seperti halnya platform Buzz Video, Helo, Pangle, News Republic, Top Buzz, dan platform lainnya. Anda bisa memilih untuk menempatkan iklan dimanapun tergantung kebutuhan bisnis anda. 

 

Anda juga bisa mengatur secara otomatis, sehingga Tik-Tok akan mengarahkan iklan yang anda jalankan kemanapun sebaik mungkin. Sehingga jika anda tidak perlu pusing dan membuang-buang waktu  untuk memikirkan kemana iklan anda harus ditempatkan.

 

Tahap selanjutnya yang bisa anda lakukan untuk menjalankan iklan di Tik-Tok yaitu dengan memasukkan semua detail mengenai iklan yang akan kamu jalankan. Anda juga perlu memasukkan kata kunci yang relevan dengan target anda. Hal ini bertujuan agar Tik-Tok  bisa dengan mudah menemukan audiens yang tepat untuk iklan anda. 

 

Menentukan Tujuan, Durasi, dan Anggaran

sosiakita.com

Untuk cara menjalankan iklan di Tik-Tok Ads yang bisa anda lakukan selanjutnya yaitu dengan menentukan jumlah anggaran, tujuan, serta durasi. Perlu anda ketahui sebelumnya bahwa menjalankan iklan di Tik Tok memang terbilang cukup mahal. Seperti halnya di Indonesia sendiri memiliki anggaran minimal Rp. 500.000, jika dibandingkan dengan iklan pada platform lain memang terbilang lebih mahal. Namun semua itu tergantung dengan kebutuhan dan juga kemampuan bisnis anda.

 

Setelah menentukan jumlah anggaran, tahap selanjutnya yaitu menentukan durasi berjalannya iklan anda. Anda juga dapat mengaturnya secara mingguan maupun harian untuk setiap iklan yang berjalan. Setelah itu anda bisa menentukan tujuan utama dari iklan anda di Tik Tok. Anda juga bisa menggunakan fitur Smart Optimization yang bisa memaksimalkan iklan  sesuai dengan tujuan anda. Namun perlu anda ketahui, jika anda memilih tujuan iklan “Klik” atau “Tayangan” maka tidak perlu menggunakan fitur Smart Optimization ini, karena fitur ini bekerja untuk memaksimalkan Konversi.  

 

Mendesain Konten Iklan Dengan Aplikasi Tik-Tok 

5 Cara Menjalankan Iklan di Tik-Tok Ads

sosiakita.com

Tahap terakhir dari cara membuat iklan di Tik-Tok Ads yaitu dengan membuat konten dan mendesain konten. Pada dasarnya hal ini merupakan yang paling penting. Iklan yang tampil pada Tik-Tok bisa berupa gambar berbentuk persegi, vertikal, horizontal dan Video. Oleh karena itu anda perlu menyiapkan konten dalam bentuk gambar maupun video. Namun karena kebanyakan konten dalam bentuk video sangat mudah sekali viral di kalangan pengguna Tik-Tok. Seperti halnya sekarang banyak sekali konten video dari Tik-Tok muncul di berbagai platform social media lain yang menjadi trend. Hal itu membuktikan bahwa pengguna Tik-Tok memang lebih tertarik dengan konten video. Maka akan lebih baik jika anda menggunakan konten video, meskipun tidak menutup kemungkinan jika iklan dalam bentuk gambar juga bisa saja viral. Kembali lagi semua tergantung dengan keinginan dan kebutuhan bisnis anda. Tentunya anda harus merancang konten dengan sekreatif mungkin dan mengeditnya dengan fitur-fitur yang ada pada aplikasi Tik-Tok.  

 

Itulah beberapa informasi yang bisa kita sampaikan mengenai cara membuat iklan di Tik-Tok Ads. Bagaimana, mudah bukan? Jika anda masih merasa kesulitan atau tidak memiliki cukup waktu untuk mengurus sendiri pemasaran bisnis anda melalui iklan Tik-Tok. Anda bisa mempercayakan semuanya pada Sosiakita, tidak hanya iklan Tik-Tok, segala kegiatan digital marketing dan management sosial media akun bisnis anda akan kami bantu menjadi lebih profesional. Untuk mengetahui informasi lebih lanjut mengenai Sosiakita silahkan kunjungi kami disini! 

DAPATKAN PENAWARAN MENARIK
DARI SOSIAKITA

ISI FORM