Cara memilih influencer yang tepat untuk promosi merupakan hal yang sangat penting untuk anda ketahui. Apalagi di era saat ini penggunaan influencer sebagai strategi marketing memang masih dibilang cukup efektif. Apalagi untuk anda yang ingin melebarkan sayap bisnis anda menjadi semakin dikenal oleh banyak orang. Menggunakan bantuan influencer merupakan salah satu pilihan yang tepat. Influencer itu sendiri merupakan sebutan untuk orang yang memiliki pengikut atau audiens yang cukup banyak di sosial media. 

 

Tidak hanya itu, influencer juga memiliki pengaruh yang kuat terhadap followers atau pengikut mereka. Sehingga setiap gerak-gerik mereka selalu menarik perhatian para audiens, bahkan bisa saja mempengaruhi audiens untuk mengikuti mereka. Contoh beberapa influencer yaitu seperti seorang youtuber, blogger, artis, selebgram, seleb tik-tok, dan sebagainya.  Biasanya mereka dipilih berdasarkan keahlian, popularitas, dan reputasinya di sosial media maupun lingkungan. Beberapa influencer Indonesia yang mungkin anda kenal yaitu, seperti Nagita Slavina, Rachel Venya, Tasya Farasya, dan sebagainya. 

 

Karena strategi marketing dengan menggunakan influencer ini dinilai memiliki pengaruh  yang signifikan, pastikan jika anda tidak salah memilih. Nah, untuk anda yang masih bertanya-tanya mengenai bagaimana cara memilih influencer yang tepat untuk mempromosikan bisnis anda. Tidak perlu khawatir karena kita akan segera membahas pertanyaan anda. Untuk itu yuk simak 6 Cara Memilih Influencer yang Tepat Untuk Promosi Bisnis berikut ini.  

 

1. Memiliki Audiens yang Cocok Dengan Target Pasar Anda

6 Cara Memilih Influencer yang Tepat Untuk Promosi Produk

Memperhatikan audien atau followers seorang influencers juga menjadi salah satu cara memilih influencer yang tepat untuk mempromosikan bisnis anda loh. Karena followers dari influencer itulah yang akan menjadi target pasar anda nantinya. Untuk itu anda harus benar-benar memperhatikan dengan teliti, seperti apa karakteristik dari audien atau followers influencer tersebut. Dengan anda mengetahui karakteristik dari followers mereka, maka anda dapat menentukan apakah influencer tersebut cocok dengan bisnis anda. 

 

Pastikan jika anda memilih influencer yang memiliki followers sesuai dengan target pasar anda. Karena target pasar, dapat mengetahui kelompok konsumen dari bisnis anda. Sehingga anda dapat mengetahui, langkah promosi yang tepat sasaran. Misalnya jika anda memiliki bisnis alat-alat kecantikan, make up, skincare atau sejenisnya. Maka Tasya Farasya, Suhay Salim, Rachel Goddard merupakan pilihan influencer yang tepat. Karena dari segi followers mereka kebanyakan didominasi oleh perempuan yang memiliki minat tinggi akan kecantikan. Karena konten-konten yang mereka suguhkan juga seputar kecantikan.  

 

2. Memiliki Presentase Engagement yang Tinggi

engagement influencer tinggi

Cara memilih influencer yang tepat untuk mempromosikan bisnis selanjutnya, yaitu dengan memperhatikan angka engagement pada akun sosial media mereka. Pada dasarnya saat ini sosial media merupakan media yang umum digunakan oleh hampir setiap orang. untuk itulah para influencer memanfaatkan sosial media sebagai tempat mereka berinteraksi dengan audiens. Meskipun demikian, tidak semua influencer yang memiliki followers tinggi, memiliki angka engagement tinggi. 

 

Padahal engagement inilah yang sangat penting. Anda bisa memperhatikan perbandingan jumlah komen, likes, dan share pada setiap postingan mereka. Selain itu anda juga bisa menghubungi langsung pihak influencer. Untuk meminta rekap engagement dari akun sosial media mereka sebelum mengajukan kerja sama. Jika engagement dari akun sosial media influencer tersebut cukup tinggi, maka anda bisa menggunakan jasa mereka.

 

 

3. Cara Memilih Influencer dengan Memperhatikan Reputasi yang Baik

influencer dengan reputasi baik

Cara memilih influencer yang tepat untuk mempromosikan bisnis yang ketiga yaitu dengan memperhatikan reputasi dari influencer tersebut. Reputasi dari seorang influencer tentunya dapat mempengaruhi tingkat kepercayaan audiens atau followers dengan mereka. Pastikan untuk memilih influencer yang memiliki reputasi baik. Karena pada dasarnya, dengan siapapun kita bekerja sama, jika partner kita memiliki reputasi yang baik maka akan lebih nyaman.  

 

Selain itu seorang influencer atau public figure yang memiliki reputasi baik juga akan memiliki personal branding yang terjaga. Hal ini tentunya akan membuat bisnis anda mempunyai branding yang baik pula.   Namun anda perlu berhati-hati, karena saat ini banyak sekali influencer yang populer atau tenar karena sensasi negatif. Nah, influence seperti inilah yang perlu anda hindari. Karena dapat membuat nilai bisnis anda menjadi turun. Jika anda yang ingin mengelola akun sosial media bisnis anda menjadi lebih  profesional dan dapat menarik banyak pelanggan silahkan hubungi Sosiakita sekarang juga!  

 

4. Memiliki Intensitas Update Konten yang Baik

6 Manfaat Menggunakan IGTV Untuk Digital Marketing

Dengan memperhatikan intensitas influencer memposting kontennya juga bisa menjadi salah satu cara memilih influencer yang tepat untuk anda terapkan. Mengapa hal ini sangat penting untuk anda perhatikan? Karena jika intensitas influencer tersebut dalam memposting konten terlalu sering, misalnya dalam satu hari bisa 20 lebih. Maka sangat besar kemungkinan konten promosi anda cepat hilang dari halaman feed atau update an  terbaru mereka. 

 

Atau istilahnya, postingan promosi anda terkubur, sehingga audiens harus scroll ke bawah terlebih dahulu untuk menemukan konten promosi anda. Sehingga hal ini kurang efektif, karena perhatian audiens teralihkan pada postingan terbaru influencer. Untuk itu anda perlu memperhatikan intensitas influencer dalam memposting konten. Pilihlah influencer yang tidak terlalu sering memposting konten, namun juga tidak jarang memposting. Intinya anda harus benar-benar cermat dalam memperhatikan segala aspek.      

 

5. Memperhatikan Kualitas Konten

6 Cara Memilih Influencer yang Tepat Untuk Promosi Produk

Cara memilih influencer yang tepat untuk mempromosikan bisnis yang kelima yaitu dengan memperhatikan kualitas konten yang diberikan. Dalam mencari influencer untuk bisnis anda, pastikan untuk memperhatikan kualitas dari konten yang mereka sajikan. Apakah konten yang mereka posting asal-asalan dan terkesan tidak niat, atau sebaliknya? Nah, inilah yang perlu anda perhatikan. Karena tidak semua influencer dapat membuat konten yang baik. Jika konten yang disuguhkan influencer kurang baik, maka tidak akan menarik perhatian banyak audiens atau followers mereka. Untuk itulah pastikan jika influencer pilihan anda memiliki konten yang berkualitas, dan tidak asal dalam memposting konten.

 

6. Cara Memilih influencer dengan Menyesuaikan Budget yang Anda Miliki

6 Cara Memilih Influencer yang Tepat Untuk Promosi Produk

Cara memilih influencer yang tepat untuk mempromosikan bisnis yang terakhir yaitu dengan menyesuaikan budget yang anda miliki. Karena penggunaan influencer sebagai strategi marketing saat ini sangat populer dan memiliki hasil yang cukup signifikan. Tidak heran jika biaya atau budget yang dipatok influencer dalam sekali endorse bisa cukup tinggi. Apalagi jika influencer tersebut memiliki popularitas tinggi, dengan followers tinggi, engagement tinggi, dan reputasi yang baik pula. Sudah dapat dipastikan jika sekali postingan dapat memakan biaya puluhan juta. Jika begitu, sudah saatnya anda memperhatikan budget yang sudah anda siapkan. Jika budget yang anda siapkan terbatas, menjalin kerjasama dengan influencer mikro bisa menjadi pilihan yang tepat.

 

Nah, itulah beberapa cara memilih influencer yang tepat untuk mempromosikan bisnis. Semoga informasi diatas dapat membantu anda menemukan influencer yang tepat untuk membantu mempromosikan brand anda. Anda juga bisa terhindar dari influencer yang kurang profesional.

Selain menggunakan jasa influencer anda juga bisa mengiklankan bisnis anda di berbagai platform sosial media dengan bantuan profesional seperti Sosiakita. Tidak hanya membantu beriklan, akun sosial media bisnis anda juga akan dibuat menjadi akun profesional. Sehingga audiens akan lebih percaya untuk menggunakan bisnis anda. Insight akun bisnis anda juga akan meningkat. Untuk informasi lebih lanjut mengenai jasa digital marketing dan social media management yang terpercaya dan profesional silahkan klik disini!

DAPATKAN PENAWARAN MENARIK
DARI SOSIAKITA

ISI FORM