fbpx

Sebagai salah satu marketplace terbesar yang ada di Indonesia dan Asia tenggara, Shopee terus berkembang dan melakukan inovasi dalam menghadirkan layanan terbaik untuk para pengguna. Salah satu program yang diluncurkan oleh Shopee adalah Shopee Affiliate. Program Shopee Affiliate ini dibuat untuk menguntungkan banyak pihak termasuk penjual atau pembeli. 

Tujuan dari diadakannya program ini yaitu untuk memasarkan produk-produk milik seller yang ada di Shopee dan memberikan penghasilan tambahan kepada konten kreator atau penggunaan yang ikut memasarkan produk seller tersebut. Adapun cara daftar Shopee affiliate ini bisa dilakukan oleh seluruh pengguna yang memenuhi syarat. Lantas apa saja syarat yang harus dipenuhi dan bagaimana cara daftar shopee affiliate? Sosiakita telah membuat rangkuman lengkapnya yang bisa Anda simak berikut ini.

 

Apa itu Shopee Affiliate?

Shopee afiliasi atau biasa dikenal dengan Shopee Affiliate adalah program yang dibuat oleh marketplace Shopee yang mana memberikan penawaran penghasilan untuk content creator yang berhasil mempromosikan produk Shopee di sosial media mereka hingga terjadi pembelian. Sehingga program ini bisa dimanfaatkan oleh para influencers atau pengguna untuk mendapatkan penghasilan tambahan, meskipun mereka tidak sedang berjualan.

Cara kerja dari Shopee Affiliate ini yaitu dengan mempromosikan produk yang ada di Shopee ke platform atau media sosial lain seperti Instagram, Youtube, Twitter, Tiktok, Facebook dan lain sebagainya. Sehingga saat Anda sudah terdaftar dalam Shopee Affiliate, Anda tinggal mempromosikan atau membagikan link produk tersebut. Jika ada pengguna yang membeli produk melalui link yang Anda bagikan tersebut, nantinya Anda baru akan mendapatkan komisi sejumlah tertentu. 

Adapun saldo dari  hasil komisi yang dapat ditarik ke rekening Anda minimal sejumlah 10 ribu, yang mana akan di transfer ke rekening Anda setiap 2 minggu sekali. Lantas apa saja syarat dan ketentuan yang perlu Anda penuhi untuk dapat mendaftar akun Shopee Affiliate? Simak penjelasan lengkapnya berikut ini.

 

Syarat Daftar Shopee Affiliate

Pada dasar tidak sembarangan pengguna yang bisa menggunakan program shopee affiliate ini, karena ada beberapa syarat yang harus dipenuhi. Mengutip dari help.shopee.co.id, berikut ini adalah beberapa syarat dan ketentuan untuk mendaftar Shopee Affiliate yang harus Anda penuhi untuk bisa bergabung:

  1. Syarat pertama yaitu Anda harus memiliki akun media sosial seperti Instagram, YouTube, Facebook, TikTok, dan Twitter. 
  2. Anda harus aktif menggunakan akun media sosial tersebut dan memiliki konten original serta terbuka untuk umum. 
  3. Pastikan akun media sosial yang Anda gunakan milik pribadi, bukan akun toko atau penjual. 
  4. Pastikan akun media sosial milik Anda tidak mengandung unsur SARA atau suku, agama, dan ras, pornografi, serta tidak bertentangan dengan peraturan perundangan yang berlaku di Indonesia. 
  5. Produk yang dipromosikan merupakan produk dari toko yang berlabel Shopee Mall, Shopee Supermarket, Star+, dan Star. 
  6. Tidak mempromosikan produk yang dilarang seperti produk rokok,  obat-obatan terlarang, rokok elektrik, ganja, dan produk tidak original atau palsu. 

 

Cara Daftar Shopee Affiliate 

Setelah beberapa syarat yang telah dijelaskan diatas tadi sudah semuanya terpenuhi, Anda sudah dipastikan bisa langsung mendaftar program Shopee Affiliate. Adapun cara daftar Shopee Affiliate adalah sebagai berikut:

  1. Anda bisa langsung buka browser di smartphone atau PC Anda kemudian masuk ke link Shopee Affiliate di https://affiliate.shopee.co.id/
  2. Selanjutnya Anda bisa langsung login menggunakan akun Shopee yang Anda miliki. 
  3. Jika Anda belum memiliki akun Shopee, Anda bisa langsung mendaftar terlebih dahulu dengan klik “Daftar” menggunakan nomor telepon yang dimiliki (pastikan nomor telepon aktif), lalu ikuti langkah pembuatan akun hingga selesai. 
  4. Jika akun Anda sudah berhasil dibuat, klik opsi “Masuk sekarang”
  5. Setelah itu Anda bisa melanjutkan proses pendaftaran Shopee affiliate program dengan melengkapi seluruh formulir dengan benar. 
  6. Terakhir silahkan Anda pilih opsi “Daftar”

 

Setelah seluruh proses di atas sudah Anda lakukan, selanjutnya Anda bisa menunggu validasi dari pihak Shopee yang membutuhkan waktu maksimal 3×24 jam kerja. Apabila akun dan persyaratan Anda telah sesuai dengan ketentuan Shopee, maka Anda akan mendapatkan persetujuan untuk bergabung dengan program yang  dikirim melalui email. Oleh karena itu pastikan jika pastikan nomor telepon atau WhatsApp dan alamat email yang Anda masukkan benar. Karena kedua kontak tersebut akan mempengaruhi proses validasi data Anda.

 

Baca Juga: Wajib Tahu! 5 Tips Bijak Menjual Barang di Marketplace

 

Itulah beberapa panduan dan cara daftar shopee affiliate yang bisa Anda ikuti seperti yang sudah dijelaskan diatas. Perlu Anda perhatikan juga bahwa dalam mendaftar Shopee Affiliate ini Anda akan login menggunakan browser ya bukan melalui aplikasi Shopee. Jika Anda mengalami masalah dengan proses pendaftaran Shopee Affiliate, Anda dapat menghubungi Call Center dari shoppee di sini. Semoga informasi yang telah kami sampaikan diatas bisa bermanfaat dan membantu. Jika Anda ingin mendapatkan informasi dan tips-tips menarik seputar teknologi, dunia bisnis, dan marketing, silahkan kunjungi laman resmi Sosiakita dengan klik disini!

 

Sosiakita merupakan Digital Marketing Agency terbaik dan terpercaya di Surabaya yang akan membantu dan melayani Anda dalam menentukan serta menerapkan strategi digital marketing terbaik seperti social media marketing, SEO, content marketing, dan ads mangaement. Dengan kolaborasi dari team spesialis strategi, digital, IT, dan desain yang ahli dan profesional dibidangnya, kami menghadirkan layanan dan solusi strategi terbaik dengan terus melakukan riset dan inovasi terhadap perkembangan teknologi untuk membantu mewujudkan visi dan misi usaha Anda. Tunggu apalagi, hubungi kami sekarang untuk free konsultasi atau kunjungi halaman kami di sini, dan temukan kami di LinkedIn, Facebook, Instagram untuk mengetahui informasi ter-update lainnya. 

Share