fbpx

Sebagai seorang digital marketer atau website developer, tentunya penting untuk Anda dalam mengetahui performa statistik dari sebuah situs website. Sehingga dapat membantu Anda dalam melakukan optimasi pada situs website tersebut dan membuat website Anda banyak dikunjungi oleh audiens. Dalam melakukan report untuk mengetahui performa statistik suatu website Anda dapat menggunakan layanan statistik gratis dari Google, yaitu Google Analytics. Namun untuk dapat membaca data-data yang disajikan oleh Google Analytics Anda perlu memahami istilah-istilah penting dalam Google Analytics.  Nah, untuk itu Anda dapat menyimak 10 istilah penting dalam Google Analytic secara lengkap berikut ini, agar lebih mudah dalam menggunakan Google Analytics.

1. Metrik dan Dimensi

Salah satu istilah Google Analytics pertama yang perlu Anda ketahui yaitu metrik dan dimensi. Pada dasarnya terdapat dua tipe data pada Google Analytics yaitu dimensions dan metrics. Setiap report dalam Google Analytics akan mengandung dua tipe data ini, umumnya dalam bentuk tabel.

Istilah dimensions memiliki pengertian yaitu atribut dari setiap aktivitas visitor yang terekam di dalam situs website Anda. Misalnya, ada seorang wanita di Surabaya berumur sekitar 25-35 tahun yang mengunjungi situs website Anda setelah mengklik salah satu hasil pencarian di search engine atau Google.  Sedangkan istilah metrics adalah sebuah ukuran dalam bentuk angka yang digunakan untuk mengukur salah satu karakter dalam sebuah dimensions.

2. Predefined dimensions

Salah satu istilah google analytic yang perlu Anda ketahui yaitu predefined dimensions. Bagi para digital marketing atau website developer mungkin sudah tidak asing lagi dengan beberapa dimensions standar yang ada pada Google analytics, seperti halnya device, browser, country dan lain sebagainya. Semua dimensions standar yang ada pada Google Analytics disebut dengan Predefined dimensions yang sudah tersedia dan siap untuk Anda gunakan tanpa perlu adanya pengaturan lagi.

 

3. Acquisition Overview

Acquisition overview adalah salah satu istilah Google Analytic yang  perlu untuk Anda ketahui selain metrik, dimension, dan lainnya. Istilah acquisition overview dapat Anda gunakan untuk melihat situs website Anda diakses oleh pengunjung atau visitor dari mana saja. Beberapa cara yang dilalui oleh visitor ketika mereka mengunjungi situs Anda yaitu referral, direct, organic search, hingga social.

Pada jumlah organic search menunjukkan jumlah visitor yang mengunjungi situs Anda melalui pencarian organik atau mesin pencarian. Adapun jumlah yang ada pada direct menunjukkan jumlah visitor yang mengunjungi situs Anda dengan mengetikkan alamat website Anda langsung. Sedangkan jumlah pada social menunjukkan jumlah pengunjung yang mengunjungi website Anda melalui link pada media sosial. Untuk jumlah pada referal menunjukkan jumlah pengunjung yang berasal dari blog maupun media lainnya.

 

Baca Juga: Tips Mudah Membaca Laporan Google Analytics untuk Pemula

4. Behavior Overview Report

Istilah Google Analytic lain yang perlu Anda ketahui yaitu behavior overview report. Pada behavior overview report ini akan memungkinkan Anda dalam melihat metrik page view. Dimana hasil statistiknya dapat Anda lihat pada halaman dimana pengunjung atau audiens melakukan kunjungan. Sehingga dengan behavior overview report ini Anda dapat mengetahui halaman mana saja yang dianggap menarik oleh para pembaca saat mengunjungi website Anda.

5. Behavior Flow Report

Selain behavior overview report, istilah google analytic lain yang perlu untuk Anda ketahui yaitu behavior flow report. Istilah yang satu ini digunakan untuk menunjukkan alur visitor pada website Anda, sehingga Anda dapat mengetahui bagaimana para visitor mencapai dan mengeksplorasi website Anda. Apakah terdapat konten yang menarik visitor sehingga membawa mereka menuju website Anda. Adapun beberapa tanda yang menunjukkan alur yang dilalui oleh visitor yaitu pada kotak berwarna hijau dan biru untuk melihat alur yang di eksplor di website. Kemudian drop off berwarna merah untuk mengetahui visitor yang meninggalkan halaman Anda sepenuhnya, dan yang terakhir sambungan kotak untuk melihat alur serta volume halam satu ke halaman lainnya.

6. Traffic Gadget Visitor

Istilah pada Google Analytic lainnya yang perlu Anda ketahui yaitu traffic gadget visitor. Istilah ini digunakan untuk menunjukkan laporan mengenai beberapa pengunjung yang mengunjungi website Anda, baik melalui tablet, handphone, atau desktop. Laporan ini dapat memungkinkan Anda dalam melihat perbandingan yang muncul sesuai dengan gadget yang digunakan oleh visitor.

 

7. Bounce Rate

Istilah Google Analytic yang sering kali muncul dan perlu untuk Anda ketahui yaitu bounce rate. Istilah bounce rate memiliki pengertian yaitu presentasi pengunjung ketika mereka meninggalkan halaman website Anda dihitung setelah membuka satu halaman saja. Contohnya ketika pengunjung atau visitor sedang membuka website Anda, namun mereka hanya melihat halaman utamanya saja tanpa melihat atau membuka halaman lainnya, kemudian meninggalkan atau menutup situs tersebut. Jika hal tersebut terus terjadi, maka persentase bounce rate website Anda akan semakin tinggi. Sehingga website Anda dapat dikatakan kurang bagus dan tidak cukup menarik. Namun sebaliknya jika persentase bounce rate Anda rendah, maka website Anda dapat dikatakan baik atau bagus.

8. Pageviews

Pageviews merupakan salah satu istilah dalam Google Analytic yang penting juga untuk Anda ketahui. Istilah pageviews memiliki pengertian yaitu total halaman yang telah dilihat oleh para pengunjung atau visitor yang mengunjungi situs website Anda. Jika pengunjung membuka halaman yang sama secara bersamaan dan berulang kali, maka Google Analytics akan tetap menghitungnya sebagai pageviews.

9. Session

Istilah Google Analytics lainnya yang perlu Anda ketahui yaitu session. Istilah session memiliki pengertian sebagai interaksi antara user dengan halaman website dalam jangka waktu tertentu, atau bisa Anda artikan sebagai jumlah visitor yang mengunjungi website Anda.  Biasanya setiap 1 pengunjung atau visitor yang mengunjungi situs website Anda akan dihitung sebagai 1 sessions. Namun, apabila visitor tidak melakukan aktivitas apapun pada situs website selama kurang lebih 30 menit, kemudian mengakses kembali website tersebut maka akan dihitung menjadi 2 sessions.

 

10. Organizations

Istilah Google Analytics lainnya yang perlu Anda ketahui yaitu organizations. Istilah organizations memiliki pengertian sebagai pengelompokkan dari beberapa produk dan metrik yang diukur dalam satu folder. Organizations memungkinkan Anda untuk menggunakan beberapa layanan Google seperti Tags manager, optimize, dan Analytics. Tidak hanya itu Anda juga dapat mengatur akses data,user, dan integrasi antar produk.

 

Itulah beberapa istilah pada Google Analytics yang penting untuk Anda ketahui agar memudahkan Anda dalam membaca data saat menggunakan Google Analytics. Jika Anda mengalami kesulitan dalam membaca atau menggunakan Google Analytics untuk website Anda, tidak perlu khawatir, karena Anda bisa menyerahkan semuanya pada ahlinya yaitu Sosiakita.

Sosiakita merupakan salah satu jasa digital marketing Surabaya yang mempunyai berbagi layanan, mulai dari pembuatan website, pengembangan web, pemasaran digital, hingga pembuatan konten-konten menarik untuk website dan sosial media Anda. Dengan pengalaman yang kami miliki serta team yang ahli dan profesional, kami akan mampu mengembangkan bisnis dan perusahaan Anda. Berminat untuk bergabung? Segera hubungi kami sekarang atau kunjungi halam resmi kami di sini  atau temukan kami di LinkedIn, Facebook, dan Instagram untuk mengetahui informasi terupdate kami.

 

Share