fbpx

Istilah Affiliate mungkin sudah sering terdengar di telinga khalayak umum akhir-akhir ini. Karena banyak  perusahaan-perusahaan e-commerce dan sosial media yang telah menambahkan program Affiliate pada fitur mereka. Beberapa diantaranya seperti Tokopedia, Shopee dan TikTok. Program affiliate ini pada dasarnya merupakan metode untuk mendapatkan komisi dengan cara mempromosikan produk tertentu dari suatu bisnis atau perusahaan melalui media sosial. 

Jika diperhatikan secara seksama, sejauh ini program affiliate yang banyak diminati oleh banyak orang yaitu Shopee Affiliate dan Tokopedia Affiliate. Meskipun kedua e-commerce terbesar di Indonesia ini sama-sama menawarkan program affiliate kepada para penggunanya, namun Shopee Affiliate dan Tokopedia Affiliate memiliki keuntungan yang berbeda. Lantas apa saja keuntungan Shopee Affiliate dibandingkan dengan Tokopedia affiliate? Simak berikut ini penjelasan lengkapnya!

 

Baca Juga: 5 Keuntungan Tokopedia Affiliate dibanding Tiktok Affiliate

 

Apa Itu Shopee Affiliate? 

Shopee Affiliate adalah program terbaru Shopee yang mengajak para content creator di media sosial untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Adapun cara agar content creator tersebut bisa mendapatkan komisi yaitu dengan mempromosikan produk-produk dari Shopee melalui akun media sosial mereka. 

Sedangkan Tokopedia Affiliate adalah sebuah program untuk mempromosikan produk milik penjual atau seller dari e-commerce tersebut. 

Melalui program Shopee affiliate ini, pihak Shopee menawarkan komisi kepada para pengguna atau pengusaha bisnis online yang ingin menjalani bisnis tanpa modal meskipun tidak memiliki produk juga dapat memiliki penghasilan tambahan melalui program tersebut  Cara kerjanya pun juga hampir sama dengan Tokopedia Affiliate, yaitu dengan membagikan link yang di-generate melalui platform Shopee Affiliate. Kemudian, Anda dapat membagikan konten yang mengandung link tersebut ke pengguna lainnya melalui media sosial. Apabila produk yang Anda bagikan tersebut terjual melalui link Anda, maka Anda berhak mendapatkan komisi.

 

Keuntungan Shopee Affiliate

Setelah Anda memahami apa itu Shopee Affiliate dan apa saja kegunaannya, kini saatnya Anda memahami apa saja keuntungan yang bisa Anda dapatkan dari program Shopee Affiliate tersebut. 

Pada dasarnya setiap program afiliasi memiliki kelebihan dan keuntungannya masing-masing yang tentunya juga berbeda, oleh karena itu Anda bisa mempertimbangkan lebih lanjut dengan melihat apa saja keuntungan Shopee Affiliate dibandingkan dengan Tokopedia Affiliate berikut ini. 

 

1. Fleksibel untuk Berkarya di Media Sosial

Keuntungan Shopee Affiliate dibandingkan dengan Tokopedia Affiliate yang pertama yaitu content creator diberikan kebebasan untuk berkreasi  dalam membuat konten promosi produk di media sosial. Anda sebagai content creator dapat memanfaatkan berbagai jenis media sosial khususnya yang bersifat visual dan audio dengan semaksimal mungkin untuk membuat konten yang menarik dan diminati oleh para audiens.

 

2. Komisi yang Diberikan Lebih Besar dan Menarik

Keuntungan Shopee Affiliate dibandingkan dengan Tokopedia Affiliate selanjutnya yaitu komisi yang ditawarkan lebih besar dan menarik. Hal yang sangat mencolok dalam membedakan kedua program affiliate dari e-commerce ini adalah besaran komisi yang akan diterima pengguna.

Pada dasarnya Shopee affiliate akan memberikan komisi tetap hingga 10% untuk produk dari Shopee Mall, Supermarket, Star+ & Star sama seperti Tokopedia Affiliate. Akan Tetapi Shopee Affiliate masih memberikan komisi-komisi lain, diantaranya seperti:

  • Memberikan komisi XTRA s/d 2,2 juta  diatas komisi tetap dari Penjual.
  • Pengguna Shopee Affiliate juga bisa mendapatkan produk dan Voucher GRATIS dengan mengikuti campaign Shopee.
  • Pengguna juga akan mendapatkan bonus sebesar Rp1.850.000 untuk 1.200 pesanan pertama.
  • Tidak hanya itu pengguna juga akan mendapatkan bonus komisi sebesar 15% dari Shopee Affiliates Team.

Beberapa keuntungan tersebut membuktikan bahwa keuntungan yang didapatkan dari Shopee Affiliate lebih besar dan menarik dibandingkan Tokopedia Affiliate. Namun seperti yang sudah dijelaskan diatas, bahwa Anda akan mendapatkan komisi tersebut apabila terdapat konsumen atau pengguna  lain yang melakukan pembelian melalui link yang telah Anda bagikan.

 

3. Pembayaran Sesuai Performa

Keuntungan Shopee Affiliate dibandingkan dengan Tokopedia Affiliate selanjutnya yaitu pembayaran diberikan sesuai dengan performa pengguna sehingga lebih transparan. Untuk Anda yang masih merasa ragu terhadap program Shopee affiliate, program afiliasi Shopee ini telah menjamin pembayaran komisi untuk affiliate partner secara lebih transparan.

Adapun pembayaran yang akan dikenakan pihak Shopee kepada affiliate partnernya meliputi dari performa, terutama seberapa banyak orang yang melakukan pembelian dari link afiliasi yang tekah Anda bagikan. 

 

4. Proses Memasarkan Mudah

Keuntungan Shopee Affiliate dibandingkan dengan Tokopedia Affiliate selanjutnya yaitu proses memasarkannya jauh lebih mudah. Jika Anda seorang influencer, blogger, selebgram, atau content creator lainnya yang ingin melakukan pemasaran produk yang ada di Shopee, maka prosesnya tidak akan sulit.

Karena cara bergabung dengan Shopee Affiliate dengan dan cara memasarkannyapun sangatlah mudah diterapkan dan mudah dimengerti. Anda hanya tinggal memilih produk yang akan Anda pasarkan, kemudian Anda bisa langsung menyebarkan atau membagikan link affiliates melalui media apa saja yang Anda miliki.

Itulah beberapa keuntungan Shopee Affiliate dibandingkan dengan Tokopedia Affiliate yang bisa Anda  ketahui. Walaupun memiliki banyak perbedaan keuntungan, kedua program affiliate  yang ditawarkan e-commerce tersebut sama-sama akan menguntungkan jika Anda jalani dengan tekun.Karena keduanya sangat menguntungkan dan bisa Anda jadikan sebagai penghasilan tambahan menjanjikan.

Setelah Anda mengetahui keuntungan dari Shopee Affiliate dibandingkan dengan Tokopedia affiliate, apakah Anda tertarik untuk mencoba? Semoga semua informasi yang disampaikan di atas bisa membantu Anda ya, Jika Anda ingin mendapatkan info-info dan tips menarik lainnya seputar bisnis, marketing, dan dunia digital yang terupdate silahkan kunjungi laman resmi Sosiakita atau langsung saja klik disini!

Sosiakita merupakan Digital Marketing Agency terbaik dan terpercaya di Surabaya yang akan membantu dan melayani Anda dalam menentukan serta menerapkan strategi digital marketing terbaik seperti social media marketing, SEO, content marketing, dan ads manaement. Silahkan hubungi kami sekarang untuk fee konsultasi atau kunjungi halam kami di sini, dan temukan kami di LinkedIn, Facebook, Instagram untuk mengetahui informasi terupdate lainnya.

Share