fbpx

Istilah Affiliate mungkin sudah tidak asing lagi ditelinga banyak orang saat ini. Karena beberapa e-commerce dan sosial media telah membuat program Affiliate seperti ini, seperti halnya Tokopedia dan TikTok. Tiktok Affiliate sendiri merupakan program terbaru yang disediakan oleh  sosial media TikTok. Melalui fitur marketing affiliate ini, banyak pengguna maupun konten kreator di Tiktok yang berkesempatan menjadi influencer sekaligus mendapat pemasukan tambahan di TikTok.

Sedangkan Tokopedia Affiliate merupakan program untuk mempromosikan produk milik penjual yang disediakan oleh e-commerce Tokopedia dengan cara membagikan link yang telah di-generate melalui Tokopedia Affiliate Platform. Sehingga Anda dapat membagikan link tersebut ke pengguna lain melalui media promosi digital seperti media sosial, situs web, atau lainnya dan apabila terjual Anda akan mendapatkan komisi. 

Meskipun memiliki program affiliate yang sama, namun Tokopedia Affiliate dan Tiktok Affiliate memiliki keuntungan yang berbeda lho. Sebelum Anda memutuskan untuk bergabung atau mencoba program affiliate dari Tiktok dan Tokopedia, yuk simak 5 Keuntungan jadi Tokopedia Affiliate dibanding Tiktok Affiliate berikut ini!  

 

Baca Juga: Cara Mudah Beriklan Otomatis Di Tokopedia Dengan Topads

 

Keuntungan Tik Tok Affiliate

1. Komisi yang diberikan lebih menarik dan jelas

Keuntungan Tokopedia Affiliate dibandingkan dengan Tiktok Affiliate yang pertama yaitu komisi yang ditawarkan lebih banyak dan jelas. Seperti yang sudah dijelaskan diatas, anda akan memperoleh komisi apabila terdapat konsumen atau pengguna  yang melakukan pembelian melalui link yang anda bagikan. Adapun nilai komisi yang akan anda dapatkan yaitu sebesar 10% dari harga produk yang terjual, namun terdapat batasan pada setiap jenis atau kategori produknya. Berikut ini merupakan besaran nilai komisi pada setiap kategori atau jenis produk di Tokopedia Affiliate:    

  • 10% untuk kategori Makanan & Minuman
  • 8% untuk kategori Kecantikan, Fashion, dan Rumah Tangga
  • 5% untuk kategori Kesehatan, Ibu & Bayi
  • 3% untuk kategori Olahraga dan Hobi 
  • 1 % untuk kategori Handphone, Tablet, Otomotif, dan Elektronik 
  • 2% untuk kategori lainya diluar kategori yang telah disebutkan di atas 

Namun tidak hanya itu saja, anda juga bisa mendapatkan pendapa lain yaitu dari komisi kunjungan.  Komisi kunjungan ini merupakan sejumlah nominal tertentu yang ditentukan oleh Tokopedia untuk periode tertentu dan dibayarkan kepada Affiliate Partner atas setiap kunjungan yang terverifikasi. Adapun besaran nilai komisi dari kunjungan ini yaitu Rp 50,- (lima puluh rupiah) untuk 1 (satu) kunjungan terverifikasi.  

 

2. Tidak ada batasan media sosial untuk menyebarkan link

Keuntungan Tokopedia Affiliate dibandingkan dengan Tiktok Affiliate yang kedua yaitu tidak ada batasan media promosi untuk membagikan link. Berbeda dengan Tiktok Affiliate, Anda bisa mencantumkan affiliate link milik anda dimanapun. Anda bisa membagikan link di berbagai akun media sosial seperti Youtube, Facebook, Instagram, Twitter, TikTok, website, dan situs publik lainnya. 

 

Baca Juga: Wajib Tahu! 5 Tips Bijak Menjual Barang di Marketplace

 

3. Tidak ada batasan link yang dapat dibagikan

Keuntungan Tokopedia Affiliate dibandingkan dengan Tiktok Affiliate yang ketiga yaitu tidak ada batasan link yang bisa digunakan. Selama Anda menggunakan link produk yang tidak termasuk dalam kategori terlarang, seperti halnya Voucher Listrik, Logam Mulia, Obat Terlarang, dan kategori lain sebagaimana yang sudah tertera dalam syarat dan ketentuan Tik Tok Affiliate.

4. Tidak ada masa berakhir untuk affiliate link

Keuntungan Tokopedia Affiliate dibandingkan dengan Tiktok Affiliate yang keempat yaitu tidak ada masa berakhir atau kadaluarsa untuk affiliate link. Link yang anda berikan akan selalu valid selama produk atau halaman yang terhubung dengan link tersebut masih tersedia di Tokopedia dan tidak dihapus oleh seller. 

 

5. Syarat menjadi Affiliate sangat mudah

Keuntungan Tokopedia Affiliate dibandingkan dengan Tiktok Affiliate yang kelima yaitu syarat menjadi partner affiliate sangat mudah.  Pada dasarnya siapapun bisa bergabung dan menggunakan fitur Affiliate pada tokopedia ini.  Anda tidak perlu menjadi konten kreator atau memiliki akun dengan followers yang banyak di media sosial. Anda cukup memiliki akun Tokopedia kemudian bisa mendaftar sebagai partner Affiliate.

 

Baca Juga: 7 Jenis E-commerce Yang Perlu Kamu Ketahui

 

Itulah 5 Keuntungan jadi Tokopedia Affiliate dibanding Tiktok Affiliate yang penting untuk Anda ketahui. Setelah Anda mengetahui keuntungan dari Tokopedia Affiliate dibanding  Tiktok Affiliate, apakah Anda tertarik untuk mencoba? Semua informasi yang disampaikan diatas bisa membantu Anda ya, Jika Anda ingin mendapatkan  info-info dan tips menarik lainnya seputar bisnis, marketing, dan dunia digital yang terupdate hanya di www.sosiakita.com.

Sudah lebih dari 5 tahun Sosiakita berdiri dan telah dipercayakan oleh lebih dari 100 brand di seluruh Indonesia dan luar negeri. Dengan pengalaman yang kami miliki serta team yang ahli dan profesional dibidangnya, membuat kami berupaya dalam mewujudkan visi dan misi usaha Anda. Berminat untuk bergabung? hubungi kami sekarang untuk mendapatkan free konsultasi atau kunjungi halaman kami di sini, dan temukan kami di LinkedIn, Facebook, Instagram untuk mengetahui informasi terupdate lainnya.  

Share