fbpx

Feed dan Reels Instagram Sekarang Bisa Dibagikan Khusus untuk Teman Dekat / Close Friends

by Feb 19, 2024Apss0 comments

  1. Home
  2. /
  3. Apss
  4. /
  5. Feed dan Reels...

Aplikasi jejaring sosial Instagram baru-baru ini resmi mengeluarkan fitur close friends khusus untuk fitur baru Instagram Feed dan Reels. Sebelumnya, fitur close friend ini hanya dapat digunakan saat membagikan foto/video di Instagram Stories. Pengumuman mengenai penambahan opsi Close Friends ke feed dan IG Reels ini disampaikan oleh Zuckerberg melalui Meta Channel di Instagram. Hadirnya fitur ini memberikan kemudahan kepada para pengguna Instagram untuk lebih fleksibel dalam berbagi momen sehari-hari, momen khusus, atau karya kreatif mereka dengan pengikut terpilih.

Penasaran seperti apa cara kerja fitur close friends Instagram Feed dan Reels? Sima penjelasan lengkapnya berikut ini!

 

Mengenal Fitur Close Friends Dalam Instagram Reels

Melalui akun resmi (@instagram), Instagram secara resmi mengumumkan rilis fitur Close Friends yang dapat digunakan untuk unggahan pada Feeds dan Reels. Fitur ini disambut baik oleh pengguna yang ingin berbagi foto dan video dengan pengikut yang telah mereka pilih sebelumnya melalui fitur Close Friends. Ini memungkinkan foto dan video yang dibagikan tidak akan langsung terlihat oleh pengguna lain yang tidak termasuk dalam daftar teman dekat pengguna.

Sumber: Freepik

Sebagaimana diketahui, fitur baru instagram Close Friends pertama kali muncul dan dirilis pada tahun 2018. Setelah 5 tahun, fitur ini diperluas tidak hanya untuk Instagram Stories tetapi juga untuk Instagram Reels dan Feeds. Pengguna dapat memilih siapa saja yang dapat melihat unggahan yang mereka bagikan. Pengguna yang telah dipilih sebagai teman dekat dapat berinteraksi dengan unggahan tersebut dengan memberi suka atau berkomentar setelah unggahan dibagikan.

 

Kelebihan Mengaktifkan Fitur Close Friends

 

Fitur Close Friends yang diperkenalkan langsung oleh Instagram memberikan kesempatan kepada pengguna yang merasa enggan membagikan unggahan secara luas. Fitur baru ini memungkinkan pengguna untuk memilih konten yang hanya dapat dinikmati oleh pengikut yang beruntung, yang telah dipilih secara langsung oleh pengguna sebagai teman dekat.

 

Sebagai pengguna, Anda dapat dengan mudah mengatur dan mengelola daftar teman dekat Anda sehingga hanya orang-orang tertentu yang dapat melihat konten-konten khusus yang Anda bagikan. Salah satu keunggulan dari fitur Close Friends Instagram ini adalah pengguna memiliki kontrol penuh atas siapa saja yang termasuk dalam daftar teman dekat, sehingga menciptakan lingkungan yang lebih pribadi dan terbatas.

 

Baca Juga: Fitur Baru Multiple Link di Bio Instagram, Gak Perlu Linktree Lagi!

 

Dengan menggunakan fitur Close Friends, pengguna dapat merasa lebih nyaman dan leluasa dalam berekspresi tanpa perlu khawatir bahwa konten yang dibagikan akan mengganggu orang lain atau mendapat komentar negatif karena jangkauannya yang luas. Ini tentunya membuka ruang yang lebih besar bagi kreativitas, memungkinkan pengguna untuk berbagi momen-momen yang lebih intim dan konten eksklusif yang mungkin tidak cocok untuk dikonsumsi secara publik.

 

Tentunya, perluasan fitur Close Friends di Instagram juga berpotensi meningkatkan kesejahteraan mental pengguna saat mereka berinteraksi di media sosial. Fitur ini dapat membantu mengurangi kemungkinan unggahan pengguna menjadi terlalu terfokus pada perhatian dan komentar dari orang asing yang tidak dikenal.

 

Lebih dari itu, fitur ini tidak hanya berguna bagi mereka yang ingin menjaga privasi, tetapi juga dapat meningkatkan pengalaman berinteraksi menjadi lebih bermakna dan intim dengan orang-orang terdekat dan terpercaya. Ini dapat memperkuat ikatan antara pengguna dan teman dekat mereka, menciptakan hubungan yang lebih erat dan pribadi meskipun hanya melalui platform digital.

 

Cara Mengaktifkan Fitur Close Friend Feed dan Reels Instagram

 

Cara kerja opsi Close Friends di Instagram Feed dan Reels ini memiliki mekanisme yang identik dengan yang digunakan pada Instagram Stories. Ketika ingin mengunggah feed atau Instagram Reels. Langkah-langkah Mengaktifkan Close Friends di Instagram Reels dan Feed merupakan langkah pintar untuk menciptakan ruang berbagi yang lebih pribadi dan terkendali di platform media sosial ini. Proses mengaktifkan fitur Close Friends juga sangat mudah, Anda bisa mengikuti petunjuk berikut ini:

 

  1. Buka akun Instagram Anda.
  2. Pilih ikon tambah (+), lalu geser ke kanan dan pilih Reels.
  3. Pilih video yang ingin diunggah atau unggah ke Reels, lalu tekan tanda panah biru.
  4. Pilih bagian ‘Pemirsa’ atau ‘Audiences’, di mana Anda akan melihat pop-up yang menunjukkan dengan siapa Anda akan berbagi Reels tersebut.
  5. Jika Anda ingin membagikan Reels hanya kepada teman dekat, pilih Close Friends.
  6. Jika sebelumnya Anda belum menyeleksi siapa yang menjadi teman dekat, pilih username atau akun Instagram yang ingin dimasukkan sebagai teman dekat dan centang username mereka. Cukup klik dan cari pengikut yang ingin Anda pilih dan tambahkan ke dalam daftar teman dekat.
  7. Setelah selesai, klik selesai dan bagikan unggahan.
  8. Nantinya, foto atau konten Reels yang dibagikan akan ditandai dengan label berbintang hijau di pojok kanan atas, menandakan bahwa unggahan tersebut hanya dapat dilihat langsung oleh pengikut yang telah dipilih sebagai close friends.

 

Demikianlah informasi dan langkah-langkah mengaktifkan fitur Close Friends yang baru dirilis oleh Instagram untuk Reels dan Feeds. Anda dapat memilih dan menyesuaikan siapa saja pengikut yang dianggap sebagai orang terdekat dan dapat melihat langsung unggahan Anda melalui fitur teman dekat ini. Dengan fitur Close Friends, pengguna memiliki kebebasan untuk berbagi konten yang lebih pribadi tanpa harus membagikannya secara publik.

 

Setelah memahami langkah mengaktifkan fitur close friends pada Instagram Feed dan Reels serta mengetahui kelebihannya, langkah selanjutnya yang bisa Anda lakukan yaitu  memaksimalkan keberhasilan konten di Instagram dengan ahli digital marketing yang berpengalaman dan profesional. Sosiakita, dengan pengalamannya yang tinggi dalam pengelolaan media sosial bisnis, dapat menjadi mitra yang andal untuk membantu Anda mencapai tujuan pemasaran Anda. Dengan mengoptimalkan penggunaan tools ini dan mendapatkan bimbingan dari profesional di Sosiakita, Anda dapat memaksimalkan potensi bisnis Anda di dunia digital. Jangan ragu untuk menghubungi Sosiakita dengan klik disini atau temukan kami di LinkedIn, Facebook, serta Instagram untuk mengetahui informasi terupdate lainnya. 

 

Semoga informasi yang telah disampaikan diatas bisa membantu Anda. Pastikan untuk terus update mengenai berita terbaru seputar dunia bisnis, digital, media sosial, dan tips marketing lainnya yang bisa Anda akses di Sosiakiata Blog.

Written by Sosiakita Brand

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel menarik lainnnya

Generic selectors
Exact matches only
Search in title
Search in content
Post Type Selectors

Komentar

    "We are a digital marketing agency located in Surabaya. We have helped 100+ businesses to increase their brand existence in the digital world."

    © 2023 Sosiakita. All Right Reserved