fbpx

Elon Musk: Seluruh Pengguna X atau Twitter Wajib Berbayar

by Oct 16, 2023Apss, Daily News0 comments

  1. Home
  2. /
  3. Articles
  4. /
  5. Daily News
  6. /
  7. Elon Musk: Seluruh...

Elon Musk, tokoh terkenal dalam dunia teknologi dan bisnis serta pemilik media sosial X, telah mengumumkan rencananya untuk mewajibkan semua pengguna X untuk berbayar atau wajib langganan. Pengumuman ini disampaikan saat melakukan obrolan bersama Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu, yang disiarkan secara langsung. Akan tetapi rencana ini menimbulkan pro dan kontra dikalangan para pengguna. Lantas apa tujuan dari keputusan tersebut dan seperti apa tanggapan warganet mengenai gagasan Elon Musk tersebut? Anda bisa simak penjelasannya berikut ini.

 

Tujuan dari Gagasan Elon Musk Tentang X Berbayar

 

Elon Musk menjelaskan bahwa tujuannya mewajibkan akun X berbayar atau Twitter berbayar yaitu untuk memerangi bot, akun palsu yang meresahkan di platform media sosial tersebut serta  mengurangi dampak negatif yang sering dihasilkan dari penggunaan platform media sosial secara bebas. Sehingga bisa mengoptimalkan pengalaman pengguna di platform X atau Twitter.

 

Elon juga mengungkapkan bahwa saat ini, platform X memiliki lebih dari 550 juta pengguna aktif bulanan. Setiap hari, terdapat 100-200 juta posting yang dipublikasikan di platform tersebut. Namun, ia tidak menyebutkan berapa banyak dari pengguna tersebut yang benar-benar manusia dan bukan bot. Pada Mei 2022, saat spekulasi pertama kali muncul tentang akuisisi Twitter oleh Musk, platform tersebut memiliki 229 juta pengguna aktif harian.

 

Apa Itu X atau Twitter Berbayar

X berbayar atau premium adalah solusi berbayar eksklusif dari X atau Twitter untuk meningkatkan kualitas percakapan di platform ini. Melalui langganan opsional X Premium, Anda dapat memperoleh tanda centang biru di akun Anda dan akses lebih cepat ke sejumlah fitur istimewa, termasuk kemampuan untuk mengedit postingan Anda. Dengan harga yang bervariasi sesuai lokasi, mulai dari $8 per bulan atau $84 per tahun di negara-negara yang mendukungnya. Di Indonesia sendiri untuk mengakses paket X berlangganan dikenakan biaya sebesar US$8 (Rp 124 ribu) per bulannya. 

 

Tanggapan Warganet Terhadap Gagasan Elon Musk Tentang X Berbayar

 

Kebijakan ini akan mengubah cara pengguna memanfaatkan platform X dan Twitter. Pengguna yang sebelumnya menikmati layanan ini secara gratis sekarang akan dihadapkan pada biaya yang perlu mereka keluarkan. Ini bisa menjadi hambatan bagi sebagian pengguna, terutama mereka yang menggunakan platform tersebut untuk berkomunikasi dan berbagi informasi dengan teman dan keluarga. Namun, pengguna yang ingin terus menggunakan platform ini mungkin akan melihatnya sebagai langkah positif dalam memerangi bot dan akun palsu. Sehingga memunculkan reaksi yang beragam beragam di kalangan warganet, ada pihak yang merasa diuntungkan dan ada pihak yang merasa dirugikan. Berikut adalah beberapa tanggapan yang muncul:

 

Pendukung Keputusan

Beberapa orang mendukung gagasan Elon Musk, menganggapnya sebagai langkah positif untuk membersihkan platform sosial dari bot dan akun palsu. Mereka berpendapat bahwa pembayaran atau berlangganan dapat menjadi hambatan bagi mereka yang berniat mengambil keuntungan dari praktik-praktik tidak etis di platform tersebut.

 

Kritik atas Potensi Diskriminasi

Ada kekhawatiran bahwa langkah ini dapat mengakibatkan diskriminasi terhadap pengguna yang tidak mampu membayar. Bagi mereka yang bergantung pada platform sosial untuk berkomunikasi dan berbagi informasi, pembayaran atau berlangganan mungkin menjadi hambatan.

 

Alternatif dalam Membasmi Bot

Sebagian warganet menyarankan alternatif lain untuk memerangi bot, seperti peningkatan teknologi kecerdasan buatan dalam mendeteksi akun palsu atau regulasi yang lebih ketat terhadap praktik-praktik tidak etis di platform sosial.

 

Menghormati Kebebasan Berbicara

Ada juga yang khawatir bahwa langkah ini dapat membatasi kebebasan berbicara dan menyaring pandangan yang berbeda. Mereka berpendapat bahwa penting untuk mempertahankan platform sosial sebagai tempat berdiskusi yang terbuka.

 

Dampak pada Ekosistem Media Sosial

Keputusan Elon Musk ini juga berdampak pada ekosistem media sosial secara lebih luas. Langkah ini dapat menjadi model bagi platform-platform lain yang ingin mengatasi masalah yang sama terkait keaslian dan keamanan penggunaan. Selain itu, kebijakan ini dapat mengurangi dampak praktik-praktik yang merugikan, seperti penyebaran berita palsu dan tindakan tidak etis lainnya di media sosial.

 

Keputusan Elon Musk untuk membuat seluruh pengguna X dan Twitter membayar adalah langkah yang menghebohkan. Ini menggaris bawahi kebutuhan untuk memerangi masalah yang berkaitan dengan bot dan akun palsu di media sosial. Meskipun akan ada perdebatan dan dampak yang terjadi akibat kebijakan ini, ini adalah perubahan signifikan dalam cara kita menggunakan media sosial. Waktu akan menunjukkan bagaimana dampaknya pada ekosistem media sosial dan apakah kebijakan serupa akan diadopsi oleh platform lain. Semoga artikel ini dapat membantu Anda dan dapatkan update berita terbaru seputar dunia bisnis, digital marketing, media sosial, dan tips marketing hanya di Sosiakiata Blog.

 

Anda tentu tidak ingin usaha marketing Anda monoton atau itu-itu saja, bukan? Makanya, yuk, konsultasikan kebutuhan marketing bisnis Anda dengan Sosiakita. Karena Sosiakita menyediakan berbagai layanan digital marketing yang berkualitas untuk meningkatkan performance bisnis Anda, seperti pembuatan website, pengembangan web, optimasi ads, optimasi SEO, hingga pembuatan campaign dan konten-konten untuk website dan sosial media bisnis Anda menjadi lebih menarik, berkualitas, dan profesional. Tunggu apalagi? Hubungi sosiakita sekarang juga dengan klik disini atau langsung menuju halam resmi kami di sini  dan temukan kami di LinkedIn, Facebook, serta Instagram untuk mengetahui informasi terupdate lainnya. 

Written by Sosiakita Brand

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel menarik lainnnya

Generic selectors
Exact matches only
Search in title
Search in content
Post Type Selectors

Komentar

    "We are a digital marketing agency located in Surabaya. We have helped 100+ businesses to increase their brand existence in the digital world."

    © 2023 Sosiakita. All Right Reserved