fbpx

Sebagai pengusaha atau pelaku bisnis mungkin masih banyak yang menggunakan cara bisnis tradisional. Namun ditengah era teknologi digital yang berkembang saat ini, kolaborasi digital merupakan salah satu strategi bisnis yang patut untuk diterapkan dan menguntungkan. Adapun salah satu kolaborasi digital yang bisa Anda lakukan adalah dengan Collaborative Marketing atau kolaborasi pemasaran. Lalu apa itu yang dimaksud dengan Collaborative Marketing? Simak penjelasannya berikut ini.

 

Apa yang Itu Collaborative Marketing?

Collaborative marketing atau pemasaran kolaboratif adalah teknik pemasaran berbasis kolaborasi yang saat ini tengah naik daun di dunia pemasaran. Dalam praktiknya, collaborative marketing merupakan kegiatan dimana pemilik bisnis  menjalin kerjasama dengan pemilik bisnis lain, organisasi, komunitas, influencer, pelanggan, mitra-mitra online yang sesuai dengan tema dari usaha Anda atau lainnya dalam memasarkan produk secara bersamaan, untuk menciptakan nilai dalam pertukaran pemasaran. Sehingga pelanggan atau partner bisnis tersebut bisa menjadi bagian integral dari kegiatan pemasaran perusahaan atau bisnis Anda. 

 

Baca Juga: Guerilla Marketing: Teknik Pemasaran Minim Budget yang Unik

 

Strategi collaborative marketing ini dinilai dapat meningkatkan brand awareness sekaligus pengaruhnya di khalayak ramai atau audiens. Dalam teknik pemasaran collaborative marketing, perlu memiliki tujuan yang sama dan segmentasi pasar yang sejenis antara perusahaan Anda dengan calon partner kolaborasi. Pasar yang sama menjadi hal yang utama dalam pemasaran kolaborasi. Karena pasar yang terlalu besar akan sulit dijangkau oleh merek seorang diri. Oleh karena itu, melalui pemasaran kolaborasi ini perusahaan atau merek dapat memperoleh sesuatu yang sulit dilakukan seorang diri seperti halnya menjangkau pasar yang lebih besar atau luas. Karena pada dasarnya, collaborative marketing adalah proses menyelaraskan kepentingan perusahaan, sumber daya, dan lainnya untuk memperoleh sesuatu yang sulit dilakukan oleh brand atau perusahaan seorang diri.

 

Baca Juga: Waspada! Aktivitas Anti-Brushing di Shopee

 

Ketika perusahaan atau merek datang bersama influencer atau konsumen atau partner kerja lainnya, mereka perlu bersatu untuk membuat inovasi yang unik dan menarik, demi memperoleh added value merek atau nilai ekonomi tambahan di mata calon pelanggan. Pemasaran dengan teknik  kolaboratif  atau collaborative marketing ini juga menjadi pendekatan yang sangat efektif untuk diterapkan atau dilakukan oleh perusahaan atau merek, khususnya dalam upaya pengembangan produk baru. 

 

Baca Juga: 4 Tips Marketing Sukses Untuk Pemula

 

Tidak hanya itu, teknik pemasaran ini juga melibatkan pengintegrasian pelanggan dalam kegiatan pemasaran hingga taraf yang signifikan. Sehingga memungkinkan perusahaan atau merek untuk lebih memahami kebutuhan pasar dan memanfaatkan pengetahuan pelanggan untuk melakukan pendekatan yang lebih jauh atau lebih besar. Dengan begitu bisa disimpulkan bahwa Anda bisa menggunakan teknik collaborative marketing ini untuk menambah nilai produk yang Anda miliki, membuka pasar produk baru, meluncurkan produk baru, atau mempromosikan produk dengan cara baru kepada pelanggan milenial.

 

Manfaat Collaborative Marketing atau Pemasaran Kolaboratif

Umumnya pemasaran kolaborasi dapat memberikan layanan yang berkualitas dengan memenuhi kebutuhan pelanggan dan menarik pelanggan baru. Oleh karena itu pemasaran ini memiliki banyak manfaat untuk bisnis atau perusahan yang Anda jalankan. Terlebih konsep collaborative marketing menjadi sesuatu yang baru dan sangat fresh sehingga bisa membuat audiens atau calon customer tertarik untuk menjadi pelanggan setia Anda. Nah beberapa manfaat dari collaborative marketing yang bisa Anda dapatkan yaitu meliputi: 

  1. Menambah Nilai Produk pada Merek Anda
  2. Mendapatkan Pelanggan dan Prospek Baru
  3. Meningkatkan Keterlibatan Pada Konten, Media Sosial, dan Produk Digital Baru
  4. Mendapatkan Lebih Banyak Unduhan Aplikasi 
  5. Memperluas Kesadaran Merek 
  6. Mendorong Konversi dan Pendapatan

 

Baca Juga: Ingin Bisnis Berkembang? Coba Strategi FOMO Marketing

 

Itulah beberapa manfaat dari collaborative marketing yang bisa Anda dapatkan saat menerapkan teknik pemasaran ini pada perusahaan atau merek Anda. Jika Anda butuh konsultasi atau diskusi mengenai strategi marketing yang tepat dan efektif untuk diterapkan pada perusahaan atau bisnis Anda, pastikan untuk memilih jasa digital marketing yang profesional, terpercaya, dan memiliki kredibilitas tinggi seperti Sosiakita.   

 

Sosiakita merupakan salah satu jasa digital marketing Surabaya yang mempunyai berbagi layanan, mulai dari pembuatan website, pengembangan web, digital marketing, hingga pembuatan konten-konten menarik untuk website dan sosial media Anda. Dengan pengalaman yang kami miliki serta team yang ahli dan profesional, kami akan mampu mengembangkan bisnis dan perusahaan Anda. Berminat untuk bergabung? Segera hubungi kami sekarang untuk mendapatkan fee konsultasi atau kunjungi halam resmi kami di sini  atau temukan kami di LinkedIn, Facebook, dan Instagram untuk mengetahui informasi terupdate kami.    

Share