fbpx

Saat ini banyak orang yang beralih jualan dari offline menjadi online melalui  e-commerce. Salah satu e-commerce yang diminati untuk bisnis jualan online yaitu Shopee. Berbagai cara dilakukan untuk mendukung penjualan mereka di Shopee. Akan tetapi, jika berbisnis di Shopee Anda harus bisa menjauhi kesalahan pebisnis Shopee seperti anti-brushing.

Perilaku anti-brushing tentu saja sangat merugikan pihak pembeli. Sebab, deskripsi yang ada di pembeli tidak sesuai dengan keadaan yang sebenarnya. Dari segi penjual yang melakukan anti-brushing juga akan rugi. Sebab, nantinya akun Shopeenya akan dibekukan. Maka dari itu, Anda harus tahu berbagai hal tentang kebijakan anti-brushing ini.

Pertama kali yang perlu Anda lakukan yaitu pahami dulu tentang kebijakan anti-brushing ini. Perlu Anda ketahui, anti-brushing ini merupakan tindakan pemalsuan dalam berbagai macam hal di Shopee. Mulai pesanan, like, penilaian, dan juga pengikut.

Pemalsuan tersebut biasanya juga sengaja dibuat oleh para seller agar penjualan mereka bisa menjadi bertambah dan meningkat. Maka dari itu, sebelum pelanggan membeli produk, sebaiknya pertimbangkan terlebih dahulu beberapa hal yang terlihat pada akun penjual. Untuk meningkatkan peringkat dan juga penilaian toko, penjual biasanya akan rela membayar seseorang untuk membuat pesanan, mengikuti toko, memberikan like, dan bahkan memberikan penilaian yang palsu. Ketika penilaiannya baik, tentu saja pembeli akan berpikir jika toko tersebut memang sudah profesional dan bisa dipercaya. Kemudian mereka akan membeli produk-produk yang dijual di toko tersebut.

 

Shopee Sangat Menentang Perilaku Anti-Brushing

Hadirnya kebijakan anti-brushing Shopee ini sebenarnya untuk menciptakan penjualan dengan persaingan yang sehat, aman, dan juga terpercaya. Maka dari itu, siapa saja pasti akan menentang kecurangan yang terjadi pada lapak mereka, termasuk salah satunya lapak Shopee. Pihak Shopee sangat menentang berbagai macam bentuk kecurangan yang terjadi pada penjual di Shopee. Shopee menginginkan penjual bisa melakukan penjualan dengan jujur dan bersaing sehat tanpa ada kecurangan yang dilakukan.

 

Hindarilah Pelaku Anti-Brushing

Baik itu dari pihak seller ataupun buyer sangat dilarang untuk melakukan berbagai macam hal yang termasuk tindakan kecurangan. Agar terhindar dari perilaku tersebut, maka Anda harus tahu bagaimana konsekuensinya. Jika seseorang melanggar kebijakan anti-brushing dari Shopee atau terbukti telah terlibat sebuah tindakan kecurangan di Shopee, maka akun Shopee Anda pastinya akan langsung dibekukan.

Bagi penjual, ini sangat merugikan sekali. Mengapa demikian? Sebab, bisnis keseharian Anda sebagai penjual di Shopee sudah tidak bisa dijalankan lagi. Daripada terjadi hal seperti itu, lebih baik Anda berjualan secara sehat di Shopee. Buatlah pembeli percaya dengan toko Anda tanpa harus menggunakan berbagai macam kecurangan yang merugikan.

 

Laporkan Kecurangan yang Terjadi

Dalam mendukung kebijakan anti-brushing dari Shopee, apabila Anda semuanya melihat kecurangan yang ada segeralah Anda melaporkan kecurangan tersebut ke pihak Shopee. Lalu bagaimana cara kita melaporkan kecurangan tersebut pada pihak Shopee? Jangan khawatir, cara melaporkannya sangat mudah. Cukup dengan klik ikon titik tiga di kanan atas pada kolom chat. Selanjutnya klik laporkan pengguna ini.

Dengan melaporkan kecurangan yang terjadi pada pihak Shopee, maka akan membantu Shopee menjadi tempat berbisnis jual beli yang selalu dipercaya baik penjual dan pembeli. Maka dari itu, sebisa mungkin hindarilah perilaku anti-brushing Shopee ini agar akun Anda tidak dibekukan. Sebab, jika akun Shopee dibekukan, tentu saja Anda tidak bisa melakukan aktivitas di Shopee lagi, baik itu melakukan penjualan maupun pembelian.

 

Sebagai pengguna marketplace Shopee, Anda wajib mewaspadai aktivitas Anti-Brushing di Shopee. Semoga informasi diatas bermanfaat bagi Anda pengguna Shopee. Jika Anda merasa kesulitan dalam membuat desain banner atau desain visual produk marketplace Anda, pastikan untuk segera hubungi Sosiakita sekarang juga!

Karena Sosiakita dapat membantu Anda dalam membuat toko online Anda menjadi lebih profesional dan terpecaya. Tertarik untuk mencoba? Segera Hubungi Sosiakita sekarang juga! Dapatkan free konsultasi dengan kunjungi halam resmi kami di sini  atau temukan kami di LinkedIn, Facebook, dan Instagram untuk mengetahui informasi terupdate kami.  

Share