fbpx

Pada 28 November 2018 lalu, Instagram telah mengumumkan menambahkan Alternatif teks atau biasa dikenal dengan Alt text Instagram sebagai fitur baru untuk semakin mempermudah pengguna dalam menggunakan Instagram. Pada awalnya fitur ini merupakan sebuah alternatif teks otomatis (Automatic Alternative Text) yang menggunakan teknologi pengenalan objek untuk pengguna aplikasi pembaca layar atau screen reader. 

Namun seiring dengan semakin berkembangnya penggunaan Instagram, fitur ini memiliki banyak sekali fungsi yang sangat bermanfaat untuk penggunanya, terlebih untuk mempermudah penyandang disabilitas netra dalam mengakses Instagram. Tidak hanya itu saja, Alt text pada Instagram juga memiliki erat kaitan dengan algoritma Instagram, lho. Lantas seperti apa bentuk atau gambaran dari Alt text Instagram pada algoritma Instagram? Silahkan Anda simak penjelasannya berikut ini.

 

Apa itu Alt Text?

Alternative text atau Alt text adalah salah satu fitur Instagram yang berguna untuk membuat orang atau pengguna menjadi paham mengenai apa yang tertera dalam suatu gambar. Jika pada website, gambar yang gagal loading atau tidak bisa muncul, akan menampilkan Alt text pada gambar tersebut.

Sedangkan pada aplikasi berbasis foto seperti media sosial Instagram ini, Alt text akan ditulis dengan lebih detail daripada di website atau blog. Dalam penulisannya, Alt text akan direkomendasikan setidaknya 125 karakter untuk memastikan kompatibilitas pembaca layar secara umum. Hal ini juga bertujuan agar pendengar tidak jenuh dengan Alt text yang terlalu panjang. Meskipun demikian jumlah Alt text tersebut tidak memiliki batasan yang sangat ketat. 

Pada dasarnya Alternative text biasa memiliki keunggulan yaitu deskripsinya lebih kaya jika dibandingkan dengan Alt text otomatis. Selain itu alternative text biasa juga diisi secara manual oleh pengunggah gambar sehingga dapat memberikan penjelasan yang lebih kontekstual pada audiens atau pengikutnya di Instagram.

Sedangkan fitur alt text otomatis yang disediakan oleh Instagram menggunakan teknologi pengenalan objek yang dapat mendeskripsikan objek pada sebuah foto atau gambar. Namun tidak hanya bisa digunakan secara otomatis (auto generated),  fitur Alt text Instagram untuk foto juga dapat dibuat custom atau bisa diisi sendiri oleh pengguna.

 

Kenali Apa Itu Alt Text dalam Algoritma Instagram

 

Fungsi Alt Text di Instagram

Setelah mengetahui apa itu Alternative text atau Alt text Instagram, selanjutnya Anda perlu mengetahui apa saja fungsinya. Seperti yang telah kita ketahui bersama bahwa hasil pencarian pada media sosial Instagram hanya bisa memunculkan lokasi/nama tempat, tagar (hashtag), nama profil, dan username pengguna. Instagram tidak bisa menampilkan caption atau teks dalam hasil pencarian, kecuali pengguna menggunakan teks dalam bentuk hastag. Sehingga Anda tidak bisa mencari foto dengan berdasarkan Alt text nya. 

Selain itu Alt text Instagram juga bukan untuk mempermudah pengguna dalam memasarkan produk, jasa, atau bisnis mereka seperti Alt text pada blog atau website. Karena Instagram tidak mengizinkan foto penggunanya terindeks oleh mesin pencarian atau Google, jadi alt text Instagram tidak bisa dimanfaatkan untuk teknik SEO. Lantas apa fungsi Alt text pada foto Instagram jika tidak berguna untuk SEO Google dan pencarian di dalam Instagram? Berikut ini merupakan beberapa fungsi Alt text Instagram.

  • Fungsi Alt text Instagram pada dasarnya untuk membantu orang-orang atau para pengguna yang mengalami masalah pada penglihatannya atau yang tunanetra. Karena Alt text pada Instagram dirancang untuk membantu pengguna yang tunanetra untuk dapat menikmati pengalamannya saat menggunakan media sosial ini.
  • Selain itu, fungsi Alt text Instagram lainnya yaitu membantu meningkatkan kinerja gambar agar lebih mudah ditemukan. Jika Anda menginginkan gambar atau foto Anda mudah ditemukan, saatnya Anda memanfaatkan fitur Instagram alt text. Karena pemberian Alt text pada gambar di Instagram dapat mempengaruhi algoritma Instagram, sehingga foto atau gambar Anda akan mudah ditemukan oleh pengguna lainnya. 

 

Alt Text dalam Algoritma Instagram

Seperti yang sudah dijelaskan diatas bahwa manfaat Alt text Instagram yaitu untuk membantu orang-orang atau para pengguna yang memiliki masalah pada penglihatannya. Bukan untuk mempermudah pengguna dalam memasarkan produk, jasa, atau bisnis mereka seperti Alt text pada website atau untuk menerapkan teknik SEO pada mesin pencarian. Meskipun begitu, ternyata fitur Alt text Instagram juga dapat dimanfaatkan untuk optimasi SEO pada Instagram lho. Ingat bukan untuk SEO website akan tetapi untuk SEO Instagram. 

Hal ini juga telah disampaikan oleh Store Domain, bahwa penggunaan alt text Instagram ini akan membantu postingan para penggunanya untuk mendapatkan peringkat yang lebih baik dalam algoritma Instagram. Karena Alt text Instagram dapat membantu algoritma Instagram memunculkan foto atau gambar Anda ke pengguna lainnya yang menyukai tipe konten tersebut. Selain itu alt text Instagram juga mendeskripsikan konten gambar atau foto Anda. Caranya pun juga hampir sama seperti alt text pada website, Anda juga bisa mengisi alt text Instagram dengan keterangan yang menjelaskan isi gambarnya.

 

Itulah penjelasan lengkap mengenai Alt text dalam algoritma Instagram. Semoga informasi dan penjelasan diatas bisa bermanfaat dan membantu Anda. Jika Anda ingin mendapatkan info-info lengkap dan terupdate lainnya seputar digital marketing, sosial media, teknologi  dan lain-lain, silahkan kunjungi laman resmi Sosiakita atau Anda klik disini!

Sosiakita merupakan Digital Marketing Agency terbaik dan terpercaya di Surabaya yang akan membantu dan melayani Anda dalam menentukan serta menerapkan strategi digital marketing terbaik seperti social media marketing, SEO, content marketing, dan ads manaement. Silahkan hubungi kami sekarang untuk free konsultasi atau kunjungi halam kami di sini, dan temukan kami di LinkedIn, Facebook, Instagram untuk mengetahui informasi terupdate lainnya. 

Share