fbpx

Pada era serba digital seperti sekarang ini, belajar digital marketing yang tepat merupakan suatu keharusan yang tidak bisa ditinggalkan terlebih untuk para marketer dan pelaku bisnis. Karena selain bisnis atau perusahaan mereka akan tertinggal jauh dibelakang, para pebisnis di zaman modern ini juga harus sadar dan paham akan strategi digital marketing yang layak untuk diterapkan ke dalam bisnis yang sedang mereka jalankan. Untuk itu belajar strategi digital marketing ini sangatlah penting, terlebih untuk para pemula di dunia bisnis online. Lantas apa saja strategi jitu yang bisa diterapkan untuk belajar digital marketing yang tepat? Berikut ini rangkumannya yang bisa Anda simak hingga selesai.

 

1. Menerapkan Teknik SEO atau Search Engine Optimization

Wajib tau! 4 strategi jitu belajar Digital marketing

Salah satu strategi untuk belajar digital marketing yang pertama yaitu menerapkan teknik SEO dengan benar. Search Engine Optimization atau biasa dikenal dengan SEO merupakan metode yang biasa digunakan untuk membuat website atau situs blog Anda muncul di halaman pertama search engine seperti Google. Strategi ini umumnya digunakan dalam dunia digital marketing untuk menawarkan lebih banyak lalu lintas atau orang mengunjungi situs web suatu perusahaan atau bisnis, sehingga membuat penjualan produk Anda juga semakin meningkat. Dalam praktiknya SEO ini mengoptimalkan penggunaan kata kunci dan pembaruan website. Karena mesin pencarian seperti google biasanya menggunakan kata kunci, algoritma, frasa, kejelasan bahasa, hingga pembaruan situs web untuk menentukan peringkat situs web di halaman pertama.  

Adapun beberapa cara yang bisa anda lakukan apabila yang ingin menggunakan strategi SEO ini untuk website bisnis anda antara lain sebagai berikut.

  • Menambahkan keyword khusus (biasanya keyword yang paling relevan dan banyak dicari di mesin pencarian) pada halaman website atau konten di blog Anda.
  • Memasukkan internal link yaitu link dari satu halaman ke halaman lainnya dalam satu website.
  • Memasukkan external link yaitu tautan yang ada di dalam artikel dan mengarah langsung ke website yang lain (backlink).
  • Menggunakan tools bantuan seperti Google Search Console  dan Google Analytics untuk menganalisis traffic website. Setelah itu, Anda bisa membaca data dari tools google tersebut seperti, jumlah pengakses baru dan jumlah klik pada setiap halaman website kamu. 

Untuk menerapkan strategi SEO ini anda bisa menggunakan jasa orang-orang yang expert dalam bidan SEO ini, misalnya seperti para SEO Specialist,  Content Writer, Copywriter, dan lainnya.

 

2. Memanfaatkan Social Media Marketing

Wajib tau! 4 strategi jitu belajar Digital marketing

 

Strategi untuk belajar digital marketing selanjutnya yang bisa Anda terapkan untuk bisnis yaitu dengan memanfaatkan social media marketing atau SMM. Pada dasarnya hampir semua orang saat ini memiliki sosial media untuk berinteraksi. Oleh sebab itu menerapkan social media marketing sebagai strategi promosi bisnis untuk menjangkau pasar yang lebih luas merupakan suatu keharusan. 

Adapun hal-hal yang bisa Anda lakukan apabila ingin menerapkan strategi ini yaitu dengan melakukan berbagai aksi promosi melalui platform media sosial seperti Instagram, Tik-Tok, Facebook, Twitter, Youtube, LinkedIn, dan lain sebagainya. Namun anda tetap harus mempelajari bagaimana cara kerja dari setiap media sosial tersebut, kemudian siapa audiens Anda, dan bagaimana mereka berinteraksi. Dengan begitu Anda bisa membuat konten yang menarik tentang produk atau layanan yang ingin Anda tawarkan di sosial media tersebut. 

Konten-konten yang dibuat biasanya berupa foto produk terbaik, caption, video, animasi, infografis, kombinasi video dan caption, banner dan lainnya. Pembuatan konten ini biasanya dilakukan secara teratur. Dengan melakukan hal tersebut dapat meningkatkan pemirsa potensial dan pelanggan yang melihat posting Anda dari waktu ke waktu, bahkan pengikut dan engagement akun media sosial anda juga bertambah. 

Tidak hanya itu Anda juga bisa memanfaatkan peluang iklan berbayar yang ditawarkan oleh masing-masing media sosial, jika memiliki modal atau anggaran iklan lebih. Hasilnya akan jauh lebih efektif dan akan lebih mudah dijangkau oleh audiens. 

 

3. Menggunakan Pay-Per-Click Advertising

Wajib tau! 4 strategi jitu belajar Digital marketing

 

Strategi untuk belajar digital marketing selanjutnya yang bisa Anda terapkan untuk bisnis yaitu menggunakan fitur pay per click advertising atau iklan digital berbayar. Strategi yang satu ini bisa Anda terapkan apabila Anda memiliki modal yang cukup besar untuk dialokasikan sebagai dana promosi digital. Pay-per-click atau biasa dikenal dengan PPC merupakan model pemasaran internet di mana pengiklan harus membayar biaya setiap kali iklan mereka diklik. Model iklan ini biasanya muncul pada halaman pencarian google dengan menggunakan layanan Google Ads.

Tujuan dari Pay-per-click atau PPC ini yaitu untuk menjaring lebih banyak orang yang melakukan pencarian di google dengan sebuah keyword tertentu. Sehingga ketika mereka mengetikkan kata kunci tersebut di mesin pencarian misal “baju lebaran”, maka  iklan anda akan muncul di halaman pencarian google. Strategi PPC sangat efektif untuk mendorong website Anda ke bagian atas pada hasil pencarian, dan membantu bisnis Anda mendapatkan pelanggan secara langsung. 

 

4. Menggunakan Email Marketing

Wajib tau! 4 strategi jitu belajar Digital marketing

 

Strategi untuk belajar digital marketing lainnya yang bisa Anda terapkan untuk bisnis yaitu menerapkan email marketing. Pada dasarnya promosi secara personal dan menjalin keterikatan yang lebih baik dengan pelanggan setia maupun calon pelanggan merupakan langkah tepat. Hal tersebut bisa anda lakukan dengan menggunakan strategi email marketing atau banyak disebut dengan istilah newsletter marketing. Pernahkah Anda sendiri mendapatkan kiriman newsletter di email Anda?

Nah hal tersebut merupakan salah satu contoh newsletter marketing yang dilakukan oleh perusahaan untuk mempromosikan bisnis mereka. Dimana dengan adanya email marketing tersebut memungkinkan pelanggan mendapatkan update terbaru dari suatu situs perusahaan yang mempromosikan suatu produk maupun jasa. Adapun cara menerapkan email marketing dengan mengaktifkan newsletter sangatlah mudah. Dari database alamat email pelanggan yang sudah berhasil dikumpulkan, tinggal Anda masukkan ke pengaturan situs. Sehingga ketika ada update an terbaru pada situs, email marketing akan bekerja secara otomatis dengan mengirimkan newsletter ke alamat email yang telah didaftarkan. 

Email marketing ini juga menjadi strategi digital marketing terbaik yang bisa perusahaan terapkan untuk melakukan promosi jangka panjang tanpa perlu melakukan banyak action.

 

Itulah beberapa strategi untuk belajar digital marketing yang bisa Anda terapkan untuk mempromosikan perusahaan atau bisnis Anda. Semoga informasi yang telah disampaikan di atas bisa membantu Anda. 

Jika Anda ingin bisnis Anda berjalan dengan sukses dan omzet yang bisa didapat meningkatkan, jangan lupa untuk menerapkan strategi digital marketing yang tepat. Apabila Anda masih bingung mengenai penerapan digital marketing yang tepat dan efektif untuk bisnis dan perusahaan Anda, silahkan kunjungi laman resmi Sosiakita sekarang juga!  

 

Sosiakita merupakan Digital Marketing Agency terbaik dan terpercaya di Surabaya yang akan membantu dan melayani Anda dalam menentukan serta menerapkan strategi digital marketing terbaik seperti social media marketing, SEO, content marketing, dan ads manaement. Dengan kolaborasi dari team spesialis strategi, digital, IT, dan desain yang ahli dan profesional dibidangnya, kami menghadirkan layanan dan solusi strategi terbaik dengan terus melakukan riset dan inovasi terhadap perkembangan teknologi untuk membantu mewujudkan visi dan misi usaha Anda. Tunggu apalagi, segera hubungi kami sekarang untuk fee konsultasi atau kunjungi halam kami di sini, dan temukan kami di LinkedIn, Facebook, Instagram untuk mengetahui informasi terupdate lainnya. 

Share