fbpx

Pada dasarnya sebuah website tidak hanya mengandung konten-konten yang menarik saja, tetapi juga mengandung kata kunci tertentu yang relate dengan suatu produk atau bisnis. Hal ini bertujuan agar calon customer dapat mudah menemukan website maupun bisnis Anda ketika mereka mencari di mesin pencarian atau Google. Kata kunci memiliki pesan yang penting terlebih dalam menyebarkan informasi mengenai bisnis. Jika website bisnis Anda mengandung keyword yang paling banyak dicari oleh para pengguna Google, maka bukan hal yang sulit untuk website Anda naik menjadi first suggestion page atau muncul di halaman pertama Google search. Itulah alasan mengapa melakukan riset kata kunci sangat penting. 

Untungnya saat ini sudah banyak sekali tools keyword gratis yang bisa Anda gunakan untuk melakukan riset secara lebih efektif. Keyword Tools ini tentu sangatlah penting karena pemilihan keyword yang tepat menjadi salah satu langkah dasar dalam SEO atau Search Engine Optimization. Dengan bantuan tools keyword gratis ini Anda akan dengan mudah menemukan kata kunci yang relevan dan tepat sesuai dengan kebutuhan pembaca. Beberapa tools kata kunci gratis yang bisa Anda gunakan yaitu sebagai berikut.

 

Macam-Macam SEOTools Gratis untuk Mempermudah Riset Keyword

Pada dasarnya keyword tools yang baik yaitu harus dapat membantu upaya SEO atau Search Engine Optimization Anda, terutama untuk meningkatkan kualitas SEO On Page atau konten Anda. Nah, berikut ini merupakan 10 rekomendasi tools keyword gratis yang dapat Anda gunakan.

 

1. Google Trends

Wajib Tahu! 10 Tools Gratis Permudah Riset Keyword

 

Tools riset keyword gratis yang pertama yaitu Google Trends. Mungkin tidak sedikit yang sudah sangat familiar dengan tools besutan Google satu ini. Karena Google Trends termasuk dalam salah satu tools keyword populer yang sering digunakan oleh para blogger, marketer atau lain sebagainya. Disamping toolsnya yang populer, Google trends juga sangat mumpuni untuk melakukan riset kata kunci. Tidak hanya itu penggunaan Google trends dalam melakukan riset kata kunci juga sangat mudah serta dapat Anda gunakan secara gratis. 

Google trends ini memungkinkan Anda untuk mengetahui trend pencarian pada real time Google di waktu tertentu, sehingga Anda bisa mendapatkan keyword terbaik untuk konten Anda. Adapun kelebihan lain dari Google trends yang bisa Anda gunakan antara lain:

  • Dapat menampilkan daftar topik yang sedang hangat
  • Menyediakan filter pencarian berdasarkan wilayah
  • Dapat menampilkan perkembangan topik tertentu dari tahun ke tahun   
  • Menyediakan fitur dan navigasi yang sangat mudah untuk digunakan
  • Menampilkan data kata kunci yang relevan dengan topik
  • Menyediakan fitur yang dapat membandingkan beberapa kata kunci sekaligus, misalnya kata kunci “hijab syar’i” dengan “kerudung syar’i” 
  • Dapat menampilkan data keyword dari website, Google News, Google Image, Google Shopping, hingga YouTube.

Dengan berbagai keunggulan yang disediakan Google Trends seperti yang sudah disebutkan diatas, Anda dapat mengukur keyword mana yang tingkat perceraiannya tinggi di wilayah tertentu dan di tahun tertentu. Sehingga Anda dapat menentukan keyword yang paling cocok dengan kebutuhan Anda. 

 

2. Google Search

Wajib Tahu! 10 Tools Gratis Permudah Riset Keyword

 

Tools riset keyword gratis yang kedua yaitu Google Search. Selain Google Trends tools besutan Google yang dapat Anda gunakan untuk melakukan riset kata kunci lainnya yaitu Google Search. Meskipun Google Trends dikenal karena penggunaannya yang mudah dan sederhana, namun ada yang lebih sederhana dan mudah untuk digunakan, yaitu Google Search. Mengapa demikian?

Hal ini karena Google search mampu memberikan rekomendasi kata kunci terkait pencarian Anda secara instan dan cepat. Anda dapat membuktikannya dengan mengetikkan kata kunci “digital agensi Indonesia” pada Google Search. Maka akan muncul dropdown dari beberapa kata kunci turunan yang ditampilkan  dan direkomendasikan oleh Google search, seperti halnya berikut ini:

Dengan adanya rekomendasi kata kunci turunan atau long tail keyword seperti pada gambar diatas Anda menjadi tahu informasi apa saja yang sedang banyak dicari dan dibutuhkan oleh banyak orang khususnya pengguna Google mengenai topik tersebut. Dari hasil rekomendasi kata kunci itulah yang kemudian dapat Anda jadikan ide konten.

Adapun tips yang bisa Anda terapkan dalam melakukan pencarian di Google search yaitu, Anda perlu melakukan pencarian dalam mode incognito atau guest widow. Hal ini memiliki tujuan agar hasil pencarian Anda tetap akurat tanpa dipengaruhi oleh riwayat pencarian Anda terdahulu atau sebelumnya.  

 

3. Google Search Console

Wajib Tahu! 10 Tools Gratis Permudah Riset Keyword

 

Tools riset keyword gratis yang ketiga yaitu Google Search Console. Masih dengan tools besutan Google, Google Console juga menjadi salah satu tools terbaik untuk riset kata kunci yang berguna dalam meningkatkan SEO website Anda. Dengan menggunakan Google Search Console ini Anda dapat dengan mudah melakukan riset keyword serta dapat melihat berbagai data sebagai berikut ini: 

  • Anda dapat melihat peringkat website untuk kata kunci tertentu
  • Anda juga dapat melihat penayangan website untuk kata kunci tertentu
  • Persentase penayangan dan jumlah klik
  • Jumlah klik ke website untuk kata kunci tertentu

Meskipun Google Search Console tidak memperlihatkan data tentang search volume dan keyword difficulty seperti pada beberapa tools lain, namun data yang ditampilkan adalah data dari pengguna Google. Sehingga informasi yang Anda dapatkan dari Google Search Console sudah tidak perlu diragukan lagi akurasinya. 

Dengan menggunakan Google Search Console Anda akan mengetahui berbagai kata kunci dimana website Anda muncul di halaman pencarian, serta jumlah klik, penayangan hingga rata-rata peringkatnya. Sehingga Anda dapat menentukan kata kunci apa yang seharusnya Anda gunakan. 

Selain sebagai tools riset keyword, Google Search Console juga menyediakan berbagai fitur lain seperti URL Inspection yang biasanya digunaan untuk melihat indeks URL suatu website, kemudian Mobile Usability, Core Web Virals, dan lain sebagainya. Untuk itu Google Search Console sangat baik untuk Anda pelajari ketika ANda berencana untuk membuat website sendiri.

 

Baca Juga: Inilah 5 Tips Membuat Judul Artikel SEO yang Efektif

 

4. Google Keyword Planner

Wajib Tahu! 10 Tools Gratis Permudah Riset Keyword

 

Tools riset keyword gratis yang keempat yaitu Google Keyword Planner. Google Keyword Planner pada dasarnya adalah bagian dari platform iklan yang dimiliki oleh Google yaitu pada Google Ads. Google Keyword Planner ini merupakan layanan untuk mencari serta melakukan analisis mengenai keyword tertentu yang akan dibidik untuk suatu iklan maupun ranah organik dengan tujuan SEO. Sama seperti tools keyword besutan Google lainnya, Google Keyword Planner ini dapat membantu Anda dalam mendapatkan kata kunci yang akurat berkat data dari Google. Dimana, Google menjadi salah satu search engine terbesar yang digunakan oleh banyak orang saat ini. Bedanya, tools ini juga dapat mencari kata kunci untuk iklan dan mendukung conversion rate, karena masih bagian dari layanan Google Ads.

Google Keyword Planner memiliki dua fitur utama yaitu Discover New Keyword dan Get Search Volume and Forecast. Dimana, Discover New Keyword ini dapat  memungkinkan Anda mencari hingga 10 kata kunci yang berhubungan sekaligus.  atau memungkinkan Anda dalam mencari kata kunci yang relevan dengan domain atau website yang Anda miliki. Tidak hanya itu, Anda juga dapat mengetahui tingkat pencarian kata kunci tertentu serta persaingannya untuk dapat menjadi nomor pertama di mesin pencarian.  Adapun untuk fitur Get Search Volume and Forecast, Anda akan dimudahkan dalam mencari informasi spesifik mengenai paid search dan performa dari kata kunci tertentu.

Hingga saat ini, Google Keyword Planner ini menjadi favorit banyak orang untuk mencari keyword atau kata kunci yang tepat karena database keywordnya yangs elalu updat, dan sudah disertai dengan angka persaingan di search engine

 

5. Ubersuggest

Wajib Tahu! 10 Tools Gratis Permudah Riset Keyword

 

Tools riset keyword gratis yang kelima yaitu Ubersuggest. Banyak orang yang mungkin sudah tidak asing lagi dengan nama  Ubersuggest tool ini, terlebih para blogger, marketer, maupun yang berkecimpung di dunia SEO. Tool yang satu ini memiliki fitur unggulan untuk melakukan riset keyword yaitu Keyword Analyzer. Keyword Analyzer sendiri memiliki empat fitur utama yang dapat membantu menemukan keyword yang relevan, yaitu:

  • Keyword Ideas
  • Keyword List
  • Keyword Overview
  • Content Ideas

Adapun cara untuk menggunakan Ubersuggest tidaklah sulit, Anda cukup mengetikkan kata kunci yang akan Anda bidik kemudian klik pada bagian setting filter lokasi. Selanjutnya Anda akan diarahkan menuju halaman Keyword Overview yang menampilkan data-data sebagai berikut:    

  • Search volume atau jumlah pencarian keyword tertentu dalam sebulan
  • Tingkat kesulitan atau kompetisi SEO pada keyword incaran Anda
  • Estimasi kompetisi paid search
  • Jumlah klik keyword dari hasil SEO
  • Hingga rata-rata umur pencari keyword
  • Rata-rata Cost-Per-Click atau CPC
  • Statistik data historis perkembangan kata kunci dalam kurun satu tahun
  • Perbandingan hasil pencarian dari desktop dan mobile

Kemudian pada halaman bawah akan akan menemukan Keyword Ideas, yang menampilkan daftar kata kunci yang relevan dengan kata kunci pencarian Anda. Tidak hanya itu, informasi tersebut sudah dilengkapi dengan CPC, volume pencarian, SEO difficulty dan paid. Dengan berbagai informasi dari data-data tersebut, Anda dapat mengukur performa pencarian kata kunci, apa saja kata kunci alternatif untuk mendapatkan peringkat teratas, serta mengetahui siapa saja website pesaing Anda.

 

6. Ahrefs Free Keyword Generator

Wajib Tahu! 10 Tools Gratis Permudah Riset Keyword

 

Tools riset keyword gratis yang keenam yaitu Ahrefs Free Keyword Generator. Tools yang satu ini pada dasarnya adalah tool SEO lengkap yang menawarkan fitur premium. Namun Ahrefs juga memiliki Free Keyword Generator untuk melakukan riset kata kunci secara gratis. Sebagai salah satu keyword tool gratis pada umumnya, Ahrefs dapat memungkinkan Anda untuk mencari keyword yang relevan, mengidentifikasi long tail keyword, menganalisis kompetitor, hingga melihat metrik performa SEO dari kata kunci tertentu.

Namun jika Anda menggunakan Ahrefs dalam vers gratis, informasi yang ditampilkan masih sangat terbatas. Ahrefs hanya akan menunjukkan 100 keyword yang relevan, serta volume pencarian, tingkat kesulitan keyword, dan terakhir keyword di update.

Sedangkan jika Anda menggunakan Ahrefs Pro atau versi berbayar, akan ditampilkan hasil riset yang lebih lengkap, serta Anda dapat menggunakan berbagai fitur lain seperti:

  • Matching terms – Dapat menampilkan ide kata kunci yang berisi keyword Anda
  • Related terms – Dapat mencocokkan kata kunci yang berhubungan
  • Search suggestions – Dapat mengetahui laporan saran keyword di kata kunci incaran
  • Untuk dapat mengakses data lengkapnya, Anda perlu melakukan berlangganan  dengan mengeluarkan biaya mulai dari USD 99 hingga USD 999.

 

Baca Juga: Inilah 5 Alasan Mengapa SEO Website Penting

 

7. Keywordtool.io

Wajib Tahu! 10 Tools Gratis Permudah Riset Keyword

 

Tools riset keyword gratis yang ketujuh yaitu Keywordtool.io. Tool yang satu ini juga menjadi salah satu layanan yang banyak digunakan oleh para blogger dan marketer untuk mencari kata kunci atau keyword.  Anda tidak perlu khawatir dengan kemampuan dari tool ini, sebab data yang ditampilkan merupakan hasil resource dari Google. Sehingga Anda tidak perlu heran jika Keywordtool.io dapat menyediakan hasil long tail keyword yang cukup relevan dan lengkap dengan pencarian Anda, bahkan tidak terlihat oleh tool lain seperti Google Keyword Planner.

Dengan beberapa alasan itulah, keywordtool.io ini dipercaya oleh banyak instansi besar seperti Philips, Harvard University, Uber, dan lain sebagainya. Selain itu hasil riset yang ditampilkan oleh keywordtool.io tidak hanya dari pencarian Google saja loh. Namun juga dari platform lain seperti Play Store, Amazon, eBay, Bing, Youtube, Twitter, dan Instagram. Format konten yang dapat Anda cek pun juga sangat beragam, yaitu konten berita, video, gambar, serta website. Anda juga dapat menggunakan filter lokasi yang diinginkan agar hasil riset lebih spesifik. Beberapa data yang ditampilkan pada Keywordtool.io antara lain:

  • Hasil riset long tail Keyword yang relevan 
  • Trend atau statistik pencarian kata kunci
  • Search volume pencarian kata kunci
  • CPC (Cost Per Click) atau estimasi biaya iklan di Google Ads
  • Skor kompetisi atau tingkat kesulitan menang di peringkat teratas   

Berbagai informasi utama seperti tingkat kesulitan dan volume tersebut tentu dapat membantu Anda dalam membuat konten yang baik dan cocok dengan kata kunci yang dibidik. Dengan Keywordtool.io ini, Anda akan mendapatkan hingga 750+ long tail keyword untuk setiap kata kunci dengan informasi singkat yang Anda ketikkan. 

Jika Anda ingin  menggunakan fitur unggulan lainnya seperti data CPC, search volume, hingga analisis kompetitor terdapat opsi berbayar yang bisa Anda dapatkan mulai dari USD 69 hingga USD 159 untuk setiap bulannya. 

 

8. WordStream

 

Tools riset keyword gratis yang kedelapan yaitu WordStream. Tools yang satu ini sangat cocok untuk Anda gunakan untuk melakukan riset kata kunci terutama untuk kebutuhan Ads atau iklan. Salah satu keunggulan dari tool ini yaitu penggunaannya yang sangat mudah, yang bisa Anda lakukan dengan hanya 3 langkah saja:

  1. Melakukan analisis keyword atau kata kunci tertentu sesuai kebutuhan
  2. Mengunggah atau mengupload daftar keyword ke Google Ads
  3. Pada bagian kolom pencarian utama, Anda dapat mencari kata kunci maupun URL yang sudah dilengkapi dengan filter industri domain maupun lokasi.

Misalnya, ketika Anda memasukkan URL bisnis Anda, maka akan muncul hasil riset yang spesifik dengan menampilkan hingga 500 kata kunci yang relevan. Nah cara ini dapat Anda gunakan untuk mengetahui keyword apa saja yang digunakan kompetitor. Anda tinggal memasukkan URL bisnis pesaing Anda, kemudian Anda akan mendapatkan hasil kata kunci yang potensial. Sama seperti Google Keyword Planner, tool ini juga dapat menampilkan informasi mengenai paid search, volume pencarian, level kompetisi keyword, hingga estimasi CPC. 

 

9. SEMrush Keyword Tools

 

Tools riset keyword gratis yang kesembilan yaitu SEMrush Keyword Tools.  Tools yang satu ini termasuk pemain lama dalam dunia tools SEO, selain itu juga memiliki beberapa fitur yang dapat menunjang riset kata kunci Anda. Salah satu fitur utama SEMrush yaitu Keyword Magic Tool. Adapun cara penggunaanya Anda cukup mengetikkan keyword yang diinginkan serta setting filter lokasi sesuai keinginan. Kemudian data hasil riset akan ditampilkan dalam bentuk tabel yang berisikan beberapa data sebagai berikut: 

  • Trend kata kunci
  • Volume pencarian
  • Estimasi CPC dalam USD
  • Keyword difficulty
  • Fitur SERP, seperti knowledge, site links, snippet, reviews, video carousel, dan lainnya
  • Perkiraan kompetisi PPC
  • Jumlah URL dengan keyword tersebut

Jika Anda ingin memfilter keyword yang lebih spesifik, Anda bisa menggunakan kata kunci lanjutan atau advance filters, yang meliputi kompetisi, fitur SERP, word count, hingga hasil SERP. Dengan begitu Anda akan dapat melihat konten kompetitor dengan menggunakan kata kunci yang sama sehingga Anda dapat membuat konten yang jauh lebih baik dari kompetitor Anda. Pada dasarnya Anda cukup terbantu dalam melakukan riset dengan SEMrush gratis, namun jika anda kurang puas dan menginginkan yang lebih. Anda juga dapat berlangganan paket SEMrush berbayar dengan mengeluarkan biaya mulai dari USD 119.95 hingga USD 449.95 per bulannya   

 

10. Wordtracker

 

Tools riset keyword gratis yang kesepuluh yaitu Wordtracker. Mungkin masih banyak yang asing dengan tools satu ini, namun bagi beberapa orang khususnya para marketer tools ini menjadi salah satu tools riset kata kunci yang sering digunakan. Berbeda dengan tools lainnya, Wordtracker ini adalah ekstensi yang dimiliki oleh Chrome, sehingga memiliki fitur yang berbeda pula. Untuk dapat menggunakannya Anda perlu menginstal tools ini pada ekstensi Chrome Anda. Beberapa fitur utama yang dapat Anda manfaatkan dari tools ini Anda lain:

  • Kemampuannya dalam menganalisis apa yang dilakukan oleh para pesaing Anda
  • Dapat mengakses ke metrik kinerja kata kunci tingkat tinggi 
  • Sangat mudah digunakan dan dimengerti

Tools yang satu ini tidak hanya sebagai alat untuk melakukan riset kata kunci yang tepat, namun juga dapat Anda gunakan untuk menganalisis pesaing dengan cara mengalahkannya melalui kata kunci yang akan Anda bidik. Sehingga Anda dapat mencapai posisi yang sama atau malah lebih baik dari pesaing Anda di mesin pencarian.

  

Jika Anda mengalami masalah atau kesulitan dalam menggunakan tools keyword website atau Anda berencana untuk membuat website profesional untuk bisnis, segera hubungi ahlinya sekarang juga, yaitu Sosiakita. Sosiakita merupakan jasa digital marketing Surabaya yang memiliki kredibilitas tinggi sehingga mampu membantu Anda dalam merencanakan website bisnis dengan desain terbaik dan profesional, serta konten-konten yang telah dioptimasi dengan keyword yang relevan dan tepat sesuai bisnis Anda. Jadi tunggu apalagi? Dapatkan informasi lebih lengkap dengan mengisi formulir disini atau langsung menghubungi pihak kami disini! Anda juga dapat mengunjungi instagram kami disini untuk mendapatkan update terbaru mengenai informasi menarik seputar dunia digital marketing dan website. Pastikan Anda tidak salah menemukan webmaster agar situs website Anda tidak mengalami masalah atau kendala apapun ya

Share