Judul artikel SEO merupakan salah satu elemen yang wajib diperhatikan dalam sebuah artikel SEO (Search Engine Optimizing), hal ini agar artikel menjadi SEO friendly dan berkualitas. Pada dasarnya judul menjadi salah satu faktor yang menentukan posisi artikel di search engine. Tidak hanya itu, judul juga dapat memberikan pengaruh yang cukup besar terhadap persentase keberhasilan suatu website yang dibangun. Sehingga sangat penting untuk Anda memahami bagaimana tips penulisan judul yang tepat dalam sebuah artikel SEO. Disamping itu,  Anda juga harus mampu membuat judul artikel yang dapat menarik audiens di internet untuk membaca bahkan membagikannya. Karena judul artikel menjadi hal pertama yang dilihat pengguna internet. Adapun tips atau cara membuat judul artikel SEO yang tepat dan efektif bisa Anda simak penjelasannya sebagai berikut ini.  

1. Memperhatikan Meta Title

strategi instagram marketing

Tips membuat judul artikel SEO yang pertama yaitu terletak pada meta title. Meta title adalah judul yang menjelaskan halaman website Anda, sedangkan meta description merupakan deskripsi yang lebih panjang, yang berada di bawah judul.  Meskipun meta title dan meta description tidak dapat terlihat secara langsung pada halaman website, namun ada dibalik layar atau html dengan mengklik CTRL + U. Meta title dan meta description memiliki fungsi untuk membantu search engine memetakkan artikel yang telah dibuat. Pastikan jika Judul artikel yang Anda buat menggunakan meta title yang sesuai dengan isi artikel. Sehingga antara judul, meta title, dan isi artikel sinkron.  

2. Membuat Judul yang Singkat

Inilah 5 Tips Membuat Judul Artikel SEO yang Efektif

Tips atau cara membuat judul artikel SEO yang kedua yaitu membuat judul yang singkat. Bisa dikatakan bahwa membuat judul artikel untuk website atau blog memang susah-susah gampang, karena ada beberapa aturan yang perlu diperhatikan. Pada dasarnya judul artikel yang terlalu panjang akan membingungkan audiens atau pembaca. Karena judul artikel yang baik yaitu yang dapat menarik audiens untuk membaca dan penasaran dengan isi dari artikel tersebut. Judul artikel yang lebih singkat menunjukkan suatu ketegasan akan apa yang ingin disampaikan penulis kepada pembaca melalui sebuah artikel. Meskipun singkat judul artikel harus sesuai dengan isi artikel. Agar artikel bisa mendapatkan peringkat yang bagus di search engine. Perlu Anda garis bawahi bahwa membuat judul artikel SEO yang bagus dan efektif yaitu memiliki panjang judul di bawah 70 karakter.

3. Menambahkan Keyword atau Kata Kunci

Inilah 5 Tips Membuat Judul Artikel SEO yang Efektif

Tips membuat judul artikel SEO yang ketiga yaitu menambahkan keyword atau kata kunci. Sebelum Anda membuat judul dan artikel yang SEO friendly pastikan juga untuk melakukan research kata kunci yang tepat. Riset kata kunci dilakukan untuk mencari keyword atau kata yang akan dibidik untuk artikel. Sehingga saat Anda mengetikkan kata kunci tersebut di mesin pencarian artikel Anda akan muncul.   Untuk itulah penambahan katak kunci pada bagian-bagian artikel termasuk judul sangatlah penting. Karena dapat membantu artikel muncul di search engine dan membuat website Anda memiliki peringkat yang bagus. Meletakkan kata kunci yang Anda bidik pada suku pertama Judul artikel SEO akan lebih efektif terbaca oleh mesin pencarian.  

4. Menambahkan Kata Promosi yang Memiliki Nilai Jual

Inilah 5 Tips Membuat Judul Artikel SEO yang Efektif

Tips membuat judul artikel SEO selanjutnya yaitu menambahkan kata promosi yang memiliki nilai jual. Pada dasarnya judul artikel yang menggunakan kata-kata yang dapat memancing rasa penasaran pembaca untuk mengunjungi halaman website atau blog Anda. Sedangkan kata promosi yang memiliki nilai jual dapat meningkatkan jumlah pengunjung pada situs maupun blog Anda. Sehingga hal tersebut akan meningkatkan nilai SEO pada judul tersebut. Jika artikel yang memiliki nilai SEO baik maka akan lebih mudah menempati posisi baik juga di mesin pencarian. Tidak hanya itu, situs atau blog Anda akan memiliki pengunjung yang lebih banyak. 

5. Membentuk Kalimat yang Logis

Inilah 5 Tips Membuat Judul Artikel SEO yang Efektif

Tips membuat judul artiKEL SEO yang terakhir yaitu judul harus membentuk kalimat yang logis dan mudah dipahami oleh pembaca. Meskipun Anda harus meng optimasi kata kunci yang ditargetkan pada judul maupun isi artikel. Namun, Anda juga harus memperhatikan apakah gabungan dari kata yang Anda buat cukup logis untuk dipahami atau dibaca oleh pengunjung? Jika Anda terlalu mengikuti kata kunci pada setiap bagian artikel hal tersebut bisa membuat artikel Anda menjadi kaku bahkan terlihat aneh untuk dibaca. Karena search engine terlebih google bisa saja mendeteksi artikel Anda sebagai spam karena tidak ditulis untuk manusia. Agar hal tersebut tidak terjadi, maka sebaiknya Anda memperhatikan apakah Judul dan isi artikel Anda sudah cukup baik untuk dibaca manusia.    

 

Itulah beberapa tips membuat judul artikel SEO yang bisa Anda terapkan sebelum membuatnya. Pastikan untuk membaca keseluruhan isi artikel diatas agar tidak ada bagian yang tertinggal. Anda juga bisa membuat judul artikel SEO yang bagus dan efektif. Untuk Anda yang tidak ingin membuat artikel SEO friendly yang berkualitas atau ingin memaintenance website, blog atau situs anda menjadi profesional, Sosiakita solusinya. Sosiakita akan membantu situs Anda mencapai posisi baik di mesin pencarian. Untuk informasi selengkapnya silahkan klik disini atau langsung hubungi kami sekarang juga!

DAPATKAN PENAWARAN MENARIK
DARI SOSIAKITA

ISI FORM