fbpx

Kabar gembira untuk Anda para pengguna TikTok, karena TikTok akhirnya telah resmi memperluas kehadiran fitur aplikasi baru mereka yaitu TikTok Now ke berbagai wilayah global termasuk Indonesia. Sebelumnya fitur TikTok Now ini penggunaanya terbatas hanya untuk user TikTok di Amerika Serikat saja.

Kehadiran TikTok Now mungkin masih menjadi perbincangan bagi banyak orang khususnya para pengguna platform TikTok di Indonesia. Pasalnya fitur aplikasi TikTok Now yang baru dirilis di Indonesia ini tidak dibuat sebagai fitur dalam satu aplikasi, akan tetapi dirilis dalam bentuk platform terpisah. Sehingga Anda harus mendownload aplikasinya sendiri di Google play store atau Apple App store. Selain itu, masih banyak juga yang asing dengan kegunaan atau manfaat serta perbedaan dari aplikasi TikTok Now ini dengan aplikasi TikTok biasanya. Nah jika Anda masih bertanya-tanya mengenai apa sebenarnya TikTok Now itu dan apa perbedaanya dengan aplikasi TikTok biasa, silahkan Anda simak penjelasan lengkap yang telah Sosiakita rangkum berikut ini!

 

Mengenal Apa Itu TikTok Now

TikTok Now Baru Dirilis, Apa Bedanya dengan Versi Biasa?

TikTok Now adalah fitur terbaru dari aplikasi TikTok yang dapat digunakan untuk membagikan momen paling otentik melalui foto atau video setiap harinya agar bisa terhubung dengan orang-orang yang paling berarti atau sesama komunitas di TikTok. Jika pasar global, Tiktok Now dirilis sebagai fitur dalam satu aplikasi, akan tetapi di Indonesia TikTok Now dirilis dalam bentuk platform terpisah sehingga Anda harus mendownload aplikasinya sendiri. Lantas apa saja yang bisa Anda lakukan dengan atau di aplikasi TikTok Now?

Seperti halnya aplikasi TikTok utama, TikTok Now pada dasarnya dirancang untuk menghibur dan menghubungkan antara sesama komunitas di TikTok. Melalui fitur baru TikTok Now ini, Anda akan ditawari sebuah pengalaman baru yang memungkinkan Anda untuk berbagi foto dan video setiap harinya  

TikTok Now merupakan produk keluaran terbaru untuk menghibur dan menghubungkan antara sesama komunitas di TikTok. Melalui aplikasi ini pengguna akan ditawari sebuah pengalaman yang memungkinkan mereka untuk berbagi foto dan video setiap harinya. Uniknya, fitur ini yaitu akan menghadirkan sisi autentik dari setiap momen yang pengguna bagikan kepada orang-orang terdekatnya atau sesama komunitas. Adapun cara kerja dari fitur aplikasi TikTok Now ini yaitu user dapat membagikan video atau foto yang berdurasi 10 detik. 

 

Apa Perbedaan TikTok Now dengan TikTok biasa?

Adapun hal-hal yang membedakan dari TikTok Now dan aplikasi TikTok biasa dalam segi manfaat, kelebihan, dan kegunaan diantaranya sebagai berikut:

  • Hadirnya fitur kamera depan untuk mengambil foto. Jadi user atau pengguna akan disediakan waktu hingga tiga menit untuk mengambil video yang memiliki durasi 10 detik atau foto di kamera belakang. Setelah itu, Aplikasi TikTok Now akan beralih ke kamera depan untuk mengambil foto dari angle yang berbeda. 
  • Perbedaan lainnya yaitu, konten yang akan dibagikan di TikTok Now hanya bisa diambil sekali setiap harinya. Meskipun demikian Anda tidak perlu khawatir, karena user atau pengguna tetap bisa menghapus konten yang telah diunggah dan membuat postingan ulang satu konten lagi.
  • Selain itu, fitur aplikasi TikTok Now juga akan memberikan sebuah notifikasi pengingat berupa pop up dengan emoticon petir apabila Anda atau user lain belum membuat sebuah konten di hari tersebut. Sehingga aplikasi ini sangat cocok digunakan khususnya untuk para konten kreator yang setiap hari setidaknya harus mengunggah satu konten. 
  • Jika Anda lihat pada halaman profil, TikTok Now akan menampilkan sebuah tabel yang berbentuk kalender, dimana setiap tanggalnya akan menampilkan satu konten yang sudah dibuat di hari itu juga.
  • Tidak sampai disitu saja, TikTok Now juga memiliki keunggulan lain yaitu fitur pengaturan yang bisa menyetel agar konten Anda bisa dilihat oleh publik atau terbatas hanya dilihat oleh followers saja. 
  • Selain pengguna dapat menambah teman dengan menghubungkan kontaknya bila mereka mau  TikTok Now juga dirancang dengan sangat memperhatikan keamanan serta privasi penggunanya. Karena konten kreator diberikan kebebasan dalam memegang kendali untuk memutuskan siapa saja yang bisa melihat atau yang terlibat dalam konten mereka.

Pada fitur aplikasi TikTok Now ini, pengguna juga bisa memblokir orang lain dan memilih komentar mana yang akan dimunculkan pada konten mereka. Selain itu, TikTok juga akan meninjau apabila ada laporan mengenai perilaku pengguna lain yang melanggar Panduan Komunitas TikTok.

 

Baca Juga: Google Ketar-Ketir! Gen Z Lebih Pilih TikTok dan Instagram Untuk Cari Info

 

Peraturan yang berlaku di TikTok Now

Pada fitur aplikasi TikTok Now juga terdapat aturan yang berlaku dan harus dipatuhi oleh para pengguna, diantaranya sebagai berikut:

  • Dimana seseorang yang berusia di bawah 16 tahun membuat akun untuk menggunakan aplikasi TikTok Now, maka akan sama seperti TikTok, yaitu akun mereka akan diatur menjadi akun private secara default. 
  • Sedangkan untuk pengguna yang berusia dibawah 18 tahun tidak akan bisa  membagikan konten mereka di laman Explore.
  • Adapun pengguna yang berusia diantara 13 dan 15 tahun akan memiliki opsi komentar “hanya untuk teman” yang tujuannya untuk membantu melindungi pengguna dari interaksi yang tidak diinginkan.
  • Untuk pengguna dengan usia 18 tahun keatas, dapat memiliki setelan atau pengaturan berbagi tambahan, yaitu selain dapat berbagi sesama teman, mereka juga dapat memilih untuk membagikan postingan mereka dengan komunitas TikTok Now yang lebih luas berdasarkan pengaturan privasi yang telah mereka pilih.

 

Itulah beberapa penjelasan mengenai apa itu TikTok Now dan apa bedanya dengan aplikasi TiKtok biasa. Semoga penjelasan diatas bisa bermanfaat dan membantu dalam menambah wawasan Anda. Jika Anda ingin mendapatkan informasi terupdate mengenai dunia bisnis, teknologi, dan digital, silahkan kunjungi website Sosiakita

Sosiakita merupakan salah satu jasa digital marketing Surabaya yang mempunyai berbagi layanan, mulai dari pembuatan website, pengembangan web, digital marketing, hingga pembuatan konten-konten menarik untuk website dan sosial media Anda. Dengan pengalaman yang kami miliki serta team yang ahli dan profesional, kami akan mampu mengembangkan bisnis dan perusahaan Anda. Berminat untuk bergabung? Segera hubungi kami sekarang untuk mendapatkan fee konsultasi atau kunjungi halam resmi kami di sini  atau temukan kami di LinkedIn, Facebook, dan Instagram untuk mengetahui informasi terupdate kami.     

Share