fbpx

Saat ini, banyak dari pelaku usaha yang kurang tepat dalam menentukan harga (strategi pricing) dari barang dan jasa yang mereka jual. Padahal, strategi yang tepat mampu menyasar target konsumen. Pada umumnya, penetapan harga berdasarkan iklan, biaya produksi, hingga upah jasa. Selain itu, persentase keuntungan juga bisa Anda masukkan dalam penentuan harga. Kami telah merangkum 5 strategi penetapan harga atau strategi pricing yang bisa Anda terapkan untuk bisnis.

 

1. Cermati Pelanggan Potensial

Salah satu strategi penentuan harga yang penting Anda ketahui yaitu mencermati pelanggan potensial. Dalam hal ini, pastikan Anda menganalisis pelanggan yang potensial. Hal ini karena pelanggan potensial akan membuat penjualan produk semakin meningkat.

Semakin banyak pelanggan potensial yang melirik produk Anda, maka Anda bisa meningkatkan harga dari biasanya. Begitu pula sebaliknya. Anda bisa menurunkan harga untuk menggaet pelanggan yang kurang potensial.

Masih berbicara mengenai strategi ini, apabila terpaksa harus menurunkan harga untuk menarik perhatian pelanggan, tentu jangan sampai menghilangkan persentase keuntungan. Ada baiknya tetap mengambil persentase keuntungan meskipun hanya sedikit. Hal ini perlu Anda lakukan untuk mendukung kemajuan bisnis.

 

2. Cek Kompetitor

Terapkan 5 Strategi Pricing Ini Agar Produk Anda Laku Keras

Selain mencermati pelanggan potensial, Anda juga bisa mengecek kompetitor. Dengan jenis produk yang sama, Anda bisa melakukan riset harga jual yang kompetitor tawarkan. Hal ini akan memudahkan Anda dalam menentukan harga produk.

Akan tetapi, Anda perlu mencermati apa yang menjadi sasaran pencapaian untuk produk dan jasa yang Anda miliki. Dengan demikian, Anda bisa menentukan harga sendiri tanpa harus mengikuti harga kompetitor. Namun tidak kalah penting adalah memperhatikan standard harga yang ada di pasar.

 

Baca Juga: Inilah Pentingnya Menentukan Target Market Sesuai Bisnis

 

3. Strategi Psikologis

Strategi pricing lainnya yang bisa Anda terapkan dalam bisnis yaitu strategi psikologis. Sama halnya namanya, strategi penentuan harga ini berkaitan dengan psikologis calon pelanggan. Bahkan strategi ini terbilang ampuh dalam meningkatkan penjualan.

Bagaimana caranya? Mudah saja. Anda hanya perlu menggunakan angka 9 dalam memberi harga produk. Misalnya saja harga Rp 20.000. Akan lebih mudah menarik pelanggan apabila harganya Rp 19.999.

Tak bisa kita pungkiri bahwa sebagian besar konsumen lebih memperhatikan angka di depan daripada nominal di belakangnya. Dengan begitu, pemberian harga ini seakan membuat calon pelanggan lebih hemat. Maka dari itu, tak perlu ragu untuk menerapkan strategi jitu ini.

 

4. Mark Up

Terapkan 5 Strategi Pricing Ini Agar Produk Anda Laku Keras

Sebenarnya untuk menjalankan strategi pricing sangat mudah. Hanya saja masih banyak pengusaha yang belum mengetahui bagaimana caranya untuk menerapkan strategi tersebut pada usaha mereka. Sebenarnya produk yang Anda miliki juga berpeluang besar untuk laris manis apabila menerapkan strategi ini.

Strategi mark up dapat Anda terapkan ketika mengeluarkan produk diskon. Diskon atau potongan harga menjadi strategi yang cukup efektif. Dengan adanya label diskon mampu menggaet konsumen untuk lebih konsumtif.

Selanjutnya strategi mark up bisa juga ketika launching produk. Tahapan ini sangat penting agar produk baru dapat diterima di pasaran. Sehingga dengan perencanaan peluncuran yang matang, maka dapat mencapai target yang diharapkan. Meskipun barang mempunyai kualitas biasa, namun jika dibandingkan barang berkualitas bagus dengan harga yang lebih mahal, tidak akan jauh berbeda. Asalkan Anda dapat set harga yang tidak jauh berbeda dengan barang yang mahal tersebut.

 

Baca Juga: 3 Cara Ampuh Meraih Target Market Gen Z

 

5. High-Low Pricing

Jika Anda tertarik untuk menerapkan strategi ini, maka hanya perlu memberikan harga tinggi saat produk tengah menjadi trend. Meski harganya tinggi, namun akan banyak pelanggan yang memburu produk Anda. Setelah produk sudah tidak hits, maka Anda bisa menurunkan harganya.

Dalam hal ini, Anda bisa melakukan diskon harga maupun cuci gudang. Dengan pertimbangan harga yang lebih murah, tentu juga berpeluang ramai pembeli. Jangan ragu untuk menjadikan strategi ini sebagai andalan dalam berbisnis.

 

Untuk Anda yang terjun ke dunia bisnis dan ingin produknya bisa terjual lebih banyak, maka Anda bisa coba terapkan strategi pricing di atas. Dengan menerapkan strategi ini, maka usaha yang Anda jalankan bisa lancar dan untung. Jangan ragu pula untuk mengimbanginya dengan rajin melakukan promosi secara efektif. 

Jika Anda memiliki usaha, brand, atau bisnis dan berencana untuk memasarkannya melalui media sosial seperti Instagram, Facebook, TikTok, atau lainnya, namun belum memiliki strategi yang tepat dan tidak tahu bagaimana mengelolanya? Jangan khawatir, karena Sosiakita bisa membantu Anda.      

Sudah lebih dari 5 tahun Sosiakita berdiri dan telah dipercaya oleh lebih dari 100 brand di seluruh Indonesia dan luar negeri. Dengan pengalaman yang kami miliki serta team yang ahli dan profesional dibidangnya, membuat kami berupaya dalam mewujudkan visi dan misi usaha Anda. Berminat untuk bergabung? hubungi kami untuk mendapatkan free konsultasi atau kunjungi halaman kami di sini, dan temukan kami di LinkedIn, Facebook, Instagram untuk mengetahui informasi terupdate lainnya. .   

Share