fbpx

Dewasa ini, generasi milenial atau sering juga disebut sebagai Gen Z merupakan pangsa pasar yang sangat potensial. Namun, target  market Gen Z ini mempunyai caranya sendiri. Sehingga kamu dapat mendapatkan hati mereka untuk menjadi pelanggan bisnismu. Upaya yang dapat kamu lakukan yakni dengan menerapkan cara ampuh meraih target market Gen Z.

Sebelum kamu memutuskan untuk menerapkan cara tersebut, ada baiknya untuk mengenali karakteristik Gen Z sebagai calon pelanggan. Pertama, Gen Z ini lebih paham dan sangat bergantung dengan media sosial. Selain itu, gen Z juga memiliki banyak keinginan dan terbiasa mendapatkan apa yang mereka inginkan.

Tak hanya itu saja, Gen Z juga memiliki kecenderungan untuk memilih brand yang unik, menarik, dan sudah terkenal. Karakteristik lainnya, Gen Z juga sangat terpengaruh oleh konten video. Terakhir, Gen Z mempunyai tingkat kesadaran atas lingkungan yang lebih tinggi. Setelah kamu sudah memahami karakteristik Gen Z sebagai calon pelanggan, agar tidak salah strategi bisa simak cara ampuh meraih target market Gen Z berikut ini.

 

1. Bisnismu Harus Lebih Unggul Pengalaman yang Didapat Daripada Produk

3 Cara Ampuh Meraih Target Market Gen Z

 

Cara yang pertama kali dapat kamu gunakan yakni dengan mengunggulkan pengalaman yang didapat daripada produk. Hal ini sesuai dengan sifat kalangan Gen Z yang tidak terlalu suka dengan gaya marketing terlalu frontal. Gen Z lebih menginginkan manfaat produk atau jasa yang kamu tawarkan melalui pengalaman yang mereka dapatkan.

Gen Z tidak ingin mengetahui produk atau jasa bisnismu yang luar biasa. Akan tetapi, Gen Z lebih suka dengan keuntungan yang bisa mereka dapatkan dengan menggunakan produk atau jasamu. Supaya produk atau jasa kamu semakin menarik perhatian Gen Z, pastikan kamu memberikan pengalaman berharga bagi mereka. Gen Z sendiri lebih berpikir secara realistis terhadap suatu produk atau jasa. Dengan kata lain, Gen Z lebih  peduli dengan fungsi dan manfaatnya.

 

2. Prioritaskan atau Utamakan Konten Video

3 Cara Ampuh Meraih Target Market Gen Z

 

Cara ampuh meraih target market Gen Z selanjutnya adalah dengan prioritaskan konten video. Pasalnya, Gen Z sendiri memiliki kecenderungan menyukai konten berbasis video dari pada tulisan seperti artikel. Bagi Gen Z, konten video menampilkan orisinalitas serta kejujuran review terhadap produk atau jasa yang bisnis kamu tawarkan.

Namun, kamu juga perlu memperhatikan konten video yang akan kamu buat. Upayakan, memiliki keunikan tersendiri dan pastinya menarik. Ingat, Gen Z juga tidak menyukai konten video yang terlalu lama.

Rata-rata, mereka akan memperhatikan konten video tersebut dalam kurun waktu 8-12 detik saja. Jika kamu ingin mengambil perhatian mereka, ada baiknya konten video tersebut memiliki durasi waktu kurang dari 8 detik. Tak kalah penting, untuk membuat konten video yang sederhana, agar informasi produk atau jasa yang kamu tawarkan dapat mereka pahami dengan baik.

 

3. Menjadikan Gen Z Sebagai Brand Advocate Bisnismu

3 Cara Ampuh Meraih Target Market Gen Z

 

Lanjut ke cara lainnya yakni dengan menjadikan mereka sebagai brand advocate bisnismu. Apa itu brand advocate? Jadi, brand advocate sendiri merupakan seseorang yang bisa mempromosikan brand milikmu melalui word of mouth. Dengan kata lain, seseorang tersebut mempromosikan brand bisnismu berdasarkan dengan pengalaman mereka kepada orang-orang terdekat.

Selain menerapkan cara ampuh meraih target market Gen Z seperti di atas, komitmen terhadap privasi juga tak kalah penting. Pasalnya, Gen Z sangat memperhatikan jaminan keamanan data, jika informasi data mereka terjaga, maka akan memiliki kepercayaan tinggi terhadap bisnis yang kamu miliki. 

 

Semoga informasi yang telah disampaikan diatas dapat membantu dan bermanfaat untuk Anda. Jika Anda memiliki usaha, brand, atau bisnis dan berencana untuk memasarkannya melalui media sosial seperti Instagram, Facebook, TikTok, atau lainnya, namun belum memiliki strategi yang tepat dan tidak tahu bagaimana mengelolanya?  Jangan khawatir, karena Sosiakita bisa membantu Anda.      

 

Sosiakita merupakan salah satu jasa digital marketing Surabaya yang mempunyai berbagi layanan, mulai dari pembuatan website, pengembangan web, digital marketing, hingga pembuatan konten-konten menarik untuk website dan sosial media Anda. Dengan pengalaman yang kami miliki serta team yang ahli dan profesional, kami akan mampu mengembangkan bisnis dan perusahaan Anda. Berminat untuk bergabung? Segera hubungi kami sekarang untuk mendapatkan fee konsultasi atau kunjungi halaman resmi kami di sini  atau temukan kami di LinkedIn, Facebook, dan Instagram untuk mengetahui informasi terupdate kami.

Share