Taktik promosi digital marketing yang tepat menjadi salah satu alasan penting seorang pengusaha untuk dapat meningkatkan omset penjualannya. Hal ini karena strategi pemasaran digital menjadi aspek terpenting yang harus dimiliki oleh seorang pelaku bisnis, terlebih pada era digital ini. Dengan bekal konsep dari strategi digital marketing yang tepat anda akan mudah dalam mengembang bisnis menjadi lebih besar. Apalagi di era yang serba digital ini, ada banyak cara yang bisa anda jalankan untuk melakukan pemasaran baik secara digital maupun konvensional. Nah, berikut ini 6 Taktik promosi digital marketing untuk tingkatkan omzet yang bisa anda terapkan dalam mengembangkan usaha anda.

 

1. Social Media Marketing

6 Taktik Promosi Digital Marketing Untuk Tingkatkan Omzet

Taktik promosi digital marketing untuk tingkatkan omset  yang pertama yaitu Social media marketing. Saat ini, hampir semua pelaku usaha baik UMKM sampai usaha skala besar mulai beralih menggunakan strategi pemasaran melalui sosial media. Ada banyak keuntungan yang menjadi alasan mengapa social media marketing ini menjadi favorite para pelaku usaha. Alasan utamanya yaitu dari sekian banyak strategi yang ada, social media marketing merupakan yang paling mudah untuk diterapkan. Karena saat ini hampir semua orang memiliki dan aktif menggunakan sosial media, seperti Instagram, Facebook, WhatsApp, LINE, YouTube, Tik-Tok, dan lainnya. Dengan banyaknya pengguna sosial media tersebut, bisa berpotensi menjadi target pasar dari bisnis yang anda jalankan. 

Perlu anda ketahui bahwa sosial media marketing ini biasanya tergantung pada konten marketing yang dibuat. Agar sosial media marketing yang anda jalankan berhasil dan berjalan lancar. Pastikan juga untuk membuat konten marketing yang menarik dan tepat, yaitu  sesuai dengan audiens atau calon konsumen anda.

 

2. Konten Marketing

6 Taktik Promosi Digital Marketing Untuk Tingkatkan Omzet

Taktik promosi digital marketing untuk tingkatkan omzet selanjutnya yang bisa anda terapkan yaitu dengan konten marketing. Di era yang serba digital ini, para pelaku usaha dituntut untuk selalu menemukan ide-ide kreatif untuk terus berinovasi agar dapat memenangkan hati konsumen. Agar bisnis yang anda jalankan tidak tertinggal  dengan bisnis kompetitor, anda perlu beradaptasi dalam dalam membuat konten pemasaran. 

Jika sebelumnya sudah dijelaskan bahwa konten marketing sangat mempengaruhi proses pemasaran melalui sosial media. Maka anda tidak boleh asal dalam membuat konten untuk pemasaran. Konten yang bisa anda buat untuk pemasaran digital biasanya berupa gambar, video, artikel, dan lain sebagainya. Anda bisa membuat konten dengan tema informasi atau edukasi yang menarik calon konsumen anda, tentunya dengan tetap menyelipkan pesan provokatif.  Biasanya konten yang edukatif dan informatif yang dikemas dalam bentuk gambar maupun video dapat lebih menarik audiens. Pastikan juga untuk memilih informasi atau edukasi yang tepat dan sesuai dengan bisnis maupun target pasar anda.  

 

3. Search Engine Optimization 

Sebelum Jadi SEO Specialist, Kenali 3 Jenis SEO Berikut

SEO atau Search Engine Optimization juga menjadi salah satu taktik promosi digital marketing untuk meningkatkan omzet yang perlu anda coba. Strategi marketing yang satu ini membutuhkan biaya yang sangat terjangkau dan dapat meningkatkan penjualan secara efektif. Dengan mengoptimasi SEO pada website anda, kemungkinan untuk website anda muncul di halaman pertama mesin pencarian sangat besar. Sehingga pengunjung website anda akan semakin banyak, dan penjualan dari produk anda juga akan meningkat. Karena pengunjung website anda kemungkinan tertarik untuk membeli produk yang anda tawarkan pada website tersebut. Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai SEO silahkan baca juga

Jika anda ingin mengoptimasi SEO pada website anda secara profesional dan dengan harga yang terjangkau, untuk meningkatkan omset silahkan hubungi kami disini!

 

4. Promosi Digital Marketing dengan Search Engine  Marketing

SEM Search Engine Marketing

Selain SEO, taktik promosi digital marketing untuk meningkatkan omzet lainnya yaitu SEM atau Search Engine Marketing. Pada dasarnya SEO dan SEM memiliki persamaan dalam segi medianya, yaitu mesin pencarian atau search engine seperti halnya Google, Bing, dan sebagainya. Meskipun demikian, SEO dan SEM tetaplah berbeda dalam strategi pemasaran digital. Ketika anda menggunakan strategi SEM maka iklan website yang sedang anda jalankan berada pada posisi paling atas di search engine. Sehingga audiens akan mudah untuk melihat dan meng klik iklan website anda tersebut. Namun dari segi biaya yang digunakan akan lebih tinggi dibandingkan dengan strategi SEO. Apalagi jika kata kunci atau keyword yang anda targetkan cukup susah dan memiliki persaingan yang tinggi.     

 

5. Membangun Image Brand

6 Taktik Promosi Digital Marketing Untuk Tingkatkan Omzet

sosiakita.com

 

Membangunn Image Brand juga menjadi salah satu taktik promosi digital marketing untuk meningkatkan omzet, yang perlu anda terapkan. Mengapa membangun image brand itu sangat penting dalam meningkatkan omset? Nah sebelum menjawab pertanyaan ini pernahkan anda berpikir mengapa kopi di starbuck bisa lebih mahal dari kopi lainnya? Padahal dari segi rasa hampir sama dengan kopi pada kelasnya. Nah ternyata semua karena branding. 

Orang-orang akan memilih produk yang memiliki image brand baik, seperti halnya starbuck yang terkenal dengan kopi  mewah, mahal, dan berkelas. Jika ada orang yang minum kopi tersebut, maka strata sosialnya bisa dibilang naik. Selain itu pengaruh dari influencer, artis, idola, dan sebagainya juga bisa menjadi alasan lainnya. Untuk itulah anda juga perlu meniru strategi marketing yang dilakukan oleh starbuck ini. Anda bisa memulai dengan memberikan endorse pada beberapa public figure yang menurut anda memiliki pengaruh  signifikan di lingkungan sekitar target pasar anda. Jika image brand anda sudah naik dan memiliki reputasi yang baik di mata masyarakat. Maka tidak akan sulit untuk anda meningkatkan omzet penjualan.  

 

6.  Promosi Digital Marketing dengan Affiliate Marketing

6 Taktik Promosi Digital Marketing Untuk Tingkatkan Omzet

Taktik promosi digital marketing untuk meningkatkan omzet yang bisa anda lakukan selanjutnya yaitu dengan affiliate marketing. Sesuai dengan namanya, strategi ini merujuk pada kerjasama dari kedua belah pihak yang saling menguntungkan. Oleh karena itulah strategi ini dianggap paling menguntungkan karena bisa menjalin kerja sama dengan berbagai pihak yang dapat saling menguntungkan. Dalam proses pemasarannya, anda bisa bekerja sama dengan para blogger untuk memasang iklan bisnis anda pada blog mereka. Anda bisa memasang iklan berupa banner ataupun artikel review. Apabila blog yang anda pilih memiliki traffic pengunjung yang tinggi, maka akan semakin banyak audiens yang melihat iklan anda. Selain dengan blogger, affiliate marketing ini juga bisa anda lakukan dengan para vlogger, influencer sosial media, atau pelaku usaha lainnya. Dengan affiliate marketing ini anda dapat meningkatkan brand awareness sekaligus meningkatkan omzet penjualan dan networking dengan pengusaha lainnya.    

 

Nah, itulah 6 taktik promosi digital marketing untuk meningkatkan omzet yang yang efektif untuk anda terapkan pada bisnis anda. Selain beberapa taktik promosi diatas, pada dasarnya masih banyak strategi pemasaran lainnya dapat anda terapkan untuk menarik lebih banyak konsumen. Namun, strategi digital marketing diatas sudah cukup untuk anda lakukan agar omset penjualan anda naik. Setelah membaca penjelasan diatas apakah anda sudah memiliki gambaran mengenai pemasaran digital yang akan anda lakukan kedepannya? Agar anda terus mendapatkan informasi penting dan menarik mengenai digital marketing, silahkan kunjungi website Sosiakita. Jika anda ingin melakukan digital marketing atau membuat website untuk bisnis anda secara profesional dengan budget yang terjangkau, cek informasi lengkapnya disini!

DAPATKAN PENAWARAN MENARIK
DARI SOSIAKITA

ISI FORM