fbpx

Apakah Anda pernah mendengar istilah maskot dan brand ambassador? Dalam ilmu marketing dan dunia branding, mungkin istilah maskot dan brand ambassador merupakan hal yang sudah tidak asing lagi. Kehadiran kedua strategi marketing tersebut memang sangat berpengaruh pada penjualan dan kelancaran brand atau perusahaan. Bahkan baik maskot maupun brand ambassador dipercaya mampu  meningkatkan brand awareness produk sekaligus mempromosikan produk ke jangkauan audiens yang lebih luas.

Itulah mengapa banyak bisnis profesional yang  memiliki brand ambassador atau maskot sebagai wajah atau ikon brand mereka. Meskipun sama-sama memiliki tugas untuk mempromosikan produk, namun keduanya memiliki arti dan fungsi yang sangat berbeda. Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai pengertian, fungsi, dan manfaat serta manakah yang lebih baik, Anda bisa simak baik-baik penjelasan di bawah ini.

 

Pengertian Maskot

Pada dasarnya Maskot adalah personifikasi brand dalam wujud desain karakter tertentu yang memiliki sifat dan ciri khas yang merepresentasikan sebuah brand, perusahaan, instansi, dan bisnis. Selain sebagai perwakilan perusahaan dalam menyampaikan visi dan misi brand kepada target audiens, Maskot juga digunakan sebagai alat komunikasi yang dapat menjadi jembatan antara brand dengan target konsumen, sekaligus sebagai diferensiasi brand. Oleh sebab itu, desain serta ornamen maskot biasanya dibuat seunik mungkin dan harus mencerminkan kepribadian dari brand atau perusahaan yang diwakilinya. Contohnya saja yang paling terkenal adalah karakter yang sukses merepresentasikan perusahaan ritel Alfamart. Sehingga bisa dibilang bahwa brand ambassador perusahaan Alfamart  adalah Maskot Albi. 

Jadi, sebuah maskot memang sengaja diciptakan untuk dapat mewakili brand dan berkaitan erat dengan branding role. Lantas mengapa brand atau perusahaan tertentu memilih menggunakan maskot? Berikut ini merupakan penjelasan mengenai  peranan dan manfaat Maskot pada sebuah perusahaan atau brand.  

 

Manfaat Maskot Untuk Branding

1. Maskot Menjadi Komunikasi yang Efektif 

Maskot tidak hanya mencerminkan kepribadian brand yang diwakilinya tetapi juga memberikan sentuhan kreatif dan emosional bagi orang-orang yang melihatnya. Sehingga maskot mampu menumbuhkan ikatan dengan pelanggan. Selain itu maskot juga friendly sera cocok untuk berbagai aplikasi promosi! Seperti material campaign, merchandise, hiburan, hingga video tutorial yang dapat menarik minat penasaran banyak orang.

2.  Maskot Mudah Diingat Orang Karena Unik 

Maskot biasanya akan memiliki tampilan atau ciri khas yang dari waktu ke waktu seperti halnya warna karakter. Sehingga akan sangat mudah diingat oleh para audiens atau pelanggan. Karena kita bisa lebih bebas memilih penampilan maskot brand seperti apa. Tidak seperti manusia yang penampilannya selalu berubah-ubah.

3. Maskot Tidak Akan Mati

Pada dasarnya Maskot akan tetap hidup dna memiliki penampilan yang masih tetap sama seperti pertama kali dia diciptakan. Tidak seperti ketika menggunakan seorang manusia sebagai ambasador atau representatif bisnis, karena selayaknya manusia biasa yang bisa meninggal sewaktu-waktu.

4. Maskot Tidak Pernah Salah

Keuntungan menggunakan maskot dibanding memakai selebriti sebagai brand ambassador yaitu maskot tidak akan pernah melakukan kesalahan. Sementara selebriti atau manusia kadangkala tersandung masalah-masalah yang akan merusak image perusahaan atau brand.

5. Maskot tidak Mengeluarkan biaya yang Besar 

Dengan menggunakan maskot sebagai brand ambassador pada dasarnya tidak mengeluarkan bisa yang cukup besar. Terlebih Anda tidak perlu mengeluarkan banyak uang untuk memperpanjang kontrak. Sementara untuk menjadikan selebriti sebagai brand ambassador diperlukan biaya yang cukup besar besar, terlebih untuk memperpanjang kontrak kerja. 

 

Pengertian Brand Ambassador

Pada dasarnya brand ambassador merupakan orang-orang yang diajak bekerjasama oleh suatu organisasi atau perusahaan untuk menjadi ‘wajah’ atau mewakili suatu merek secara positif dan dalam waktu yang terbatas, sehingga membantu meningkatkan kesadaran dan penjualan merek. Brand ambassador ini memiliki tujuan untuk mewujudkan identitas perusahaan dalam bentuk perilaku, penampilan, nilai-nilai dan etika. 

Umumnya brand ambassador berasal dari kalangan artis atau public figure terkenal yang bisa memberikan dampak pada masyarakat, namun bisa juga seorang co-founder, maskot, atau seseorang yang telah diakui kemampuannya sebagai seorang profesional di suatu bidang dan memiliki kepribadian yang sesuai dengan citra brand. Contohnya seperti aktris sekaligus penyanyi terkenal Indonesia Maudy Ayunda yang didapuk sebagai brand ambassador perusahaan edukasi teknologi global Quipper, karena citra Maudy yang dikenal sebagai anak muda yang tidak hanya berkepribadian menawan namun juga pintar, memiliki segudang prestasi dan sering memberikan edukasi tentang pendidikan. 

Tidak hanya itu, contoh lainnya yaitu Jennie BLACKPINK yang ditunjuk sebagai duta merek global perusahaan pakaian luxury CHANEL dan perusahaan kecantikan HERA. Citra Jennie sebagai fashionista dengan aura mewah serta pemimpin tren kecantikan anak muda di korea selatan membuatnya mampu merepresentasikan dan cocok menjadi wajah dari kedua brand tersebut.   

 

Manfaat Brand Ambassador Untuk Branding Perusahaan

Berikut adalah beberapa manfaat dari brand ambassador saat bekerja sama dengan brand atau perusahaan Anda.

1.  Memperluas Pasar

Kelebihan dari brand ambassador yang paling terlihat yaitu mereka bisa menarik lebih banyak massa sehingga promosi bisa dilakukan secara lebih luas meskipun dalam waktu yang singkat. Misalnya saja saat perusahaan pakaian Paris ingin mengambil pasar Asia, perusahaan tersebut biasanya menggunakan artis besar yang terkenal di Asia seperti Jennie Blackpink atau Boyband Korea Selatan Bangtan Sonyeondan (BTS). Karena menurut penelitian pasar Asia telah dikuasai oleh K-Pop dan banyak diantara mereka merupakan penggemar artis Kpop. 

2. Mengubah Persepsi Terhadap Brand 

Seorang brand ambassador juga dapat mengubah persepsi merek. Dengan menggunakan duta merek yang efektif dan positif, citra dan persepsi suatu merek dapat didukung. Seperti halnya produk kecantikan Korea selatan HERA yang dulu terkenal sebagai produk make up wanita dewasa, sehingga kurang diminati oleh anak-anak muda. Namun semenjak Jennie Blackpink menjadi brand ambassador nya, produk kecantikan tersebut semakin mendapatkan citra positif di kalangan perempuan-perempuan muda di Asia, karena dianggap mewakili kecantikan Jennie yang trendy dan fresh sebagai wanita muda.   

3. Menarik Pelanggan Baru

Seorang brand ambassador juga sangat penting untuk menarik konsumen baru.  Terlebih jika brand ambassador yang Anda gunakan merupakan artis yang memiliki massa besar atau pengaruh yang luas. Karena fans atau massa yang dimiliki artis tersebut akan selalu mengikuti berita atau update an terbaru tentang aktivitas artis tersebut, sehingga ketika artis tersebut memasarkan suatu produk atau brand para fans juga akan tertarik untuk menggunakan produk tersebut.

4. Freshening up an existing campaign

Seringkali konsumen memang kurang memperhatikan atau melupakan slogan suatu brand atau perusahaan. Dengan adanya brand ambassador membuat konsumen menjadi lebih mudah mengingat kampanye perusahaan.

5. Memberikan word of mouth marketing yang positif

Bukan sebua rahasia lagi bahwa word of mouth (WOM) marketing jauh lebih bermanfaat bagi brand perusahaan daripada iklan pada media online sekalipun. Karena WOM positif lebih bisa dipercaya daripada WOM negatif. Citra positif brand ambassador juga bisa memberikan word of mouth yang positif terhadap brand. Karena audiens cenderung memberi kredibilitas tinggi kepada brand ambassador tersebut. 

 

Itulah pengertian serta manfaat dari brand maskot dan brand ambassador yang bisa Anda ketahui. Lantas mana yang lebih baik dari keduanya? Dari kedua brand marketing tersebut semuanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Jika Anda ingin menjangkau pasar secara lebih luas dalam waktu yang singkat brand ambassador adalah pilihan yang terbaik. Namun jika Anda menginginkan diferensiasi dan ingin duta merek yang bisa ditampilkan sesuai visi misi perusahaan dalam jangka waktu yang tidak terbatas, Maskot merupakan pilihan terbaik. Anda bisa memilih sesuai dengan tujuan dan kemampuan dari brand atau perusahaan Anda.

       

Bagi Anda para pelaku bisnis atau digital marketer yang ingin mendapatkan info-info dan tips terupdate seputar dunia digital marketing, bisnis, media sosial dan lainnya silahkan kunjungi Sosiakita sekaran juga!  

Sosiakita telah dipercaya lebih dari 5 tahun oleh 100+ brand di berbagai kota di Indonesia dalam melayani kebutuhan ads management, social media marketing, personalized website dan lainnya. Dengan kolaborasi dari team spesialis strategi, digital, IT, dan desain yang ahli dan profesional dibidangnya, kami menghadirkan layanan dan solusi strategi terbaik dengan terus melakukan riset dan inovasi terhadap perkembangan teknologi untuk membantu mewujudkan visi dan misi usaha Anda. Tunggu apalagi, segera hubungi kami sekarang untuk fee konsultasi atau kunjungi halam kami di sini, dan temukan kami di LinkedIn, Facebook, Instagram untuk mengetahui informasi terupdate lainnya.   

Share