fbpx

Personal branding penting untuk dibangun oleh setiap orang atau bisnis yang mereka jalani. Pada dasarnya saat ini setiap orang telah menjalankannya. Namun tidak semuanya melakukannya dengan baik atau efektif. Personal branding merupakan sesuatu yang bisa direncanakan dan dikendalikan. Sedangkan setiap orang pasti memiliki penilaian sendiri mengenai bisnis anda maupun diri anda. Oleh karena itu pemasaran diri sangat berkaitan erat dengan reputasi sebuah perusahaan maupun seseorang.

 

Dalam usaha membangun personal branding harus dilakukan dalam keadaan sadar dan memiliki konsep yang jelas. Bisa ditarik kesimpulan bahwa personal branding adalah kualitas yang anda proyeksikan untuk dilihat atau dipahami oleh orang lain mengenai bisnis dan diri anda. Jika orang tidak memiliki persepsi apapun tentang bisnis dan diri anda  mereka juga akan sulit menerima apalagi mempercayai anda. Sehingga tidak dapat menjalin hubungan bisnis dengan anda.  

 

Oleh mengapa hal ini sangat diperlukan bagi setiap orang maupun setiap bisnis. Llau bagaimana cara membangung personal branding yang kuat? Anda bisa menyimak ulasan tentang Membangun Personal Branding yang Kuat dengan 4 Tips berikut ini.

 

1. Memiliki Tujuan Personal Branding yang Jelas

Membangun Personal Branding yang Kuat

sosiakita.com

 

Sebelum anda melangkah jauh untuk membangun personal branding, anda harus menentukan tujuan. Untuk itu anda bisa menjawab pertanyaan berikut ini,  “Apa tujuan anda ingin dikenal oleh orang?” 

 

Dalam menentukan tujuan pemasaran diri harus spesifik, ambisius dan bersifat jangka panjang. Misalnya, ingin dikenal sebagai seseorang yang ahli di bidang pemrograman. Atau merek “X” memiliki tujuan untuk menjadi merek pakaian nomor 1 di Indonesia yang terkenal dengan kualitas bahan terbaik. Nah contoh-contoh di atas  memiliki tujuan yang jelas dan spesifik.   

Baca Juga: 5 Cara Membangun Brand Awareness Melalui Social Media

 

2. Riset Personal Branding

Membangun Personal Branding yang Kuat

sosiakita.com

 

Hal selanjutnya yang bisa anda lakukan untuk membangun personal branding yang kuat yaitu dengan melakukan riset. Anda harus bisa menjawab pertanyaan berikut ini, “Bagaimana anda ingin dilihat atau dikenal oleh orang lain?” Apakah anda ingin dikenal sebagai orang yang  tekun dalam bekerja atau ambisius? 

 

Untuk itu anda perlu melakukan riset mengenai hal tersebut. Anda harus paham dengan unique selling point atau hal yang bisa membedakan antara diri anda dengan orang lain. Dalam hal ini penting sekali untuk menemukan atau mendapatkan sesuatu yang benar-benar anda kuasai, tetapi orang lain tidak atau belum menguasainya. Karena hal ini bisa menjadi super power untuk diri anda terlihat unggul dari yang lain.

 

3. Membuat Konten yang Bernilai dan Berkualitas

Membangun Personal Branding yang Kuat

sosiakita.com

 

Untuk membangun personal branding yang kuat, anda harus melangkah lebih jauh dengan membuat konten yang otentik dan bernilai. Anda dapat mengkomunikasikan dan memasarkan semua nilai dari personal brand yang anda miliki melalui konten yang berbentuk video, presentasi, foto, tulisan, animasi, atau lainnya. Sehingga orang yang melihatnya akan tertarik dan menerima pesan yang anda sampaikan kepada mereka. 

 

Perlu anda ketahui bahwa konten marketing merupakan suatu hal yang sangat penting untuk brand manapun. Media seperti sosial media instagram, youtube, facebook, tiktok,  twitter, blog dan sebagianya bisa anda manfaatkan. Disamping itu, anda juga harus memiliki strategi yang tepat untuk membuat konten.

 

Oleh karena itu anda memerlukan content marketing creator untuk membantu membuat konten marketing bisnis anda berkualitas. Menggunakan bantuan digital agensi yang sudah berpengalaman dan profesional akan sangat membantu dalam membangun pemasaran diri yang kuat, seperti halnya Sosiakita. Sosiakita akan membantu marketing social media bisnis anda, membuat planning project untuk setiap konten untuk perusahaan anda. Untuk informasi lebih lanjut klik disini!  

 

4. Konsisten

Membangun Personal Branding yang Kuat

sosiakita.com

 

Meskipun hal ini lumayan sulit, namun bukan berarti mustahil dilakukan. Untuk membangun personal branding yang kuat “konsisten” sangat diperlukan. Konsistensi menjadi hal yang utama dalam membangun personal brand. Jika Anda selalu konsisten, maka bisa dipastikan anda adalah orang yang pantang menyerah dan bisa dengan mudah mencapai kesuksesan.

 

Dari beberapa tips yang sudah dijelaskan diatas, apakah anda sudah melakukan semuanya? Semoga ulasan ini bermanfaat dan bisa membantu anda dalam membangun personal  branding yang kuat untuk bisnis maupun diri anda.

Share