fbpx

Salah satu langkah pertama sebelum meluncurkan kampanye pemasaran adalah dengan menetapkan tujuan. Hal ini bertujuan untuk mengukur apakah Anda akhirnya mencapai tujuan kampanye atau tidak, oleh karena itu Anda memerlukan bantuan yaitu tools analitik TikTok atau Instagram. Alat-alat ini dapat mengumpulkan semua data yang Anda butuhkan tidak hanya untuk mengukur kesuksesan Anda, tetapi juga untuk memodifikasi kampanye TikTok Anda sehingga akan menjadi lebih mudah untuk mencapai tujuan utama bisnis Anda.

Sebelum menggunakan tools analitik untuk TikTok dan Instagram, ada baiknya jika Anda mengetahui lebih jauh mengenai macam-macam tools analitik media sosial yang bisa Anda gunakan. Hal ini agar Anda lebih mudah dalam memilih tools yang paling sesuai dengan kebutuhan akun media sosial Anda. Untuk itu Sosiakids telah merangkum 7 tools analitik yang bisa Anda gunakan untuk menganalisa performa Tiktok dan Instagram yang bisa Anda simak berikut ini.

 

1. Social Blade

Tools analisis TikTok dan Instagram yang pertama yaitu Social Blade. Pada dasarnya menambang data media sosial bukanlah tugas yang mudah. Karena data akan berubah beberapa kali sehari, sehingga sangat sulit untuk dilacak dan dipahami. Beberapa platform media sosial umumnya telah dilengkapi dengan  alat analitik bawaan untuk melacak demografi audiens. Akan tetapi tidak menunjukkan data komprehensif tentang keterlibatan audiensnya. Namun sebagai alternatif lain Anda dapat menggunakan tools analitik lain yaitu Social Blade.    

Social Blade merupakan platform analitik media sosial yang memungkinkan pengguna dalam menganalisis keterlibatan followers, memperkirakan penghasilan pos, serta memberi peringkat konten video. Tidak hanya itu, Anda juga dapat menggunakan tools ini untuk meneliti influencer. Adapun tugas utama dari fitur Social Blade yaitu untuk melacak analitik audiens dari platform berikut ini:

  • YouTube
  • Twitch
  • Twitter
  • Instagram
  • Facebook
  • TikTok
  • Trovo
  • Story Fire
  • Mixer
  • DLive
  • Dailymotion

Tarif yang perlu Anda keluarkan untuk berlangganan tools Social Blade yaitu $3 sampai $100 setiap bulannya. Namun Anda juga dapat menggunakan uji coba gratis selama  30 hari yang dilengkapi dengan beberapa fitur seperti jumlah subscriber LIVE dan lain sebagainya.

 

2. Hootsuite

Tools analisis TikTok dan Instagram yang kedua yaitu Hootsuite. Mungkin banyak yang sudah tidak asing dengan tools yang satu ini, karena telah banyak digunakan oleh para digital marketer untuk mengelola media sosial. Hootsuite sendiri pada dasarnya merupakan alternatif untuk manajemen media sosial. Adapun beberapa kegiatan manajemen media sosial terdiri dari: analisis interaksi pelanggan, analisis data keterlibatan, mengidentifikasi tren konsumen, ide konten dan produksi, serta perencanaan kampanye pemasaran, dan lain sebagainya.  

Hootsuite hanya terdiri atas versi desktop, akan tetapi dashboardnya sangat intuitif sehingga memudahkan Anda dalam melacak kinerja media sosial bisnis Anda secara realtime.  Beberapa fitur Hootsuite yang bisa Anda dapatkan yaitu sebagai berikut:

  • Menganalisis wawasan dari data media sosial
  • Melacak semua akun media sosial
  • Memuat dan menjadwalkan postingan
  • Memetakkan kampanye yang akan datang
  • Mengelola pesan masuk dari pengikut
  • Adapun salah satu fitur Hootsuite yang paling menonjol yaitu dapat mendengarkan secara sosial, yang mana Anda dapat melacak dan mengumpulkan tanggapan dari followers Anda dan mengetahui apa yang saat ini sedang tren. 

Tarif yang perlu Anda keluarkan untuk berlangganan tools Hootsuite ini yaitu US$19  hingga US$29 setiap bulannya. Namun Anda bisa menggunakan uji coba gratis selama 30 hari.

 

Baca Juga: Inilah 5 Alasan Mengapa Kamu Harus Berjualan di Tiktok Shop

 

3. Analisa

Salah satu tools analitik TikTok dan Instagram yang dapat Anda gunakan yaitu Analisa. Meskipun masih tergolong baru (karena baru diluncurkan pada tahun 2019), tools yang satu ini telah memberdayakan brand di lebih dari 57 negara yang berbeda. Analisa menawarkan berbagai fitur seperti memudahkan Anda dalam mendapatkan akses data seperti jumlah likes, komen, serta data analitik. Tools yang satu ini juga menawarkan paket yang dapat Anda gunakan secara gratis, namun sayangnya tidak dapat digunakan untuk menganalisa data analitik TikTok. 

Namun Anda harus berlangganan paket berbayar untuk mendapatkan fitur analitik TikTok. Adapun tarif yang perlu Anda bayarkan untuk berlangganan Analisa premium yaitu US$ 69 untuk setiap bulannya. Akan tetapi data yang ditawarkan masih sangat terbatas terlebih untuk TikTok. Oleh karena itu Anda bisa berlangganan paket Plus dengan tarif US$ 149 per bulan atau paket Pro dengan tarif US$ 239 per bulan untuk menikmati fitur terlengkap tanpa batas.

 

4. Exolyt

Tools analitik TikTok yang keempat yaitu Exolyt. Jika tools yang lain menawarkan fitur analitik untuk berbagai platform media sosial lainnya, Exolyt hanya berfokus pada analitik TikTok saja. Tools ini umumnya digunakan oleh para agensi, digital marketer, content creator, dan influencer untuk melacak statistik serta melihat analitik keterlibatan audiens akun TikTok mereka.    

Salah satu fitur yang paling menonjol dari Exolyt yaitu dapat digunakan untuk membandingkan dua profil akun TikTok secara bersamaan. Tidak hanya itu, Anda dapat mengetahui informasi mengenai influencer mana yang memiliki pengikut paling banyak dan influencer mana yang memiliki engagement yang paling banyak.

Tools Exolyt ini dapat Anda gunakan secara gratis, namun fitur yang bisa Anda gunakan tidak lengkap. Untuk menikmati semua fitur lengkap dari Exolyt Anda perlu berlangganan paket berbayar dengan tarif mulai dari $12 per bulan.

 

5. Iconosquare

Tools analitik TikTok dan Instagram yang kelima yaitu Iconosquare. Iconosquare adalah platform analisis dan manajemen media sosial. Pada awalnya Iconosquare tidak menyertakan fitur untuk analitik TikTok, namun baru-baru ini Iconosquare telah menambahkan fitur analitik Tiktok bersama Instagram, Facebook, Twitter, dan LinkedIn. 

Tools Iconosquare telah menyediakan berbagai fitur analitik yang diperlukan untuk membantu influencer dan brand dalam menyusun strategi untuk mencapai goals yang diinginkan. Adapun tarif yang perlu Anda keluarkan untuk berlangganan paket Iconosquare Pro yaitu mulai dari $49 untuk setiap bulannya agar dapat menikmati semua fitur yang tersedia. Beberapa fitur yang dapat Anda nikmati selama berlangganan  Iconsquare Pro adalah sebagai berikut:  

  • Pengukuran kinerja dan keterlibatan
  • Analisis detail video individu
  • Video paling menarik
  • Waktu terbaik untuk memposting
  • Riwayat tampilan / Riwayat suka / Riwayat komentar / Riwayat berbagi / Riwayat & kepadatan postingan
  • Umur media
  • Ekspor grafik

 

Baca Juga: Ketahui Perbedaan TikTok Shop, IG Shop, dan Fb Marketplace

 

6. Social Insider

Tools analitik TikTok dan Instagram yang keenam yaitu Social Insider. nama Social Insider mungkin masih sedikit asing di telinga banyak orang, namun tools yang satu ini telah banyak direkomendasikan sebagai alat analitik media sosial khususnya untuk TikTok dan Instagram. Lalu seperti apa Social Insider itu?  Social Insider adalah salah satu platform alternatif untuk analitik TikTok dan Instagram. Untuk  beberapa agensi digital, tools ini sangat bermanfaat karena memudahkan dalam melacak dan mengukur jaringan influencer yang Anda butuhkan. Tidak hanya itu Anda juga akan mendapatkan data singkat tentang hasil kinerja dari berbagai kampanye pemasaran Anda. Sehingga dapat dikatakan bahwa tools ini merupakan salah satu alat yang komprehensif dan terbaik untuk analitik media sosial.    

Sama seperti Exolyt, Anda juga dapat membandingkan beberapa influencer untuk mengetahui engagement dan followers yang paling banyak. Selain itu Anda juga dapat dapat menggunakan Social Insider untuk membuat perbandingan dari para pesaing Anda. Adapun tarif yang perlu Anda keluarkan untuk berlangganan paket Social Insider yaitu mulai dari $99 per bulan sampai $169 per bulan. 

 

7. Brand24

Tools analitik TikTok dan Instagram yang bisa Anda gunakan selanjutnya yaitu Brand24. Pada dasarnya Brand24 adalah platform yang memungkinkan Anda dalam menganalisis media sosial seperti TiKTok, Instagram, Twitter, dan Twitch secara efektif. Selain itu Brand24 juga dapat digunakan untuk analisis penggunaan hashtag atau tagar di media sosial tersebut. Dengan alat analisis hashtag seperti Brand24 ini Anda akan dimudahkan dalam menemukan volume hashtag, jangkauan media sosial, hingga profil dari akun yang paling berpengaruh menggunakan hashtag tersebut.  Adapun fitur-fitur yang tersedia pada tools Brand24 antara lain sebagai berikut:

  • Melacak jangkauan hashtag Anda
  • Menemukan influencer menggunakan tagar Anda
  • Menemukan profil paling aktif menggunakan tagar Anda

 

Nah itulah 7 tools analitik Tiktok dan Instagram yang bisa Anda gunakan dalam menganalisis performa Tiktok, Instagram maupun media sosial lainnya. Semoga informasi yang telah disampaikan diatas dapat mempermudah Anda dalam menentukan tools analitik mana yang paling cocok dengan kebutuhan Anda. Namun jika Anda masih mengalami kesulitan dalam menganalisis performa akun media sosial Anda, pastikan untuk segera hubungi Sosiakita sekarang juga!

 

Sosiakita merupakan salah satu jasa digital marketing Surabaya yang mempunyai berbagi layanan, mulai dari pembuatan website, pengembangan web, digital marketing, hingga pembuatan konten-konten menarik untuk website dan sosial media Anda. Dengan pengalaman yang kami miliki serta team yang ahli dan profesional, kami akan mampu mengembangkan bisnis dan perusahaan Anda. Untuk mendapatkan fee konsultasi atau kunjungi halam resmi kami di sini  atau temukan kami di LinkedIn, Facebook, dan Instagram untuk mengetahui informasi terupdate kami.   

 

Share