Backup adalah hal yang sangat penting dilakukan bagi setiap orang yang memiliki layanan atau situs website seperti halnya WordPress. Pada dasarnya Backup WordPress adalah salah satu kegiatan penyimpanan data dengan cara meng-copy isi konten, file hingga seluruh database website, atau bisa disebut juga dengan membuat versi duplikat dari situs WordPress Anda. Tujuan dari backup ini yaitu untuk mengantisipasi jika terjadi suatu hal yang tidak diinginkan. Seperti halnya terkena virus, hack, atau terjadi masalah lain saat melakukan update tema maupun plugin lain yang ada di website Anda. Dengan melakukan backup ini tentu akan memudahkan Anda jika sewaktu-waktu ingin memulihkan WordPress yang bermasalah.

Membuat backup situs WordPress merupakan salah satu cara terbaik yang dapat Anda lakukan untuk menjaga keamanan situs web. Sehingga Anda tidak perlu khawatir lagi mengenai keamanan situs Anda saat diretas oleh pihak tidak bertanggung jawab, karena Anda masih memiliki semua salinan datanya.  Untuk itu backup WordPress sangatlah penting untuk dilakukan, namun sebelum melakukan backup ada beberapa jenis Plugin yang bisa Anda gunakan untuk proses backup. Beberapa jenis Plugin WordPress terbaik yang bisa Anda gunakan untuk melakukan proses backup secara mandiri antara lain sebagai berikut:   

 

1. Updraftplus

Inilah 7 Plugin Terbaik untuk backup wordpress Anda

 

Plugin backup WordPress terbaik yang pertama yaitu Updraftplus. Beberapa pengembang WordPress mungkin sudah tidak asing lagi dengan plugin yang satu ini, karena telah banyak digunakan setidaknya pada 2 juta website di seluruh dunia. Plugin UpdraftPlus ini dapat Anda gunakan secara gratis, selain itu juga telah dilengkapi berbagai fitur-fitur terbaik. Contohnya, dapat digunakan untuk melakukan backup serta menyimpannya ke dalam server cloud. Anda juga bisa mengunduhnya ke dalam komputer lokal Anda.

Plugin backup yang satu ini sangat mendukung proses back up terjadwal dan dapat memilih file mana saja yang ingin Anda backup atau tidak. Selain itu proses penyimpanannya pun bisa Anda sesuaikan ke dalam beberapa file storage seperti Google Drive, Dropbox, atau lainnya. Anda juga dapat me-restore backup secara langsung, hanya dari panel admin WordPress Anda. Terdengar sangat mudah bukan? Meskipun plugin ini dapat Anda akses secara gratis, updraftplus ini juga terdapat versi berbayarnya, dimana fitur-fitur yang diberikan lebih lengkap seperti melakukan clone website, migrasi, mendukung multisite, hingga pencarian dan penggantian database. Baik versi berbayar maupun gratis semuanya dapat membantu proses backup dengan baik, Anda hanya tinggal memilih sesuai dengan kebutuhan WordPress Anda.   

 

2. BackUpBuddy

Inilah 7 Plugin Terbaik untuk backup wordpress Anda

 

Plugin backup WordPress yang kedua yaitu BackUpBuddy. Backup WordPress yang satu ini juga sudah banyak digunakan oleh para pengembang WordPress, terhitung sejak tahun 2010 sudah menggunakan lebih dari 1,5 juta WordPress. Dalam proses backup, penggunaan plugin juga sangat mudah, Anda cukup melakukan klik beberapa kali kemudian proses backup akan otomatis berjalan. Tidak hanya itu, dengan plugin backupbuddy Anda juga dapat mengarahkan file backup pada lokasi lain dan restore WordPress secara mudah. 

Anda juga dapat melakukan backup secara terjadwal sehingga tidak perlu membuang-buang waktu untuk memproses backup secara manual.Kelebihan lain yang ditawarkan dari plugin backupbuddy ini yaitu adanya optimasi database. Ketika Anda menggunakan fitur backupbuddy premium, Anda akan diberikan 1GB penyimpanan gratis pada Stash Live Storage. Tujuan dari penyimpanan tersebut yaitu untuk memungkinkan Anda melakukan backup secara berkala ketika ada perubahan pada database.

 

3. Jetpack BackUp

Inilah 7 Plugin Terbaik untuk backup wordpress Anda

 

Plugin backup WordPress selanjutnya yang bisa Anda gunakan yaitu Jetpack BackUp atau VaultPress. Pada awalnya plugin backup yang satu ini berdiri sendiri dan dikembangkan co-founder WordPress yaitu Matt Mullenweg dengan nama VaultPress. Namun kini telah menjadi bagian dari produk JetPack. Oleh karena itu, saat Anda ingin menggunakan plugin ini perlu melakukan subscribe JetPack terlebih dahulu.

Selain itu Anda perlu mengeluarkan sedikit pengeluaran untuk dapat menggunakan plugin JetPack ini, karena tidak tersedia secara gratis. Meskipun demikian Anda dapat memanfaatkan banyak sekali fitur yang disediakan untuk mendukung proses backup website. Seperti halnya penawaran fitur keamanan dan lain sebagainya. Beberapa pilihan paket juga tersedia untuk menggunakan plugin ini, Anda hanya perlu menyesuaikan dengan kebutuhan serta keinginan dari WordPress Anda.

 

Baca Juga: Begini 6 Cara Mempercepat Loading WordPress Anda

 

4. BlogVault

Inilah 7 Plugin Terbaik untuk backup wordpress Anda

 

Plugin backup WordPress keempat yang bisa Anda gunakan adalah BlogVault. Plugin WordPress yang satu ini merupakan plugin backup yang sangat populer dan dikenal sebagai Software as a Service  atau SAAS. Karena backup dilakukan di server BlogVault sehingga proses backup tidak terlalu membebani server web hosting. Pada plugin blogvault ini Anda dapat membuat backup harian secara otomatis maupun secara manual untuk membuat backup unlimited on-demand. Yang dimaksud dengan unlimited on-demand sendiri yaitu fitur yang memungkinkan proses backup yang dimodifikasi atau memperbarui file yang diinginkan saja. 

Hal ini tentu saja dapat menghemat server load serta memastikan performa yang optimal pada server web hosting Anda. Selain itu, plugin ini juga dapat digunakan untuk melakukan recover website dengan lebih mudah dan melakukan staging WordPress. Staging WordPress ini adalah fitur yang digunakan untuk melakukan tes pada website tanpa merusak live display website dan migrasi website ke hosting lainnya secara lebih mudah.

 

5. BackWpup

Inilah 7 Plugin Terbaik untuk backup wordpress Anda

 

Plugin backup WordPress terbaik yang kelima yaitu BackWpup. Plugin yang satu ini dapat Anda manfaatkan untuk menyimpan file backup dengan mudah, yang nantinya bisa Anda lakukan via Dropbox atau sebagainya. Bahkan menariknya lagi, Anda juga bisa menyimpannya langsung melalui email, sehingga Anda akan sangat mudah untuk memperoleh semua data backup yang dibutuhkan di dalamnya.   

 

6. BoldGrip BackUp

 

PlugIn backup WordPress terbaik lainnya yang bisa Anda gunakan yaitu BoldGrip backup. Plugin backup yang satu ini merupakan backup WordPress yang cara kerjanya cukup sederhana dan terkenal karena dikembangkan oleh BoldGrip, yang merupakan salah satu website builder terkenal di WordPress. BoldGrip ini bisa Anda gunakan untuk melakukan proses backup serta melakukan restore ketika websites terjadi crash. 

Hampir sama seperti jenis plugin lainnya, BoldGrip juga dapat diatur untuk melakukan backup secara otomatis maupun secara manual. Tidak hanya itu, plugin BoldGrip ini juga memiliki berbagai fitur menarik dan bagus seperti, proteksi kesalahan dan lain sebagainya. Pada fitur proteksi ini memungkinkan Anda untuk dapat membackup website sebelum terjadinya proses update. Sehingga saat proses update Anda gagal, website akan secara otomatis kembali ke versi terakhir sebelum update.    

 

7. Duplikator

 

Plugin backup WordPress terbaik selanjutnya yang bisa Anda pilih yaitu Duplikator. Plugin backup WordPress yang satu ini dapat memungkinkan Anda untuk melakukan backup ke dalam file format zip.Sehingga Anda dapat mengunduh secara offline,  yang nantinya bisa Anda pindahkan ke server lain atau menyimpannya untuk berjaga-jaga bila terjadi masalah.  

Salah satu fitur menarik  dan terbaik yang dimiliki Duplicator ini adalah kemampuan untuk menduplikasi website yang sebelumnya telah dikonfigurasi. Pada dasarnya fitur ini hampir sama seperti staging, yang memungkinkan Anda membuat website lain yang sama namun pada server yang berbeda tanpa harus melakukan konfigurasi dari awal. Seperti halnya plugin backup lain, duplicator ini juga memungkinkan Anda untuk melakukan proses backup secara terjadwal dan kemudian mengirimkannya ke server cloud lain.. 

 

Itulah beberapa plugin backup WordPress terbaik rekomendasi Sosiakids yang bisa Anda gunakan untuk membackup situs web Anda. Meskipun terkesan membuang-buang waktu serta sumber daya, backup merupakan salah satu hal yang penting untuk Anda lakukan. Karena langkah semacam ini akan sangat membantu Anda ketika sewaktu-waktu menemukan suatu permasalahan pada website. 

Jika Anda mengalami masalah saat melakukan backup atau  masalah lain pada website Anda, Sosiakita dapat membantu menangani masalah Anda. Sosiakita merupakan jasa digital marketing Surabaya yang memiliki kredibilitas tinggi sehingga mampu membantu Anda dalam merencanakan pemasaran digital dan membantu Anda dalam membuat website bisnis profesional maupun konten-konten sosial media yang menarik. Untuk informasi lebih lengkap Anda dapat mengisi formulir disini atau langsung menghubungi pihak kami disini! Anda juga dapat mengunjungi instagram kami disini untuk mendapatkan update terbaru mengenai informasi menarik seputar dunia digital marketing dan website. Pastikan Anda tidak salah menemukan webmaster agar situs website Anda tidak mengalami masalah atau kendala apapun ya.