Cara mempercepat loading wordpress menjadi hal yang sangat penting bagi para pengguna website khususnya yang menggunakan wordpress. Para pemilik website tentunya ingin agar websitenya dapat berjalan dengan lancar tanpa masalah, sehingga mudah dan cepat untuk diakses. Karena suatu situs yang berfungsi secara optimal dapat lebih efektif untuk mengungguli kompetitornya. Tidak hanya itu para pengunjung website juga akan kabur dan memilih untuk mengunjungi situs lain. Hal ini karena informasi yang dibutuhkan pengunjung website memerlukan waktu yang lama untuk ditampilkan. Jika hal tersebut terus terjadi, maka akan berpengaruh pada Google ranking. Karena Google tidak akan memprioritaskan suatu situs atau website yang memiliki waktu loading yang lambat. Tentu saja hal ini bisa berimbas buruk pada bisnis maupun situs Anda bukan? Untuk itu Anda harus menyimak 6 Cara Mempercepat Loading WordPress yang akan diulas pada penjelasan dibawah ini.

1. Memperbarui WordPress Menjadi Versi Terbaru

Plugin Caching

Cara mempercepat loading WordPress yang pertama dan paling mudah yaitu rajin memperbarui WordPress Anda ke versi terbaru. Pada dasarnya WordPress merupakan platform open source yang selalu mengalami perkembangan dan terus disempurnakan. Sehingga Anda harus rajin melakukan update atau pembaruan ke versi terbaru dari WordPress. Tujuan dari update versi  terbaru ini untuk memperbarui fitur-fitur yang tersedia dan menghilangkan bug pada versi terdahulu. Selain itu, WordPress yang tidak diperbarui akan lebih lambat kecepatannya serta rentan terhadap ancaman hacker, virus maupun malware.  

2. Melakukan Optimasi Database

Begini 6 Cara Mempercepat Loading WordPress Anda

Cara mempercepat loading WordPress selanjutnya yaitu dengan mengoptimasi database. Berbagai aktivitas yang dilakukan di website WordPress Anda maka akan menambah kerja serta database menjadi semakin berat. Karena pada website Anda semakin hari akan terdapat tags yang tidak digunakan, dan juga komentar spam yang memenuhi. Tidak hanya itu, terlalu banyak melakukan revisi juga membuat database menjadi berat, yang akibatnya membuat website menjadi lemot. Nah untuk menghindari hal tersebut terjadi, Anda bisa menggunakan plugin WP-Optimize atau plugin sejenisnya yang biasanya tersedia di WordPress.   

3. Membatasi Jumlah Konten Perhalaman

Begini 6 Cara Mempercepat Loading WordPress Anda

Cara mempercepat loading WordPress yang ketiga yaitu dengan membatasi jumlah konten pada setiap halaman website. Dalam halaman website utama, Anda harus meletakkan konten-konten andalan sehingga para pengunjung situs dapat mudah melihatnya. Namun pastikan untuk tidak meletakkan semua konten pada satu halaman utama. Karena hal tersebut akan mempengaruhi waktu loading website, menjadi sangat lama atau lemot. Untuk itu Anda perlu membatasi jumlah tampilan postingan konten pada setiap halaman website. Anda cukup menyiasatinya dengan meletakkan sebanyak 5 hingga 7 postingan pada setiap halaman website. Agar loading website menjadi lebih ringan dan cepat.

4. Mempercepat Loading WordPress dengan Mengkompres Gambar 

Begini 6 Cara Mempercepat Loading WordPress Anda

Cara mempercepat loading WordPress yang keempat yaitu dengan melakukan kompres pada ukuran gambar yang digunakan pada website. Pada dasarnya gambar yang berukuran besar akan menambah waktu loading pada website Anda. Untuk menyiasatinya Anda bisa melakukan kompres atau meminimalkan ukuran file gambar sebelum diunggah pada website. Namun pastikan jika resolusinya masih terlihat baik agar tetap dapat dilihat.  Anda bisa mengkompres secara manual atau menggunakan plugin WP-Smush, yang dapat mengoptimasi gambar dengan resolusi yang tetap maksimal. Untuk meminimalkan ukuran file gambar Anda bisa mengeceknya dengan menggunakan GTMetrix. Fungsi dari GTMetrix yaitu untuk mengetahui gambar mana saja yang masih perlu diperkecil ukurannya.   

5. Mempercepat Loading WordPress dengan Mengaktifkan Plugin  Caching

optimasi database

Cara mempercepat loading WordPress selanjutnya yaitu dengan mengaktifkan caching. Apa itu caching? Caching adalah plugin yang dapat digunakan untuk mempercepat loading website WordPress. Cara kerja dari mesin caching ini yaitu, menyimpan informasi yang sering digunakan pada hard disk client. Sehingga browser tidak perlu mengambil dari server. Beberapa plugin caching yang dapat Anda gunakan untuk mempercepat loading WordPress antara lain W3 Total Cache, dan WP Super Cache. Plugin tersebut telah menyediakan berbagai fitur seperti minification CSS, HTML, JavaScript, pengoptimalan gambar, cleaner dan optimizer database. 

6. Menggunakan Tema WordPress yang Ringan 

tema website wordpress yang ringan

Cara mempercepat loading WordPress yang terakhir yaitu menggunakan tema WordPress yang lebih ringan. Perlu Anda ketahui bahwa fitur-fitur elemen yang ada pada suatu tema juga dapat mempengaruhi kecepatan atau performa dari website loh. Banyak developer yang menambahkan banyak fitur pada tema website, namun biasanya tidak semua fitur dibutuhkan oleh website. Nah, fitur-fitur tersebut akan menambah beban dan membuat loading website menjadi berat. Untuk itu akan lebih baik apabila Anda menggunakan tema WordPress yang ringan dan memiliki kemampuan untuk menonaktifkan fitur yang tidak digunakan. Pada saat memilih tema untuk WordPress Anda pastikan untuk memperhatikan fungsi dan kegunaanya jangan hanya melihat dari tampilannya saja. Tema yang tidak terlalu berat dapat  mempercepat dan mempermudah akses halaman, sehingga loading website tidak lama.  

 

Itulah beberapa penjelasan mengenai cara mempercepat loading WordPress yang dapat Anda terapkan pada website WordPress Anda. Apabila website WordPress Anda mengalami loading lama Anda bisa menggunakan beberapa cara seperti yang telah dijelaskan diatas atau mencari bantuan developer ahli. Sosiakita dapat membantu Anda mengoptimasi dan me maintenance website sehingga menjadi profesional dan berjalan sesuai dengan fungsi serta tujuannya. Apabila Anda tertarik dan butuh bantuan mengenai website maupun sosial media marketing silahkan kunjungi Sosiakita untuk informasi lebih lanjut   atau hubungi kami secara langsung disini!

DAPATKAN PENAWARAN MENARIK
DARI SOSIAKITA

ISI FORM