fbpx

Bisnis franchise saat ini memang sedang menjadi trend dikalangan para pebisnis. Bisnis franchise seperti Drive-thru, restoran dine-in, dan food trucks adalah beberapa contoh pilihan yang populer dari restoran fisik. Namun semenjak terjadinya pandemi di tahun 2020, banyak bisnis franchise yang mengalami permasalahan yang sama dan akhirnya banyak yang tutup hingga sekarang. Pergeseran perilaku konsumen yang saat ini menjadi gemar melakukan pesan makanan secara online juga menjadi salah satu alasan utamanya. Tercatat setelah efek pandemi masyarakat yang lebih memilih pesan makanan secara online mencapai angka 70%. 

Dengan adanya permasalahan tersebut, bisnis franchise tidak kehilangan kreativitas, karena sekarang muncul konsep ghost franchise atau juga ghost kitchen yang berkembang dikalangan para pebisnis. Faktanya, saat ini memang sudah banyak pebisnis yang berpaling dari restoran dine-in, karena dianggap banyak mengeluarkan biaya dan waktu. Sebaliknya, saat ini pebisnis yang  membuka franchise dengan konsep ghost franchise atau ghost kitchen yang lebih banyak memberikan keuntungan meskipun dengan modal yang tidak banyak. Lantas apa itu ghost franchise atau ghost kitchen? Simak penjelasannya berikut ini.

 

Mengenal Ghost Franchise atau Ghost Kitchen

Ghost Franchise: Franchise Modal Rendah, Keuntungan Maksimal!

Ghost kitchen atau ghost franchise merupakan sebuah fasilitas restoran virtual atau dapur virtual yang memproduksi makanan untuk pengiriman pesanan, namun tidak memiliki dapur ataupun restoran fisik, seperti restoran dine-in atau restoran tradisional. Pada dasarnya konsep ini memfokuskan para pebisnis untuk menjual produk atau bisnis mereka secara online melalui sistem pesan antar. Sehingga pemasaran akan lebih cepat, praktis, dan efisien. Terlebih semenjak adanya pandemi COVID-19, pesanan from-home semakin marak dilakukan oleh konsumen, baik dalam memesan barang atau makanan. 

Hadirnya konsep ghost franchise dan ghost kitchen ini kemudian memodernisasi cara beroperasi para pebisnis khususnya pemilik restoran dan pemilik franchise dalam mempertahankan dan memperluas skala bisnis mereka. Konsep ghost franchise ini juga menawarkan banyak sekali keuntungan dalam perkembangan dunia bisnis. Lantas apa saja keuntungan dari ghost franchise atau ghost kitchen ini dalam bisnis franchise? Simak berikut ini penjelasannya. 

 

Keuntungan Ghost Franchise 

Ghost Franchise: Franchise Modal Rendah, Keuntungan Maksimal!

 

1. Menurunkan biaya dimuka dan biaya operasional 

Keuntungan ghost franchise yang pertama yaitu dapat menurunkan biaya dimuka dan biaya operasional. Biaya yang digunakan untuk membuka dan menjalankan ghost kitchen akan lebih sedikit jika dibandingkan dengan biaya untuk membuka restoran tradisional. Walaupun besar kecilnya biaya untuk membuka restoran tradisional  tergantung pada lokasi, ukuran, dan faktor lainnya. Namun secara efektif ghost kitchen menunjukkan perbandingan harga yang jauh lebih murah.

Tidak hanya biaya dimuka yang lebih murah, ghost kitchen atau ghost franchise juga menghabiskan biaya operasional yang lebih sedikit. Karena pada restoran tradisional atau restoran biasa biasanya akan membutuhkan banyak karyawan front of house – pelayan, bartender, pencuci piring, koki, dan masih banyak lagi. Dengan begitu biaya gaji dan biaya pelatihan yang harus dikeluarkan juga lebih banyak. Sedangkan jika Anda menggunakan ghost kitchen hanya membutuhkan sedikit karyawan. Sehingga bisa memungkinkan Anda dalam menghemat biaya operasional, serta bisa mengirimkannya untuk fokus pada pemenuhan pesanan yang diterima.  

Selain itu, dengan ghost franchise Anda akan secara signifikan mengurangi makanan sewa, kebutuhan logistik untuk lokasi dine-in, hingga pengeluaran biaya sewa. Oleh karena itu ghost sangat menekan efisiensi. Karena dengan biaya lebih rendah Anda dapat memperoleh margin yang lebih tinggi dan laba lebih banyak.

 

2. Jangkau lebih banyak konsumen secara online

Keuntungan ghost franchise yang kedua yaitu menjangkau lebih banyak konsumen online. Umumnya restoran tradisional selalu berjuang untuk menemukan keseimbangan antara memprioritaskan pesanan di tempat atau pesanan layanan pesan antar. Dengan memilih untuk fokus pada pemesanan layanan pesan antar, Anda akan dapat memenuhi pesanan konsumen secara lebih luas. Karena konsumen tidak harus datang ke restoran Anda, sehingga meskipun lokasi konsumen sedikit jauh dari lokasi restoran akan tetap bisa melakukan pemesanan. 

 

3. Ekspansi yang siap-pakai

Keuntungan ghost franchise yang ketiga yaitu memiliki ekspansi siap pakai. Selain biaya finansialnya yang lebih masuk akal, keuntungan lain dari ghost franchise yaitu kecepatan persiapannya. Anda tidak perlu menunggu lama dalam membangun, merenovasi, atau tahap lain yang sebenarnya membuang waktu, seperti halnya dalam mempersiapkan restoran tradisional. Karena hanya dalam waktu kurang lebih satu bulan, Anda sudah bisa mulai menjalankan ghost franchise. Sehingga bisa dikatakan bahwa ghost franchise ini merupakan solusi siap pakai.

Contohnya saja, ketika Anda ingin mencoba membuka usaha franchise baru. Tentunya Anda harus menghabiskan waktu berbulan-bulan untuk bernegosiasi mengenai sewa, pelatihan karyawan, hingga mengatur pekerjaan konstruksi atau pekerjaan renovasi. Sedangkan jika Anda membuka ghost franchise atau ghost kitchen, yang perlu Anda lakukan hanyalah memasang peralatan dasar dan mulai mempekerjakan koki Anda.

 

4. Ekspansi lebih cepat

Keuntungan ghost franchise lainnya yaitu ekspansi yang jauh lebih cepat. Ketika Anda membuka franchise baru, Anda tidak perlu mengembangkan lokasi fisik setiap saat, terlebih jika Anda membuka ghost kitchen atau ghost franchise. Karena dengan ghost franchise Anda dapat mengekspansi bisnis Anda ke area lain secara lebih cepat. Sehingga Anda tinggal menunggu pesanan datang. Selain itu ghost kitchen juga dapat mengurangi risiko yang ada sekaligus memaksimalkan keuntungan.

5. Bermitra dengan bisnis jasa kurir

Keuntungan ghost franchise yang terakhir yaitu dapat bermitra dengan bisnis jasa kurir. Selain dapat memberikan keuntungan yang besar dan biaya operasional yang sedikit, dengan ghost franchise bisnis Anda juga dapat menjalin mitra dengan bisnis jasa kurir seperti grab, gojek, dan lain sebagainya. Dengan begitu akan muncul keuntungan-keuntungan lainnya yang lebih banyak. Anda juga akan lebih mudah dalam melacak semua pesanan konsumen sekaligus, agar pengiriman tepat waktu dan membuat pelayanan terhadap konsumen menjadi lebih baik. 

 

Tantangan dalam Menjalankan Ghost Franchise

Ghost Franchise: Franchise Modal Rendah, Keuntungan Maksimal!

Meskipun memiliki konsep modal rendah namun keuntungannya melimpah dan maksimal, konsep ghost franchise juga memiliki beberapa tantangan pula dalam menjalankannya. Adapun beberapa tantangan yang harus Anda hadapi antara lain sebagai berikut:

  • Pertama, karena pelaksanaan konsep ghost franchise ini dilakukan secara online tanpa lokasi fisik, sehingga membutuhkan kerja keras ekstra untuk mendapatkan visibilitas di pasar digital. 
  • Kedua, karena konsep ghost franchise tidak melakukan  interaksi secara langsung dengan pelanggan, maka akan sedikit sulit dalam membangun loyalitas pelanggan. 
  • Ketiga, karena peran aplikasi pengiriman sebagai pihak ketiga sangat penting dalam konsep ini, maka pihak ketiga akan memegang beberapa kendali. Sehingga pemilik restoran akan menjadi bergantung pada kebijakan dari pihak ketiga sebagai saluran penjualan. 

Meskipun demikian, Anda tidak perlu khawatir, karena tantangan-tantangan ini akan bisa diselesaikan dengan strategi review pelanggan yang dapat meningkatkan kredibilitas restoran, peningkatan kreativitas pemasaran, dan melakukan navigasi terhadap aplikasi pengiriman atau pihak ketiga. 

Demikian pembahasan mengenai konsep ghost franchise atau ghost kitchen yang membutuhkan modal sedikit namun dapat mencapai keuntungan yang maksimal. Semoga informasi diatas dapat bermanfaat dan bisa membantu Anda dalam memulai atau membuka bisnis franchise. Jika Anda ingin mendapatkan info-info lengkap dan terupdate lainnya seputar digital marketing, sosial media, teknologi  dan lain-lain, silahkan kunjungi laman resmi Sosiakita atau Anda klik disini!

 

Sosiakita merupakan Digital Marketing Agency terbaik dan terpercaya di Surabaya yang akan membantu dan melayani Anda dalam menentukan serta menerapkan strategi digital marketing terbaik seperti social media marketing, SEO, content marketing, dan ads manaement. Silahkan hubungi kami sekarang untuk fee konsultasi atau kunjungi halam kami di sini, dan temukan kami di LinkedIn, Facebook, Instagram untuk mengetahui informasi terupdate lainnya. 

Share