fbpx

Membahas tentang sosial media (media sosial) memang tidak pernah ada habisnya, karena seperti yang sudah kita ketahui sosial media menjadi media yang terus menanjak popularitasnya, tidak hanya dari sisi pengguna tetapi juga dari sisi bisnis dan pendukung kegiatan marketing. Masyarakat di seluruh dunia mulai dari kalangan muda hingga tua sudah sangat akrab dengan penggunaan sosial media, apalagi jika mereka rajin mengikuti trend atau memantau informasi yang sedang hangat saat ini, maka sosial media merupakan hal yang tidak bisa untuk dilewatkan. Bagaimana tidak, karena dengan platform sosial media akan memudahkan semua orang dalam berinteraksi dan memperoleh informasi secara realtime dengan cepat, kebayang kan bagaimana sosial media bekerja dengan sangat mudah dan cepatnya untuk membantu kebutuhan banyak orang.

Saat ini platform sosial media juga sudah banyak sekali bermunculan serta menawarkan keunggulan dan  kemudahan yang bisa kita gunakan kapan saja. Oleh karena itu tidak jarang banyak orang  yang jadi bingung untuk memilih menggunakan platform apa saja. So, tidak perlu bingung lagi, kali ini Sosiakita akan membagikan cara tepat dalam memilih platform sosial media sesuai kebutuhan kamu. Berikut kita bahas satu-satu ya!

 

1. Tentukan Tujuan 

Cara Tepat Memilih Platform Sosial Media Sesuai Kebutuhan

sosiakita.com

Sebelum memulai untuk menggunakan sosial media, hal pertama yang harus kamu lakukan yaitu menentukan apa tujuan dari menggunakan platform sosial media tersebut. Contohnya, saat kamu berencana untuk membagikan portofolio hasil fotografi atau desainmu, kamu harus menggunakan platform sosial media yang tepat untuk memamerkan hasil karyamu tersebut kan?

Nah, platform sosial media yang cocok yaitu instagram, tumblr atau blog. Bukan itu saja, platform tersebut juga bisa kamu gunakan untuk berinteraksi dengan banyak orang, mencari relasi dan menjadi sarana untuk memasarkan karya kamu juga. Jadi dalam satu platform sosial media memiliki banyak kegunaan dan keunggulan.

 

2. Mengenal Kegunaan Dari Jenis Sosial Media

Cara Tepat Memilih Platform Sosial Media Sesuai Kebutuhan

sosiakita.com

Setelah menentukan tujuan awal dari menggunakan suatu platform sosial media, kamu juga harus mengenal lebih dalam fungsi dari berbagai jenis platform sosial media. Agar kamu bisa dengan mudah menentukan platform sosial media mana yang tepat untuk kebutuhan kamu saat ini. Jika ditanya tentang layanan sosial media itu apa saja sih, mungkin kita akan mudah menyebutkan beberapa sosial media popular seperti facebook, twitter, youtube, instagram, dan sebagainya.

Namun mungkin tidak semua orang mengetahui jenis-jenis sosial media berdasarkan fungsi dan desain penggunaannya. Oleh sebab itu kamu perlu memahami fungsi dasar dari setiap platform sosial media tersebut, sebagai pertimbangan saat ingin memilih menggunakan sosial media yang tepat untuk kebutuhan kamu. Berikut ini beberapa sosial media yang harus kamu ketahui fungsinya sebelum memilih untuk menggunakannya.

a. Twitter

Cara Tepat Memilih Platform Sosial Media Sesuai Kebutuhan

sosiakita.com

Kamu pasti sudah tidak asing lagi dengan platform yang satu ini. Twitter merupakan pilihan sosial media yang tepat untuk kamu yang menyukai sesuatu hal simpel dan fokus. Kamu bisa mendapatkan berbagai informasi secara realtime di seluruh dunia. Karena fitur trending topik yang ada pada Twitter, membuat kamu dengan mudah mendapatkan informasi yang sedang trending / up to date detik itu juga, atau urusan topik paling up to date saat ini melalui public timeline-nya, kamu juga bisa mengajukan komplain suatu layanan dari brand tertentu, dan kebanyakan langsung mendapat balasan loh. Pada Twitter, terdapat fitur hashtag (#) yang memungkinkan kamu untuk menandai topik apa saja ke dalam komunikasi yang ada.

 

b. LinkedIn

Cara Tepat Memilih Platform Sosial Media Sesuai Kebutuhan

sosiakita.com

Sosial media yang satu ini, mungkin agak asing bagi sebagian orang. Karena LinkedIn khusus diperuntukan untuk jaringan profesional saja. Bagi kamu yang membutuhkan platform sosial media untuk kebutuhan profesional seperti mencari relasi, koneksi, atau bahkan mencari pekerjaan, LinkedIn ini sangat tepat untuk kamu gunakan. Tidak hanya itu kamu juga bisa mendapatkan dan menyebarkan informasi tentang bisnis orang lain maupun bisnis kamu sendiri.

Saat ini platform LinkedIn juga bisa kamu manfaatkan untuk ajang promosi personal branding mu agar bisa mendapatkan pekerjaan. Cukup dengan pasang profil lengkap dan jelas, kemudian cantumkan keahlian serta pencapaianmu selama ini, dengan begitu HRD akan tertarik untuk merekrut untuk bekerja di perusahaan mereka. Jadi linkedin ini sangat tepat untuk menunjang karirmu, jika bisa memanfaatkan platform sosial media ini dengan optimal.

 

c. Instagram

Cara Tepat Memilih Platform Sosial Media Sesuai Kebutuhan

sosiakita.com

Sosial media yang satu ini, merupakan platform yang paling banyak digemari oleh hampir semua kalangan. Selain bisa mendapatkan update-an langsung dari teman, kamu juga bisa melihat update-an dari public figure atau influencer yang kamu ikuti melalui fitur instagram stories yang ada. Selain itu, instagram juga memiliki fitur filter seperti snapchat, fitur ads atau iklan, fitur instagram tv seperti youtube dan yang terbaru yaitu fitur instagram relay seperti tik-tok.

Sosial media ini juga banyak dimanfaatkan untuk mempromosikan suatu produk loh. Jadi selain marketplace instagram juga menjadi platform yang banyak digemari oleh para pemilik usaha online. So buat kamu yang ingin membagikan ceritamu melalui foto, video, atau memasarkan karya bahkan produk bisa memilih untuk menggunakan Instagram.

 

d. Youtube

Cara Tepat Memilih Platform Sosial Media Sesuai Kebutuhan

sosiakita.com

Youtube merupakan salah satu platform yang paling banyak penggunanya. Apalagi dengan munculnya tren video blog atau biasa dikenal dengan v-log. Banyak kalangan beralih menggunakan youtube sebagai platform sosial media untuk membagikan kisah sehari-hari atau untuk membagikan dan mencari informasi-informasi menarik disana.

Tidak hanya itu, pada platform sosial media Youtube juga terdapat fitur ads/ Youtube ads yang mana dapat membantu kamu untuk memasarkan suatu produk bahkan memasarkan video lainnya. Nah untuk kamu yang ingin memasarkan produk atau mencari update an berita, hingga up date-an film-film bagus dan terbaru, atau konten-konten yang menarik dan informatif lainnya bisa menggunakan Youtube.

 

Setelah mengetahui tujuanmu menggunakan sosial media untuk apa dan mengenal lebih jenis-jenis sosial media, kamu akan dengan mudah menemukan sosial media yang cocok dengan kebutuhanmu. Jadi tidak perlu semua sosial media harus kamu gunakan. Pilih yang sesuai dengan kebutuhanmu saja. Kurang lebih seperti itu yang bisa Sosiakita bahas tentang cara tepat memilih platform sosial media sesuai kebutuhan. So, apakah kamu sudah tahu sosial media mana yang sesuai dengan dirimu dan kebutuhanmu?

 

Sosiakita adalah social media manager yang siap membantu marketing sosial media Anda. Fokus kami adalah menempatkan brand Anda pada pasar yang tepat, memberikan pendekatan yang berbeda kepada tiap klien dengan menyesuaikan kondisi pasar dan misi tiap perusahaan.
Share