fbpx

Pernahkah Anda mendengar istilah strategi newsjacking? Dewasa ini, konten-konten viral sangatlah mudah kita jumpai di internet terlebih media sosial. Tidak sedikit pula yang memparodikan isi berita atau isu yang sedang viral untuk berbagai tujuan, termasuk untuk mempromosikan suatu bisnis. Mungkin Anda sendiri juga pernah menonton iklan yang mengangkat unsur-unsur isu viral di dalamnya. Seperti halnya iklan Shopee yang memanfaatkan berita BTS menjadi brand ambassador Tokopedia pada desember 2019 lalu, dengan menggunakan badan member BTS bertujuh namun diganti dengan wajah didi kempot. Alhasil iklan tersebut viral dan menuai beragam reaksi kocak dari publik terutama fans kpop. Nah, inilah yang disebut dengan contoh penerapan strategi newsjacking.

Newsjacking sendiri merupakan istilah bahasa Inggris yang diambil dari kata news (berita) dan jacking (pembajakan). Pembajakan yang dimaksud yaitu mengarah pada pemanfaatan konten yang viral untuk keperluan pribadi. Istilah Newsjacking tersebut pertama kali diperkenalkan oleh David Meerman Scott dalam buku karyanya yang berjudul “Newsjacking”. Dimana Scott juga menjelaskan bahwa jacking news merupakan upaya mengkombinasikan berita viral dengan ide atau opini milik sendiri. Oleh karena itu newsjacking dikaitkan dengan peristiwa atau isu viral yang tengah berkembang di masyarakat. 

Peristiwa-peristiwa atau isu viral itulah yang kemudian dimanfaatkan dan diselipkan oleh para marketer pada promosi suatu produk atau bisnis. Dengan demikian newsjacking menjadi salah satu cara yang tepat untuk meningkatkan awareness produk di tengah arus viral tersebut. Karena pembicaraan mengenai isu-isu trending biasanya lebih mencuri perhatian daripada informasi biasa. Lantas bagaimana saja cara meningkatkan awareness produk atau brand dengan memanfaatkan strategi newsjacking ini? Berikut penjelasannya. 

 

Contoh Penerapan Newsjacking

Saat ini konten-konten jacking news telah banyak digunakan dan dilakukan oleh berbagai bisnis di dunia maya, baik itu bisnis skala besar maupun kecil. Kendati demikian, tidak semua konten news jacking tersebut berjalan sesuai harapan dan berhasil mendulang kesuksesan. Adapun beberapa contoh penerapan newsjacking yang terbukti berhasil mendulang kesuksesan dan bisa Anda jadikan inspirasi adalah “BTS Meal” dari Burger King.

Pada pertengahan tahun 2021 lalu, perusahaan fast food Burger King merilis menu BTS meal seperti yang telah dilakukan kompetitornya yaitu McDonald’s. Yang mana sebelumnya McDonald’s telah mengalami kesuksesan dengan menu kolaborasinya bersama boy group Kpop terbesar di Korea Selatan yaitu BTS  yang diberi nama “BTS Meal”. Menu tersebut viral dan menjadi rebutan, bahkan trending di berbagai sosial media. Berbeda dengan McDonald’s yang benar-benar berkolaborasi dengan boyband Kpop BTS (Bangtansoyeondan), Burger King merilis menu BTS yang merupakan singkatan dari “Bokek Tetap Senang”.

BTS meal Burger King tersebut merupakan salah satu contoh newsjacking yang berhasil, karena Burger King sukses ‘mengelabui’ perhatian calon pelanggan dengan mengekor BTS meal asli versi McDonald’s. Apalagi saat itu BTS meal McD sangat diburu dan menjadi rebutan oleh banyak orang, khususnya para Army (sebutan untuk fans BTS), fans kpop, dan para influencer.

 

Manfaat Newsjacking Untuk Promosi Bisnis

Penerapan NewsJacking juga memiliki manfaat yang sangat banyak bagi promosi bisnis. Salah satunya yaitu untuk mendapatkan perhatian masyarakat atau audiens mengenai tentang iklan bisnis Anda. Namun tidak hanya itu saja, Ada beberapa manfaat lainnya yaitu sebagai berikut: 

  1. Memperkenalkan brand Anda ke audiens yang lebih luas
  2. Meningkatkan engagement di media sosial
  3. Menumbuhkan kedekatan dengan audiens
  4. Memperkenalkan Bisnis ke Masyarakat
  5. Meningkatkan Brand Awareness

 

4 Cara Meningkatkan Brand Awareness Newsjacking

Setelah Anda mengetahui apa itu newsjacking, dan apa saja contoh serta manfaatnya, hal yang bisa Anda ketahui selanjutnya yaitu mengetahui bagaimana cara meningkatkan awareness produk dengan menggunakan strategi newsjacking. 

Perlu Anda ingat, bahwa jacking news tidak boleh dilakukan secara asal-asalan, karena dapat memicu kesan negatif alih-alih mendapatkan kesuksesan. Oleh karena itu Anda harus mampu menonjolkan sisi positif dari brand Anda melalui konten, agar masyarakat tertarik untuk mengunjungi toko Anda, bukannya mencemooh brand Anda dengan ‘ikut-ikutan’ tren saja. Namun Anda tidak perlu khawatir, Sosiakita telah merangkum beberapa cara meningkatkan awareness produk dengan strategi newsjacking yang bisa Anda simak berikut ini.

1. Melakukan Strategi NewsJacking di Waktu Terbaik

Meningkatkan awareness produk dengan strategi newsjacking yang pertama yaitu dengan melakukan strategi tersebut di waktu yang terbaik. Pada dasarnya ketepatan waktu adalah kunci utama dalam meraup kesuksesan membuat konten jacking isu viral. Oleh sebab itu, Anda harus memahami betul bagaimana proses kerja dari sebuah berita atau isu-isu viral. Sebab setiap berita atau isu yang viral memiliki masa berlaku atau masa kadaluarsanya sendiri-sendiri. 

Perlu Anda ingat juga, bahwa tidak semua konten viral dapat bertahan lama. Ada banyak isu yang hanya tren dalam sehari atau beberapa hari saja, namun juga ada isu yang tren hingga berminggu-minggu bahkan berbulan-bulan, tergantung pada ketertarikan audiens pada fenomena atau isu tersebut. 

Oleh sebab itu Anda harus cepat memanfaatkan waktu terbaik dalam merilis konten newsjacking, agar konten tersebut up to date dan fresh. Jika Anda terlambat menggoreng isu untuk konten promosi, makan orang-orang tidak akan tertarik dan mengecap promosi bisnis Anda basi. Karena isu yang Anda bahas atau singgung sudah lama lewat dan tidak menarik untuk dibahas. 

2. Up To Date dan Selektif dengan Isu di Internet

Meningkatkan awareness produk dengan strategi newsjacking yang kedua yaitu uptodate dan selektif dengan Isu yang beredar di Internet. Hal yang paling penting lainnya dalam menerapkan strategi newsjacking untuk mempromosikan produk yaitu harus mengikuti tren di internet. Anda harus memahami isu-isu tren apa saja yang sedang berlangsung di internet. Anda harus peka dengan apa yang sedang ramai diperbincangkan di internet khususnya di medial sosial. Jadi pastikan Anda memantau kolom trending topik yang ada di berbagai media sosial. Dengan begitu Anda bisa mencari ide konten viral dengan mudah. 

Tidak hanya uptodate dalam isu yang sedang tren. Anda juga perlu memahami lebih dalam terkait isu atau topik yang sedang tren tersebut. Minimal Anda harus tahu 5W + 1H terkait isu yang sedang trending tersebut. Anda harus memahami:

  • “Mengapa hal tersebut bisa terjadi?”
  • “Siapa yang memiliki peranan besar dalam peristiwa tersebut?”
  • “Apakah tren tersebut sesuai dan layak untuk brand Anda jika digunakan sebagai bahan konten strategi newsjacking?”

Anda harus betul-betul paham alasan dan pengaruh yang dimunculkan oleh topik tersebut, begitu juga dengan kesesuaiannya jika dijadikan konten promosi untuk brand Anda. Jangan sampai Anda malah salah pilih topik yang sebenarnya tidak relevan dengan niche bisnis Anda, apalagi jika Anda salah mengangkat isu negatif untuk bahan promosi. 

 

3. Pilih Keyword untuk Promosi

Meningkatkan awareness produk dengan strategi newsjacking yang ketiga yaitu dengan pemilihan kata kunci untuk promosi. Pastikan Anda menambahkan keyword-keyword atau kata kunci penting yang relevan dengan bisnis yang akan Anda promosikan serta relevan dengan topik yang akan Anda angkat. Untuk itu jangan lupa menggunakan keyword yang tepat sesuai topik trending, agar konten Anda dapat dengan mudah ditemukan di timeline. Karena, jika tanpa keyword, akan mustahil konten Anda bisa ditemukan oleh para audiens. 

 

4. Tambahkan Sentuhan Original pada Konten

Meningkatkan awareness produk dengan strategi newsjacking yang keempat yaitu dengan menambahkan sentuhan orisinalitas atau diferensiasi pada konten Anda. Setelah Anda mendalami dan memahami tren dari berbagai sudut pandang, serta sudah menentukan keyword-keyword yang akan digunakan, selanjutnya yaitu membuat konten.  Pastikan Anda membuat konten dengan sentuhan original dan berbeda pada konten newsjacking Anda. Hal ini bertujuan agar brand Anda tetap memiliki keunikan tersendiri di antara pembicaraan lainnya, fresh dan menarik.

 

Demikian pembahasan mengenai cara meningkatkan awareness produk dengan strategi newsjacking. Semoga informasi yang telah disampaikan diatas dapat bermanfaat untuk Anda dan bisa membantu Anda untuk mulai mencoba cara meningkatkan awareness produk. Jika Anda ingin mendapatkan info-info lengkap dan terupdate lainnya seputar digital marketing, sosial media, teknologi  dan lain-lain, silahkan kunjungi laman resmi Sosiakita atau Anda klik disini!

Sosiakita merupakan Digital Marketing Agency terbaik dan terpercaya di Surabaya yang akan membantu dan melayani Anda dalam menentukan serta menerapkan strategi digital marketing terbaik seperti social media marketing, SEO, content marketing, dan ads manaement. Silahkan hubungi kami sekarang untuk fee konsultasi atau kunjungi halam kami di sini, dan temukan kami di LinkedIn, Facebook, Instagram untuk mengetahui informasi terupdate lainnya. 

Share