fbpx

Cara buat website gratis mungkin menjadi salah satu pertanyaan yang banyak muncul di benak para pelaku usaha yang ingin berkiprah di dunia online atau digital marketing. Karena bisa dibilang website ini telah menjadi hal yang penting dalam pemasaran melalui digital. Bisa ditebak, saat ini pasti Anda juga menjadi salah satu orang yang tertarik untuk buat website gratis, kan?

Tidak perlu khawatir, Sosiakita akan membantu menjawab pertanyaan Anda, dengan merangkum semua langkah-langkah dalam membuat website gratis beserta penjelasannya yang lengkap dan mudah diikuti. Selain itu Anda juga tidak perlu melakukan coding untuk membuat website gratis ini. Tanpa berlama-lama lagi, silahkan simak dan ikuti langkah-langkah membuat website gratis berikut ini ya, pastikan Anda membaca hingga selesai.

 

1. Menentukan Tipe Website yang Ingin Dibuat

Anti Ribet! Ini Cara Buat Website Gratis, Hanya 5 Menit.

Cara buat website gratis yang bisa Anda lakukan pertama-tama yaitu harus jelas tujuan membuat website ini untuk keperluan apa?  Jika Anda sudah mengetahui keperluannya untuk apa, selanjutnya akan lebih mudah menentukan tipe websitenya.

Misalnya Anda ingin membuat website gratis untuk toko online atau untuk pribadi, pastikan Anda sudah tahu bagaimana gambaran website yang ingin dibangun. Mulai dari warnanya, temanya, font nya, bagaimana bentuk tampilannya, apa saja menu-menu yang ada, apa isinya, kontak yang dapat dihubungi, bagaimana metode pembayarannya, dan pastikan sudah jelas juga produk apa yang akan dijual. Beberapa contoh tipe website gratis yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan atau keperluan Anda antara lain sebagai berikut: 

  • Website toko online. 

Website tipe ini menjadi salah satu jenis website yang paling banyak dibuat dan dikunjungi. Dengan website toko online ini, Anda bisa mempromosikan dan menjual produk ke pelanggan di seluruh dunia dengan lebih mudah, yang mana Anda tidak bisa melakukannya melalui toko fisik.

  • Website pribadi

Tipe website yang digunakan untuk personal atau individual. Website jenis ini umumnya berupa blog yang bertema cerita pribadi, pengalaman dan pengetahuan penulis.

  • Website perusahaan

Merupakan jenis website yang isinya membagikan sistem informasi perusahaan kepada pelanggan atau client untuk mengetahui produk atau layanan apa saja yang ada pada suatu perusahaan tersebut.  

  • Website portofolio

Jenis website portfolio ini biasanya digunakan oleh para freelancer yang memiliki skill atau kemampuan dalam suatu bidang untuk memamerkan hasil karya mereka agar dilirik oleh client atau audiens. 

 

2. Memilih CMS Yang Tepat

Cara buat website gratis selanjutnya yaitu dengan memilih CMS yang tepat. Pada dasarnya terdapat ratusan CMS yang bisa Anda pilih. Untuk lebih jelasnya Anda bisa masuk ke cPanel Hosting kemudian lihat pada bagian Softaculous Apps Installer. Disana akan ada banyak sekali CMS yang bisa Anda gunakan baik untuk kepentingan e-commerce, blog, toko online, website e-learning bahkan website diskusi. 

Adapun salah satu CMS yang terkenal dan paling banyak digunakan untuk membuat website dan blog adalah WordPress. Anda juga bisa bikin website gratis menggunakan WordPress ini lho. Nah, untuk toko online, salah satu CMS yang paling terkenal adalah Prestashop. Anda bisa membuat website gratis secara lebih mudah dengan kedua CMS tersebut. 

 

3. Pilih Web Hosting

Anti Ribet! Ini Cara Buat Website Gratis, Hanya 5 Menit.

Cara buat website gratis mudah selanjutnya yaitu dengan memilih web hosting. Pada dasarnya untuk membuat website yang optimal, Anda memerlukan layanan hosting yang terbaik. Hal ini karena web hosting menjadi tempat penyimpanan online semua data situs Anda. Untuk itu Anda tidak salah pilih layanan web hosting ya. Pastikan Anda menggunakan layanan web hosting yang terpercaya, andal, dan sesuai kebutuhan. Karena nantinya akan berpengaruh pada performa website yang Anda buat. Adapun beberapa jenis  web hosting yang bisa Anda pilih yaitu cloud hosting, shared hosting, dan VPS hosting.

 

4. Temukan Nama Domain

Cara buat website gratis selanjutnya yaitu menemukan nama domain. Dalam menemukan nama domain ini pastikan Anda memilih nama domain yang unik, mudah diingat, mudah dieja, dan tidak terlalu panjang. Karena domain merupakan alamat yang akan digunakan untuk situs website Anda nantinya. Nah, berikut ini beberapa tips dalam membuat nama domain yang bisa Anda terapkan: 

  • Tentukan ekstensi yang akan digunakan.
  • Jangan pilih nama domain yang sulit dieja.
  • Pikirkan nama yang memiliki potensi bisnis.
  • Cek ketersediaan dengan tool cek domain.
  • Pilih nama domain terbaik.
  • Beli dan daftarkan domain.

Untuk mengetahui apakah nama domain Anda belum didaftarkan oleh pengguna lain, Anda bisa langsung mengetikkan nama domain  yang Anda inginkan ke kolom tool cek domain pada beberapa layanan domain.

 

5. Pilih Platform dan Mulai Buat Website

Cara buat website gratis lainnya yang bisa Anda lakukan yaitu memilih platform dan mulai membuat website. Setelah Anda menentukan platform apa yang akan Anda gunakan, saatnya Anda membuat website gratis dengan menerapkan beberapa opsi dan melakukan langkah-langkah seperti dibawah ini. 

Seperti yang susah dijelaskan sebelumnya diatas, jika Anda ingin membuat website gratis, Anda bisa menggunakan sistem manajemen konten atau biasa dikenal dengan CMS. Salah satu CMS yang memungkinkan Anda dalam buat website gratis adalah WordPress. Anda bisa membuat website gratis dengan WordPress bahkan tanpa coding. Selain itu, konfigurasi dan pengelolaan WordPress juga sangat mudah. Berikut langkah-langkah buat website gratis dengan menggunakan WordPress:

 

a. Install WordPress

Langkah pertama yang bisa Anda lakukan yaitu menginstall WordPress. Setelah WordPress berhasil Ansa install, selanjutnya ketikan [namadomainanda.com]/wp-admin untuk mengakses dashboard Anda. Kemudian pada halaman login, Anda bisa memasukkan informasi yang tadi sudah Anda buat pada proses instalasi.

Jika Anda telah berhasil login, Anda akan diminta mengatur beberapa hal untuk kustomisasi WordPress Anda. Pastikan Anda mengikuti langkah-langkahnya sampai Anda bisa masuk ke bagian dashboard WordPress ya. Pada bagian dashboard WordPress Anda bisa mengelola semua hal terkait website, konten, dan user WordPress.

 

b. Sesuaikan Tema dan Desain

Langkah selanjutnya yaitu menyesuaikan tema dan desain website dengan kebutuhan Anda. Tahap menyesuaikan tema dan desain website ini sangatlah penting, karena hal tersebut nantinya bisa menarik perhatian audiens untuk mengunjungi website Anda bahkan membuat mereka betah berlama-lama membuka website Anda. Selain itu desain website yang baik dan menarik juga bisa menyempurnakan UX website Anda.

Anda bisa memilih  lebih dari 8.800 tema di WordPress secara gratis dan premium di repositori tema WordPress resmi. Namun pastikan Anda memilih tema yang sesuai dengan tipe website yang akan Anda buat ya, misalnya tema untuk toko online, tema portofolio, atau tema blog. Adapun cara untuk install theme WordPress, Anda cukup buka panel admin WordPress Anda, kemudian ikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Buka DashboardAppearanceThemes lalu pilih tema untuk website Anda. Untuk melihat galeri tema yang lebih lengkap, Anda bisa klik tombol Add New Theme.
  2. Setelah melihat semua pilihan tema yang tersedia, lalu klik Details & Preview atau tombol Preview untuk melihat bagaimana tampilannya apabila digunakan pada website Anda.
  3. Setelah selesai menentukan pilihan tema untuk website Anda, selanjutnya klik InstallActivate. Jika ingin kembali ke galeri lagi, klik ikon X di pojok kiri atas.
  4. Klik tombol Customize untuk bisa mengedit desainnya.
  5. Anda bisa menyesuaikan tema dengan keinginan Anda. Anda juga bisa mengubah layout, warna, dan font tema.
  6. Klik ikon tablet atau handphone di pojok kiri bawah untuk dapat melihat tampilan website menggunakan tema ini di berbagai ukuran layar perangkat.

Sedangkan jika Anda ingin menggunakan tema premium, Anda harus membelinya terlebih dahulu dan mengupload file secara manual. Dengan cara yang hampir sama, yaitu kembali ke DashboardAppearanceThemeAdd New Theme lalu klik tombol Upload Theme. Pilih file .zip tema, dan pilih Activate setelah proses upload selesai.

 

c. Install Plugin WordPress

Langkah selanjutnya yaitu menginstall plugin WordPress. Kelebihan dari WordPress yaitu galeri pluginnya yang sangat lengkap dan punya banyak pilihan. Plugin sendiri merupakan software yang bisa menambah fungsionalitas website WordPress. Dengan plugin inu, pengguna bisa mulai cara buat website gratis tanpa coding.

WordPress menyediakan lebih dari 59.000 plugin gratis dan premium dengan berbagai fungsi yang bisa Anda gunakan untuk buat website gratis.

Adapun cara untuk install plugin WordPress, yaitu dengan buka DashboardPluginsAdd New. Anda bisa melihat galeri plugin, atau langsung tulis nama plugin di kolom Search plugins untuk menemukan plugin yang Anda cari. Setelah itu, klik tombol Install Now lalu Activate.

Sedangkan untuk versi plugin premium, Anda perlu membelinya terlebih dahulu, kemudian upload plugin secara manual, dengan cara buka Dashboard, lalu PluginsAdd New, kemudian klik Upload Plugins untuk menginstal dan mengaktifkan plugin premium Anda.

 

d. Mulai Buat Halaman Website Anda

Jika beberapa langkah di atas sudah Anda lakukan semua tanpa ada yang di skip  langkah terakhir yaitu membuat halaman website. Dalam membuat halaman website Anda bisa memilih membuat website yang hanya memiliki satu halaman atau landing page atau yang terdiri dari beberapa halaman. Jika Anda ingin membuat beberapa halaman, umumnya terdiri dari beberapa main page seperti dibawah ini:

  • Home (Beranda). Home atau beranda adalah halaman pertama yang dilihat oleh pengunjung saat mengunjungi website Anda. Biasanya Homepage harus memiliki kecepatan, konten, dan desain yang sangat baik dan menarik untuk bisa menarik audiens.
  • About (Tentang). Halaman ini berisi informasi lebih lanjut mengenai website Anda, misalnya untuk menjelaskan apakah situs Anda ini ditujukan untuk bisnis atau pribadi.
  • Contact (Kontak). Pada halaman yang satu ini, biasanya berisi kontak atau sosial media atau alamat yang bisa dihubungi atau dikunjungi, agar pengunjung bisa menghubungi pemilik website apabila ada pertanyaan lebih lanjut.
  • Blog. Pada halaman blog ini biasanya berisi konten atau artikel.  Anda bisa mengupdate konten baru ke website secara rutin, sehingga website akan terus fresh.
  • Halaman produk atau layanan. Pada website toko online biasanya terdapat halaman produk atau layanan yang mencakup informasi mengenai produk dan layanan yang ditawarkan. 

Nah, untuk membuat halaman pertama di website baru Anda, Anda bisa buka DashboardPages Add New.

 

Itulah beberapa cara buat website gratis dan mudah yang bisa Anda terapkan sendiri. Ada dasarnya, bikin website gratis tidaklah sulit, Anda hanya perlu menerapkan langkah-langkah yang sudah Sosiakita jelaskan diatas dan menyelesaikan semua prosesnya dari awal sampai akhir. Anda bisa mengikuti semua langkah diatasi meskipun belum menguasai skill teknis seputar web development. Jika Anda ingin mendapatkan info-info dan tips menarik lainnya seputar bisnis, marketing, dan dunia digital yang terupdate silahkan kunjungi laman resmi Sosiakita atau langsung saja klik disini!

Sosiakita merupakan Digital Marketing Agency terbaik dan terpercaya di Surabaya yang akan membantu dan melayani Anda dalam menentukan serta menerapkan strategi digital marketing terbaik seperti social media marketing, SEO, content marketing, dan ads manaement. Silahkan hubungi kami sekarang untuk fee konsultasi atau kunjungi halam kami di sini, dan temukan kami di LinkedIn, Facebook, Instagram untuk mengetahui informasi terupdate lainnya.

Share