Di zaman yang serba digital ini, hampir semua kalangan menggunakan sosial media. Apalagi untuk pelaku bisnis atau pemilik bisnis, sosial media merupakan hal yang sangat penting untuk menunjang pemasaran bisnis mereka. Salah satu sosial media yang sangat populer khususnya untuk kegiatan marketing yaitu Instagram. Instagram merupakan sosial media yang dianggap paling ampuh untuk melakukan promosi produk atau jasa, dan sangat berpengaruh untuk meningkatkan omzzet penjualan. Selain itu saat ini Instagram memiliki pengguna aktif di Indonesia dari 60 juta penduduk. Hal ini bisa menjadi peluang yang sangat besar jika kamu bisa memanfaatkan akun Instagram mu dengan tepat, kamu bisa menjangkau pelanggan yang lebih luas hingga ke mancanegara, tergantung target market yang kamu bidik.

Sebagai pemilik bisnis yang ingin atau sedang memasarkan suatu produk/jasa, memiliki akun Instagram saja ternyata belum cukup loh, kamu juga harus  paham tentang bagaimana cara optimasi akun instagram akun Instagram tersebut agar traffic meningkat, agar mendapatkan lebih banyak keuntungan. Oleh karena itu penting untuk kamu simak 5 cara optimasi akun instagram agar traffic meningkat berikut ini.

 

1. Gunakan Username Yang Sesuai Kata Kunci

5 Cara Optimasi Akun Instagram Agar Traffic Meningkat

sosiakita.com

Username merupakan hal terpenting yang harus kamu perhatikan saat optimasi akun instagram. Saat mengoptimasi akun instagram pastikan untuk menggunakan username yang mudah untuk dicari atau sesuai dengan kata kunci utama dari produk atau jasa yang akan kamu tawarkan.

Tujuannya agar akun instagram mu mudah ditemukan oleh pelanggan potensial dari bisnis mu tersebut. Contohnya, ketika kamu memiliki usaha atau menjual produk berupa frozen food, maka kamu bisa memasukkan kata kunci “frozen food” di username akun instagram mu, contoh:  @sunny_frozenfood. Dengan begitu saat pengguna lain mengetikkan kata “frozen food” di fitur search bar  instagram, toko atau bisnis kamu akan ditampilkan pada hasil pencarian.

 

2. Setting Akun Menjadi Akun Bisnis

5 Cara Optimasi Akun Instagram Agar Traffic Meningkat

sosiakita.com

Langkah selanjutnya yang bisa kamu lakukan untuk optimasi akun instagram agar  traffic meningkat yaitu dengan mengubah setting akun instagram menjadi akun bisnis. Adapun cara mengubah akun instagram menjadi akun bisnis sangatlah mudah, yaitu dengan klik Setting, scroll ke bagian paling bawah dan klik Switch to Business Account.  Instagram for Business juga telah dilengkapi dengan fitur analytics yang mana kamu bisa dengan mudah memantau performa sebuah feed, melalui traffic serta mengetahui jumlah penambahan follower.

Agar mengarahkan lebih banyak pengunjung, kamu juga harus mengatur privasi akun menjadi publik, sehingga postingan dari akun instagram mu bisa dilihat oleh siapa saja. Dengan begitu follower akun instagram kamu maupun yang belum menjadi follower akun kamu akan mudah melihat produk atau jasa yang kamu tawarkan di instagram, mereka juga akan dengan mudah mencari informasi mengenai produk kamu.

 

3. Optimalkan Profile Instagram

5 Cara Optimasi Akun Instagram Agar Traffic Meningkat

sosiakita.com

Untuk optimasi akun instagram agar traffic meningkat, kamu  juga harus mengoptimalkan profil dari akun instagram bisnis kamu terlebih dahulu. Salah satunya yaitu dengan membuat Bio yang menarik. Bio merupakan identitas yang harus dijual kepada pelanggan agar mereka tertarik dan bisa dengan mudah terhubung dengan kamu.

Bio yang bagus yaitu bio yang singkat, jelas dan mencakup informasi-informasi yang penting seperti  kontak yang bisa dihubungi (line,whatsapp, nomor telepon), alamat toko, alamat website, atau informasi yang mengarah pada bisnis lainnya. Selain itu kamu juga harus menggunakan foto profil yang menarik dan mampu mewakili bisnis kamu, seperti halnya menggunakan logo produk atau foto dari bisnis kamu. Karena Foto profil yang kosong bisa mempengaruhi kredibilitas dari bisnis tersebut.

Tapi terkadang dalam optimasi akun istagram, kamu terhalang waktu dan kesempatan, sehingga akun insagram bisnismu terbengkalai. Nah kalau sudah begini, apa dong solusinya ? Nggak usah bingung soba, Sosiakita siap lho untuk membantu kamu dalam menjalankan akun instagram bisnismu menjadi lebih berkembang lagi melalui berbagai optimasi seperti yang sudah kami jabarkan. Jika kamu tertarik silahkan hubungi kami ya !

 

4. Optimasi Menggunakan Hashtag (#)

5 Cara Optimasi Akun Instagram Agar Traffic Meningkat

sosiakita.com

Untuk bisa menjangkau pengguna instagram aktif yang lebih luas, kamu bisa mempromosikan bisnis atau produk kamu melalui hashtag. Seringkali hashtag dianggap tidak penting dan hanya membuat caption menjadi terlalu panjang. Namun hal tersebut sebenarnya salah, karena penggunaan hashtag sangat berpengaruh dalam optimasi akun instagram agar traffic meningkat.

Penggunaan hashtag juga ada aturannya loh, kamu bisa memasukkan maksimal 30 hashtag pada setiap postingan instagram. Tentunya dengan hashtag yang potensial dan sesuai dengan bisnis kamu. Melalui channel youtube Niko Julius dijelaskan bahwa 30 hashtag bisa dibagi menjadi tiga bagian dengan rasio 50:30:20, apa maksudnya?  jadi 30 hashtag tersebut bisa berupa 15 density hashtag yang tinggi (persaingan >1 juta post), 9 density hashtag yang rendah ( persaingan <1 juta post) , dan 6 branded hashtag atau hastag dari brand kamu sendiri.

 

5. Memanfaatkan Fitur Promote / Instagram Ads

5 Cara Optimasi Akun Instagram Agar Traffic Meningkat

sosiakita.com

Instagram saat ini memiliki fitur promote atau iklan yang biasa dikenal dengan Instagram Ads. Hal ini akan semakin mempermudah kamu dalam optimasi akun instagram agar traffic meningkat. Fitur instagram ads ini memungkinkan postingan dari akun instagram kamu masuk ke timeline pengguna lain yang sesuai dengan target pasar yang telah kamu atur sebelumnya. Jadi sebelum menggunakan fitur ads ini kamu bisa mengatur jangkauan/radius pengguna yang akan menjadi target pasar dari produk atau bisnis kamu. Kamu juga bisa mengatur sesuai dengan budget dan waktu atau periode promosi. Akan tetapi untuk menggunakan fitur promote ini kamu harus memiliki fanspage di Facebook, yang kemudian disambungkan dengan akun instagram bisnis kamu.

 

Itulah 5 cara mengoptimalkan akun instagram agar traffic yang bisa kamu coba pada akun instagram bisnis kamu. Jika terlalu sulit untuk kamu lakukan, kamu bisa meminta bantuan pada perusahaan digital agency atau penyedia jasa sosial media marketing yang tepat dan terpercaya di sekitar anda. Semoga bermanfaat ya

 

Sosiakita adalah social media manager yang siap membantu marketing sosial media Anda. Fokus kami adalah menempatkan brand Anda pada pasar yang tepat, memberikan pendekatan yang berbeda kepada tiap klien dengan menyesuaikan kondisi pasar dan misi tiap perusahaan.

DAPATKAN PENAWARAN MENARIK
DARI SOSIAKITA

ISI FORM