fbpx

Instagram merupakan salah satu sosial media yang banyak pengguna manfaatkan untuk menjalankan bisnis. Tak mengherankan karena Instagram memang memiliki banyak pengguna. Agar bisnis yang Anda jalankan bisa memberikan hasil memuaskan, bisa optimasi SEO Instagram secara efektif.

Perlu untuk Anda ketahui bahwa optimasi Instagram memungkinkan bisnis memiliki peringkat teratas di mata Google. Untuk menerapkan teknik SEO pun terbilang mudah. Anda bisa mencermati beberapa strategi di bawah ini.

 

1. Memasukkan Kata Kunci

Salah satu cara yang bisa Anda praktikkan yaitu memasukkan kata kunci. Kata kunci utama bisa Anda tempatkan pada bagian username dan display name. Kemudian kata kunci turunan bisa Anda posisikan di bio Instagram.

Tak cukup itu saja, hastag juga bisa Anda tambahkan kata kunci. Lebih lanjut, kata kunci turunan sebaiknya juga Anda letakkan di caption. Sebagaimana yang kita tahu bahwa SEO memang identik dengan penggunaan kata kunci atau keyword.

 

2. Optimalkan Profil

Selain memperhatikan penggunaan kata kunci, Anda juga bisa melakukan optimasi SEO Instagram melalui profilnya. Dalam mengoptimalkan profil, Anda bisa memilih foto yang menarik dan sesuai identitas bisnis. Pastikan pula profil tersebut bisa publik akses.

Langkah selanjutnya, Anda bisa membuat nama pengguna yang mudah publik ingat atau kenali. Dalam mengoptimalkan profil, Anda juga bisa menambahkan link yang relevan di bagian bio. Jangan lupa juga untuk membuat akun bisnis supaya profil terlihat profesional.

 

3. Memaksimalkan Tagging

Optimasi SEO juga bisa Anda lakukan dengan memaksimalkan fitur tag. Sudah bukan rahasia lagi bahwa tag memiliki fungsi untuk publikasi. Selain itu, tag ini juga berperan untuk menarik audience sebanyak mungkin agar mengunjungi profil Instagram.

Dalam memaksimalkan fitur ini, Anda bisa mengadakan promo lewat giveaway. Pada dasarnya, hal ini mendorong partisipan publik untuk menandai profil akun Anda ke postingannya. Bisnis yang Anda kelola pun bisa lebih calon konsumen kenal.

Cara optimasi SEO Instagram lainnya, Anda bisa menggunakan tag untuk mendorong pelanggan agar menandai profil dalam postingannya. Hal ini memungkinkan profil bisnis yang Anda jalankan bisa muncul di feed Instagram maupun instastory. Jangkauan konsumen jelas lebih luas.

 

Baca Juga: 5 Mitos Tentang SEO yang Terbukti Keliru

 

4. Cermati Instagram Insight

Anda bisa melihat reach content secara mudah dengan memperhatikan Instagram Insight. Fitur satu ini sebenarnya berfungsi untuk memperlihatkan performa konten yang telah Anda posting. Tak terkecuali pula konten yang ada di instastory. Hal ini tentu memudahkan Anda dalam melakukan evaluasi konten agar lebih baik kedepannya.

 

5. Penggunaan Alt Text

Alt text bisa Anda isi dengan keterangan yang menjelaskan postingan. Dengan menggunakan fitur ini, maka postingan yang Anda buat bisa mendapatkan peringkat lebih baik berdasarkan algoritma Instagram. Mengenai pemanfaatannya juga mudah.

Anda bisa mulai dengan membuat postingan terlebih dahulu seperti biasanya. Lalu saat ingin memberi caption, Anda pilih saja Advanced Settings. Jika sudah, tinggal pilihlah Write Alt Text.

 

Tak bisa kita pungkiri bahwa cara memanfaatkan sosial media Instagram untuk menjalankan bisnis terbilang mudah. Meski mudah, namun hasil yang Anda dapatkan pasti menjanjikan. Anda bisa menjangkau banyak pelanggan baru maupun pelanggan setia secara online.

Apabila ingin memulai usaha ataupun bisnis yang Anda jalankan bisa maju dan berkembang, langsung praktikkan beberapa strategi optimasi SEO Instagram di atas. Untuk semakin memudahkan Anda, bisa percayakan kepada Sosiakita.  Sebagai Digital Marketing Agency terbaik dan terpercaya di Surabaya kami siap menjadi partner Anda dalam menerapkan berbagai strategi digital marketing, mulai dari sosial media marketing, SEO, konten marketing, hingga ads. Hubungi kami sekarang untuk mendapatkan free konsultasi atau kunjungi halaman resmi kami di sini atau temukan kami di LinkedIn, Facebook, dan Instagram untuk mengetahui informasi terupdate kami.    

Share