fbpx

Penggunaan sosial media di era serba digital ini memiliki peran sangat penting untuk menjadi media komunikasi dan informasi bagi banyak orang. Banyak platform yang memudahkan masyarakat untuk berbagi gambar, video, suara dan informasi lainnya secara cepat. Dengan segala kemudahan dan kebebasan yang tersedia, tentu kamu harus tetap waspada dan bijak dalam menggunakan sosial media agar aman. Jangan sampai dengan menggunakan sosial media yang harusnya menguntungkan, malah jadi menimbulkan masalah yang serius.

Apalagi di Indonesia sendiri sudah ada undang-undang yang mengatur tentang kebijakan perilaku bersosial media, yaitu Undang-Undang no. 11 tahun 2008 tentang informasi dan transaksi elektronik atau yang dikenal dengan UU ITE. Banyak masyarakat Indonesia yang terjerat pasal dari undang-undang ini, karena kurang bijak dalam menggunakan sosial media.

Lantas bagaimana cara kita agar tidak melanggar undang-undang ITE dan tetap dapat menggunakan sosial media secara optimal? Berikut 5 cara bijak menggunakan sosial media yang bisa kalian terapkan:

 

1. Menjaga Sikap dan Etika

5 Cara Bijak Menggunakan Sosial Media

sosiakita.com

Berbicara tentang etika, sudah seharusnya kita terapkan saat bersosialisasi dan menjadi cara bijak menggunakan sosial media, baik di dunia maya maupun nyata. Kita tidak sepatutnya berperilaku kurang baik dengan menulis kata-kata yang bisa menyinggung SARA. Apalagi SARA merupakan hal yang sangat sensitif di masyarakat. Gunakan bahasa yang baik, serta hindari penggunaan kata-kata yang bersifat provokatif atau sarat kebencian, saat memberikan informasi atau komentar ke sosial media. Pastikan untuk selalu menjaga sikap dan etika saat memberikan komentar pada sebuah postingan, gambar, atau video di sosial media. Akan lebih baik jika kamu memposting hal-hal yang positif dan menginspirasi di sosial mediamu.

 

2. Menjaga Privasi

5 Cara Bijak Menggunakan Sosial Media

sosiakita.com

Saat ini, orang-orang bisa dengan mudah dan cepat mendapatkan informasi mengenai seseorang. Dengan banyaknya platform sosial media yang bisa digunakan secara bebas, membuat orang-orang secara tidak langsung memberikan informasi pribadi mereka di sosial media. Hal ini sebenarnya bukan suatu masalah besar jika informasi tersebut tidak disalahgunakan untuk hal yang merugikan. Namun, saat ini banyak kasus yang memanfaatkan hal tersebut untuk melakukan kejahatan.

Oleh karena itu, diperlukan cara bijak menggunakan sosial media dengan berhati-hati dalam menggunakan sosial media terlebih saat membagikan informasi pribadi, yang mana bisa dilihat oleh ribuan bahkan jutaan orang. Kamu tidak akan tahu jika postingan di sosial media tersebut bisa dimanfaatkan oleh orang lain untuk hal-hal yang tidak baik, dan menjadi sumber masalah untukmu.

So, bijaklah dalam menggunakan sosial media, serta batasi dalam membagikan informasi detail tentang dirimu atau orang disekitarmu.

 

3. Hindari Akun Negatif / Toxic

5 Cara Bijak Menggunakan Sosial Media

sosiakita.com

Saat ini, semua informasi yang dibagikan di sosial media tidak semuanya baik dan berguna. Tidak sedikit berbagai informasi negatif bahkan hoax yang meresahkan bertebaran di  seluruh platform sosial media. Hal ini bisa membuat kamu terpapar oleh banyaknya konten-konten negatif, sarat kebencian, dan informasi-informasi menyesatkan lain yang bisa mempengaruhi kondisi emosional mu.

Berkaitan dengan hal itu, cara bijak menggunakan sosial media yang bisa kamu lakukan adalah dengan menyaring atau menghindari  konten negatif yang tersebar di sosial media tersebut. Jika kamu menemukan postingan atau akun yang berbau negatif/toxic, lebih baik langsung kamu hindari, dengan melaporkan atau memblokir akun tersebut, jangan membaca lebih lama atau  membagikan postingan tersebut ke sosial mediamu.

 

4. Membatasi Penggunaan Sosial Media

5 Cara Bijak Menggunakan Sosial Media

sosiakita.com

Teknologi seperti sosial media memang didesain untuk bisa membantu orang-orang berinteraksi dengan jarak jauh. Namun, bukan berarti harus terus menerus menggunakan sosial media setiap saat ya. Hal ini tentu harus dihindari dengan cara menggunakan sosial media sesuai  kebutuhan saja. Cara bijak menggunakan sosial media yang tidak kalah penting adalah dengan membatasi penggunaan sosial media agar kamu memiliki waktu untuk melakukan banyak hal lain, seperti bekerja, memasak, dan sebagainya. Gunakan waktu sebaik mungkin jangan habiskan waktumu untuk terus menggunakan sosial media saja.

 

5. Gunakan Untuk Sarana Personal Branding

5 Cara Bijak Menggunakan Sosial Media

sosiakita.com

Saat ini, membangun personal branding sangat penting, apalagi media sosial menjadi salah satu faktor untuk menentukan seseorang bisa diterima bekerja atau tidak. Untuk membangun personal branding yang baik, kamu dapat memanfaatkan fitur-fitur canggih yang ada di sosial mediamu, tentunya dengan postingan yang lebih terarah. Karena personal branding yang baik, bisa membuka peluang untuk mendapatkan sumber penghasilan lain. Tidak hanya itu kamu juga mendapat nilai positif dari para pencari karyawan diluar sana.

Cara bijak menggunakan sosial media yang bisa kamu lakukan pada hal ini adalah dengan membuat personal branding sebaik mungkin. Hal ini bisa membuat kamu terkenal dan membuka kesempatan untuk dapat berkarir atau berkarya lebih luas lagi, jugauntuk mempromosikan karya-karyamu atau produk dari usahamu.

 

Nah, gimana sudah paham kan bagaimana cara menggunakan sosial media secara bijak. Semoga artikel ini bisa membantu dan bermanfaat ya

 

Sosiakita adalah social media manager yang siap membantu marketing sosial media Anda. Fokus kami adalah menempatkan brand Anda pada pasar yang tepat, memberikan pendekatan yang berbeda kepada tiap klien dengan menyesuaikan kondisi pasar dan misi tiap perusahaan.
Share