Efek digital marketing di indonesia terhadap pemasaran di Indonesia dimana digital marketing adalah bentuk pemasaran masa depan yang lebih efisien dengan biaya lebih rendah. Pada era digital ini, dimana semua hal terhubung melalui hal ajaib bernama internet, banyak hal yang berubah. Meeting yang tadinya harus dilakukan dengan bertemu muka sekarang bisa dilakukan melalui video call atau video conference. Begitu juga dengan berkomunikasi dengan teman Anda yang jauh jaraknya, bila Anda dulu harus menggunakan surat yang tidak jelas kapan sampainya, sekarang teman Anda hanya berjarak pesan singkat yang tinggal dikirim melalui social messenger pilihan.

Sama halnya dengan dunia bisnis, era digital secara langsung maupun tidak langsung menggeser teknik pemasaran dan menuntut para pebisnis untuk mengikuti perkembangan zaman. Disinilah, teknik pemasaran bernama digital marketing diperkenalkan. Digital marketing sendiri adalah cara marketing untuk sebuah brand atau produk menggunaan media digital. Dibandingkan dengan conventional marketing yang membutuhkan usaha lebih banyak, digital marketing jauh lebih digandrungi sekarang ini karena dapat menjangkau seluruh belahan dunia dengan hanya bermodalkan internet.

Dalam hal ini, digital marketing mempengaruhi pangsa pasar dalam beberapa aspek:

1. Biaya 

4 Efek Digital Marketing Terhadap Pemasaran Di Indonesia

sosiakita.com

Efek digital marketing di indonesia terhadap pemasaran di Indonesia yang pertama adalah dari segi biaya. Dibandingkan dengan pemasaran di dunia nyata, pemasaran lewat digital relatif lebih irit dalam hal biaya. Hal ini dikarenakan kita hanya perlu membayar biaya posting iklan, desain, atau bentuk penawaran melalui internet.

 

2. Produk 

4 Efek Digital Marketing Terhadap Pemasaran Di Indonesia

sosiakita.com

Efek digital marketing di indonesia terhadap pemasaran di Indonesia yang kedua adalah dari segi produk. Dengan semakin berkembangnya zaman, produk sekarang tidak lagi terikat, misalnya dalam hal bentuk. Sesuatu yang tidak mempunyai bentuk fisik pun bisa diperjual belikan di dunia digital, misalnya e-book (buku digital), software, ide, dan lain sebagainya.

 

3. Promosi

4 Efek Digital Marketing Terhadap Pemasaran Di Indonesia

sosiakita.com

Efek digital marketing di indonesia terhadap pemasaran di Indonesia yang ketiga adalah dari segi promosi. Menggunakan internet, kita dapat lebih mudah untuk menargetkan pangsa pasar yang kita incar, misalnya untuk negara tertentu, komunitas yang mempunyai hobi spesifik, atau kalangan umur tertentu. Hal ini ditunjang dengan tidak perlunya kita mengeluarkan biaya transport untuk melakukan survey, cukup memakai survey secara online atau menggunakan yang sudah dibuat oleh orang lain.

 

4. Pengaruh Orang Lain 

4 Efek Digital Marketing Terhadap Pemasaran Di Indonesia

sosiakita.com

Efek digital marketing di indonesia terhadap pemasaran di Indonesia yang keempat adalah dari segi pengaruh orang lain. Sudah menjadi hal umum yang diketahui banyak orang, jika teman atau keluarga adalah salah satu pengaruh terbesar dalam membeli sesuatu. Namun dengan hadirnya blog, kita dapat dengan lebih mudah mencari referensi akan suatu produk atau mencari tahu tentang produk sebelum membelinya, sehingga memudahkan promosi.

 

4 Efek Digital Marketing Terhadap Pemasaran Di Indonesia

sosiakita.com

Bisa dikatakan kalau digital marketing adalah bentuk pemasaran masa depan. Bagaimana tidak, dengan lebih efisiennya pemasaran, biaya yang relatif lebih rendah, dan banyak keuntungan lainnya, bukan hal yang aneh bila akan ada semakin banyak perusahaan yang bergeser ke bidang digital. Salah satu contoh nyatanya adalah semakin tidak diminatinya koran, karena sekarang segala jenis informasi bisa didapatkan dengan mudah melalui internet. Koran yang mempunyai bentuk fisik pun terasa ribet, misalnya dari segi biaya, karena perlu ada biaya distribusi, biaya percetakan yang tidak sedikit, biaya maintenance mesin, dan lainnya. Sedangkan artikel digital tidak memerlukan biaya diatas, sehingga tidak sedikit bisnis percetakan yang kemudian ikut menggeluti dunia digital, misalnya Kompas yang ikut membuat website untuk membuat artikel dan berita secara online.

 

4 Efek Digital Marketing Terhadap Pemasaran Di Indonesia

sosiakita.com

Perusahaan besar pun tidak kalah saing, nama-nama seperti Pocari Sweat, Coca-Cola, Oreo, maupun Yamaha tak mau kalah dalam meramaikan kancah persaingan bisnis online. Sebagai contoh, Pocari Sweat sudah sering membuat digital campaign untuk menarik perhatian customer maupun untuk mendapatkan customer baru, misalnya dengan membuat website interaktif yang penuh dengan fitur menarik, misalnya dengan disungguhkannya info-info seputar Pocari Sweat yang ditampilkan secara menarik, promo, maupun games yang dapat dimainkan oleh pengunjung situsnya. Hal ini terbukti berhasil menaikan brand awareness dan brand image dari Pocari Sweat.

 

Sosiakita adalah social media manager yang siap membantu marketing sosial media Anda. Fokus kami adalah menempatkan brand Anda pada pasar yang tepat, memberikan pendekatan yang berbeda kepada tiap klien dengan menyesuaikan kondisi pasar dan misi tiap perusahaan.

DAPATKAN PENAWARAN MENARIK
DARI SOSIAKITA

ISI FORM