Instagram kini digunakan oleh banyak perusahaan sebagai media promosi. Instagram juga menjadi salah satu pilihan terbaik untuk dijadikan sebagai media digital marketing. Hal ini dikarenakan banyak perkembangan fitur yang dimiliki oleh Instagram. Instagram menyediakan beberapa pengaturan yang memudahkan perusahaan ataupun wirausaha untuk melakukan evaluasi. Caranya mudah, yakni dengan terus mengamati impression dan reach di Instagram. Tahukah kalian mengenai impression dan reach di Instagram?

Apabila Anda adalah salah satu orang yang menjadikan Instagram sebagai media marketing Anda, maka Anda wajib tahu definisi dan guna dari reach dan impression di Instagram. Reach adalah jumlah total orang yang melihat konten Anda. Sedangkan, impression menunjukkan berapa kali konten atau iklan Anda ditampilkan di layer, terlepas apakah konten tersebut diklik atau tidak. Dengan definisi tersebut, Anda sudah mempunyai gambarannya, bukan? Namun, untuk memperjelas informasinya, maka simak perbedaan impression dan reach di Instagram di bawah ini.

 

1. Objek yang diukur

Impression berguna untuk mengukur jumlah dari berapa kali user Instagram melihat konten Anda baik yang berupa feed ataupun story. Sedangkan, reach mengacu pada jumlah akun yang melihat postingan Anda baik dalam story ataupun feed.

 

2. Total angkanya

Impression bisa berjumlah lebih besar dari reach ataupun sama karena dilihat dari berapa kali konten Anda ditampilkan di layar. Hal itu dikarenakan satu akun bisa melihat konten Anda lebih dari satu kali. Sedangkan, reach hanya mengacu kepada berapa akun yang melihat konten Anda.

 

3. Fungsinya

Reach membantu Anda untuk dikenal oleh user Instagram lain dan membantu menciptakan algoritma Instagram supaya muncul di explore. Selain itu, reach membantu Anda untuk mengetahui kesalahan dari konten Anda. Sebagai contoh, jika konten Anda dapat menambahkan followers, maka Anda bisa mempertahankan isi materi Anda. Jika sebaliknya, maka Anda bisa mengembangkan dan mencari inovasi baru. Sedangkan impression membantu Anda memantau target pasar Anda dengan melihat akun-akun yang melihat konten Anda.

 

Perbedaan umum tentang reach dan impression ini dapat Anda cermati dan pelajari untuk evaluasi dan perkembangan usaha Anda. Dengan terus memantau reach dan impression dari akun Instagram Anda, maka Anda bisa meningkatkan brand awareness, menambah audience, membangun relasi antara Anda dengan konsumen, dan memantau jangkauan dan target pasar Anda. Bagaimana? Sudahkah Anda mempunyai pandangan bagaimana cara memasarkan produk Anda? Apabila Anda mengalami kesulitan, maka Anda bisa meminta bantuan kepada Sosiakita. Sosiakita ialah digital marketing dan social media manager yang membantu Anda dalam memasarkan dan mempromosikan produk ataupun usaha Anda. Informasi lebih lanjut, bisa klik disini.

DAPATKAN PENAWARAN MENARIK
DARI SOSIAKITA

ISI FORM