fbpx

3 Tools Penting Yang Perlu Diperhatikan Untuk Meningkatkan Bisnis di Instagram!

by Jan 24, 2024Business, Social media2 comments

  1. Home
  2. /
  3. Articles
  4. /
  5. Social media
  6. /
  7. 3 Tools Penting...

Seiring dengan berkembangnya dunia digital, social media marketing Instagram telah menjadi strategi wajib yang perlu dilakukan oleh para pelaku bisnis. Hal ini karena platform media sosial seperti Instagram menjadi salah satu teknik pemasaran yang efektif dan efisien dalam menggaet calon konsumen secara lebih luas. Dengan lebih dari satu miliar pengguna aktif bulanan, platform ini menawarkan peluang besar bagi para pelaku bisnis untuk memperluas jangkauan serta meningkatkan kehadiran online mereka.

3 Tools Penting Yang Perlu Diperhatikan Untuk Meningkatkan Bisnis di Instagram!

Namun teknik pemasaran melalui Instagram tidak hanya tentang mengunggah foto estetik atau membayar biaya iklan (ads) saja. Akan tetapi perlu menggunakan strategi yang tepat agar bisa mencapai goals yang diinginkan. Karena jika Anda menjalankan social media marketing tanpa pengetahuan yang matang dan tanpa strategi yang tepat, justru hanya akan membuang waktu, biaya dan tenaga lho. Belum tentu iklan Anda akan sampai ke calon pelanggan yang tepat, apalagi jika konten Instagram Anda bukan yang dicari oleh mereka. Nah untuk membantu Anda dalam mengoptimalkan social media marketing Instagram, Sosiakita akan merangkum 3 tools penting yang perlu diperhatikan untuk meningkatkan bisnis di Instagram, yang bisa Anda simak berikut ini!

 

1. Instagram Analytics Tools

3 Tools Penting Yang Perlu Diperhatikan Untuk Meningkatkan Bisnis di Instagram!

Sumber: Freepik

Instagram analytics tools menjadi tools pertama yang Sosiakita rekomendasikan karena memiliki kemudahan dan manfaat yang sangat banyak untuk membantu proses pemasaran di Instagram. Hal ini karena Instagram analytics menjadi dasar dari strategi pemasaran Instagram yang perlu para pemasar digital atau digital marketing pahami. Penting untuk Anda ketahui, bahwa semua keputusan dan strategi yang baik berasal dari data yang komprehensif pula. Nah agar strategi Anda bisa dikembangkan lebih tepat, Anda perlu memperhatikan metrik yang sebaiknya selalu diukur. Karena Instagram analytics tools sejatinya dirancang untuk membantu Anda dalam melacak dan mengevaluasi performa konten. Selanjutnya, data tersebut bisa Anda olah menjadi strategi konten yang baru untuk meningkatkan performa konten dan mencapai target yang diinginkan. Dengan instagram analitik tools Anda akan lebih mudah melakukan report mingguan dan report bulanan guan mengetahui performa konten mana yang paling efektif untuk dijalankan dalam pemasaran di Instagram.

 

Berikut ini merupakan beberapa rekomendasi Instagram analytics tools yang bisa Anda gunakan:

1. Instagram Insights

Tools Instagram Insight merupakan tool bawaan  yang tersedia secara gratis apabila menggunakan akun Instagram Business atau Creator. Dengan menggunakan instagram tools, Anda dapat melihat kinerja akun, termasuk interaksi, jangkauan, pengikut, bahkan iklan yang sedang dijalankan. Namun, data yang disajikan oleh tool ini sangat terbatas, terlebih jika Anda ingin memonitor akun bisnis Anda lebih mendalam dan dengan metrik yang lebih banyak. Untuk itu, Anda bisa mencoba tools lainnya.

2. Hootsuite

Tool Instagram analytic selanjutnya yang bisa Anda gunakan yaitu Hootsuite Analytics. Berbeda dengan Instagram Insight, tool ini mampu untuk memonitor Instagram analytics  lebih detail. Beberapa keunggulan lain dari tool ini yaitu dapat mengakses performa akun dari waktu yang sudah lama dan bisa dilihat berkali kali. Selain itu, bisa juga melihat informasi waktu posting terbaik, hasil laporan dapat diunduh, dan terdapat opsi untuk memilih metrik yang ingin Anda perhatikan saja. Anda juga bisa memonitor sentimen audiens melalui tool ini.

3. Iconosquare

Tools instagram analytic selanjutnya yaitu Iconosquare, yang menyediakan data tentang jangkauan, interaksi, statistik pengikut, dan lainnya. Tool Iconosquare juga memberikan informasi tentang perbandingan performa akun yang Anda kelola terhadap rata-rata performa akun Instagram lainnya. 

4. Keyhole

Keyhole merupakan tool instagram analitik yang bisa Anda gunakan untuk mengukur kinerja hastag dan user generated content yang dijalankan di Instagram secara real time. Selain metrik standar, tools ini secara khusus menyediakan analisis hashtag dan pelacakan kata kunci. Anda juga bisa memonitor Instagram analitik saat menjalankan kampanye dengan influencer. 

 

Baca Juga: 5 Manfaat Pentingnya Facebook Pixel untuk Bisnis Olshop

 

2. Visualisasi Content Tools

3 Tools Penting Yang Perlu Diperhatikan Untuk Meningkatkan Bisnis di Instagram!

Sumber: Freepik

Instagram adalah platform yang didominasi oleh konten visual. Untuk bersaing secara efektif, Anda perlu menghasilkan visualisasi konten yang estetik, menarik dan memukau. Meskipun Instagram telah menyediakan tool editing yang bisa digunakan secara gratis untuk menunjang membuat konten, akan tetapi tool yang tersedia sangat terbatas. Sehingga Anda perlu menggunakan tool editing lain untuk mengedit konten Instagram feed, Instagram story, maupun konten Reels Instagram. Karena untuk menciptakan desain grafis yang eye-catching tanpa perlu keterampilan desain tinggi Anda memerlukan tool editing yang canggih dan lengkap. Dengan menonjolkan merek Anda melalui visual yang menarik, Anda dapat membangun daya tarik yang kuat di antara audiens Instagram Anda.

 

Berikut ini merupakan beberapa rekomendasi visualisasi content tools yang bisa Anda gunakan untuk mengedit konten foto, story maupun video:

1. Canva

Visual memainkan peran kunci dalam menarik perhatian pengguna Instagram. Canva adalah alat desain grafis yang memungkinkan Anda membuat konten visual yang menarik tanpa harus menjadi seorang desainer profesional. Dengan template yang mudah digunakan, Canva memungkinkan Anda membuat gambar, grafik, dan cerita yang mencolok untuk meningkatkan daya tarik konten Anda. Dengan desain yang menarik, bisnis Anda dapat membedakan diri dari pesaing dan membuat kesan yang kuat pada audiens.

2. CapCut

Saat ini konten foto, konten Instagram Reels juga banyak digandrungi oleh para audiens Instagram. Untuk itu Anda perlu menciptakan konten video yang unik dan menarik agar mendapatkan banyak penayangan. Dengan bantuan CapCut Anda bisa mengedit konten video yang menarik dengan berbagai template yang tersedia dan tool editing yang lengkap. Sehingga membuat konten yang menarik dan berkualitas seperti editan para profesional tidak lagi susah. Anda juga tidak perlu menguasai Adobe premiere pro atau sejenisnya yang lebih rumit. Anda juga bisa langsung mengupload hasil editing Anda ke Instagram Reels, ke TikTok, maupun YouTube.

3. Unfold

Selain feed, konten Instagram Story juga perlu diperhatikan karena bisa menarik perhatian para followers Anda. Umumnya Instagram Story lebih banyak dilirik karena interaksinya yang lebih mudah serta update yang sangat cepat. Meskipun Instagram telh menyediakan banya fitur menark untuk mengedit konten story, seperti font, stiker, gif, musik, dan lain sebagainya, akan tetapi Anda tetap membutuhkan aplikas editing yang memiliki tool lebih lengkap. Salah satunya yaitu Unfold. Anda bisa mengkombinasikan fitur yang ada pada unfold dengan fitur yang tersedia di Instagram story untuk menciptakan konten yang menarik dan eye catching, agar engagement naik.  Unfold menawarkan banyak template menarik untuk membuat story Instagram Anda cantik dan estetik.

 

3. Social Media Management Tools

Manajemen media sosial merupakan tugas yang tidak boleh dianggap enteng. Social media management tools, seperti Buffer, membantu Anda mengelola jadwal posting dengan efisien, memastikan konsistensi, dan memungkinkan Anda untuk fokus pada aspek kreatif dari bisnis Anda. Dengan menjaga konsistensi posting dan berinteraksi dengan audiens, Anda dapat membangun komunitas yang terlibat.

 

Berikut ini merupakan beberapa rekomendasi social media management tools yang bisa Anda gunakan untuk mengelola jadwal unggahan konten di akun bisnis Anda:

1. Buffer

Salah satu kunci keberhasilan di Instagram adalah konsistensi dalam mengunggah konten. Buffer adalah salah satu social media management tools yang memungkinkan Anda mengatur jadwal posting dengan mudah. Dengan Buffer, Anda dapat membuat kalender editorial, merencanakan posting untuk waktu yang tepat, dan mengelola beberapa akun Instagram sekaligus. Ini membantu memastikan bahwa konten Anda di posting secara teratur, bahkan ketika Anda sibuk dengan aspek lain bisnis Anda. Selain itu Anda juga bisa menganalisa pertumbuhan followers serta engagement dari post dan story Anda. Tentu saja ini sangat penting untuk mengevaluasi apakah postingan Anda memang sesuai dengan target market atau tidak. Buffer juga menawarkan penyimpanan koleksi hashtag yang sesuai dengan yang Anda gunakan pada postingan.

2. Hootsuite

Selain bisa digunakan untuk analitik instagram, Hootsuite juga bisa digunakan untuk untuk social media management. Hal ini karena Hootsuite memiliki fitur paling lengkap. Anda bisa menjadwalkan unggahan konten, memonitor, sekaligus menganalisis akun media sosial bisnis Anda melalui social media scheduling tools yang satu ini. Anda juga bisa menggunakan Hootsuite untuk mengelola 35 media sosial, termasuk Instagram, Facebook, Twitter, YouTube, dan Pinterest.

 

Itulah 3 tools penting yang bisa Anda gunakan untuk meningkatkan bisnis di Instagram. Meningkatkan bisnis di Instagram memerlukan pendekatan yang terencana dan efisien. Dengan memanfaatkan alat-alat seperti Buffer, Canva, dan Instagram Insights, Anda dapat meningkatkan visibilitas dan kinerja bisnis Anda di platform ini. Jangan ragu untuk eksperimen dengan strategi baru sambil terus memantau analisis untuk memastikan bahwa Anda tetap berada di jalur yang benar. Dengan menggabungkan kekreatifan, konsistensi, dan analisis, Anda akan memperkuat kehadiran bisnis Anda di Instagram untuk mencapai goals yang diinginkan. 

 

Setelah memahami pentingnya ketiga tools tersebut, langkah selanjutnya yang bisa Anda lakukan yaitu  memaksimalkan keberhasilan di Instagram dengan ahli digital marketing yang berpengalaman dan profesional. Sosiakita, dengan pengalamannya yang tinggi dalam pengelolaan media sosial bisnis, dapat menjadi mitra yang andal untuk membantu Anda mencapai tujuan pemasaran Anda. Dengan mengoptimalkan penggunaan tools ini dan mendapatkan bimbingan dari profesional di Sosiakita, Anda dapat memaksimalkan potensi bisnis Anda di dunia digital. Jangan ragu untuk menghubungi Sosiakita dengan klik disini atau temukan kami di LinkedIn, Facebook, serta Instagram untuk mengetahui informasi terupdate lainnya. 

 

Semoga informasi yang telah disampaikan diatas bisa membantu Anda. Pastikan untuk terus update mengenai berita terbaru seputar dunia bisnis, digital, media sosial, dan tips marketing lainnya yang bisa Anda akses di Sosiakiata Blog.

Written by Sosiakita Brand

2 Comments

  1. Yantiz racheil

    Keren sekali artikelnya, ini nih yang saya cari cari makasih kak

    Reply
    • Sosiakita Brand

      Sama – sama kak, semoga bermanfaat.

      Reply

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel menarik lainnnya

Generic selectors
Exact matches only
Search in title
Search in content
Post Type Selectors

Komentar

    "We are a digital marketing agency located in Surabaya. We have helped 100+ businesses to increase their brand existence in the digital world."

    © 2023 Sosiakita. All Right Reserved