Tips penggunaan Hashtag atau pagar(#) perlu diterapkan dalam pemasaran digital Anda terlebih dalam pemasaran melalui media sosial. Anda tentu sudah tidak asing lagi dengan istilah Hashtag ataupun pagar(#), saat ini penggunaan hashtag banyak diterapkan dalam  media sosial seperti Instagram, Tik-Tok, Twitter, dan lain sebagainya. Pada dasarnya Hashtag memiliki kegunaan yang hampir sama dengan hyperlink, di mana dapat memudahkan orang lain untuk mencari topik yang berhubungan. Tidak hanya itu, hashtag juga dapat menggolongkan topik atau tema dalam media sosial. Berdasarkan riset yang dilakukan oleh Simply Measured, suatu artikel yang menggunakan hashtag dapat meningkatkan engagement sebesar 12,6%, hal ini lebih besar dibanding dengan artikel yang tidak menggunakan hashtag. Sehingga hashtag dapat digunakan dalam strategi marketing di dunia bisnis..

 

Untuk menggunakan hashtag pada dasarnya sangatlah mudah, Anda tidak perlu mengeluarkan anggaran apapun. Namun terdapat trik penggunaan hashtag yang perlu Anda perhatikan agar hashtag dapat efektif meningkatkan penjualan produk. Lantas bagaimana saja tips yang tepat dan efektif untuk penggunaan hashtag? Silahkan Anda simak penjelasan mengenai beberapa tips penggunaan hashtag berikut ini.  

1. Melakukan Riset Hashtag 

5 Tips Penggunaan Hashtag yang Efektif untuk Penjualan Produk

 

Tips penggunaan hashtag yang pertama yaitu menentukan hashtag dengan melakukan riset terlebih dahulu. Dengan melakukan riset hashtag Anda akan mengetahui seberapa besar jumlah frekuensi dan volume dari berbagai postingan yang berhubungan dengan hashtag yang Anda pilih. Selain itu Anda juga akan mengetahui hashtag apa saja yang sedang trending. dan juga Anda akan mengetahui hashtag apa saja yang dapat menarik banyak perhatian audiens. Contohnya, sebelum menentukan hashtag Anda dapat melakukan riset pada Google trend, keywordtool, atau sosial media search dengan mengetikkan (#) diikuti dengan keyword yang ingin Anda jadikan hashtag.   

2. Tidak Terlalu Banyak Menggunakan Hashtag

5 Tips Penggunaan Hashtag yang Efektif untuk Penjualan Produk

 

Tips penggunaan Hashtag selanjutnya yaitu membatasi penggunaan hashtag atau menggunakan hashtag secukupnya. Apakah Anda pernah berpikir bahwa menggunakan hashtag yang banyak untuk konten media sosial dapat memaksimalkan kinerja hashtag dan menjangkau banyak orang? Hal tersebut mungkin sepenuhnya salah, namun terlalu banyak menggunakan hashtag akan percuma, apabila hastag-hastag tersebut kurang relevan dengan bisnis atau konten Anda. Sehingga usahakan untuk memilih beberapa hashtag saja yang relevan dan efektif untuk menjangkau target pasar yang tepat. Contohnya, Anda hanya perlu memasukkan maksimal 10 hashtag yang relevan dengan bisnis dan konten Anda di media sosial. Patikan juga hashtag yang Anda gunakan tidak terlalu panjang sehingga audiens dapat dengan mudah membaca dan mengerti. 

3. Menggunakan Hashtag Sesuai dengan Aturan Main Jenis Media Sosial

5 Tips Penggunaan Hashtag yang Efektif untuk Penjualan Produk

 

Tips penggunaan hashtag yang ketiga yaitu mengikuti aturan main dari media sosial. Karena pada dasarnya setiap media sosial memiliki aturan main yang berbeda-beda dalam penerapan hashtag. Sebagai contoh aturan penggunaan hashtag di Twitter berbeda dengan Instagram. Hashtag yang digunakan di Twitter bekerja dengan cara menghubungkan percakapan dari berbagai pengguna dengan topik yang sama menjadi satu atau beberapa kumpulan tertentu. Meskipun terdapat pengguna Twitter yang tidak saling memfollow atau tidak menggunakan hashtag tetapi menyertakan topik yang sama, maka akan saling terhubung dengan pengguna lain melalui hashtag atau topik yang sama tersebut.. Sedangkan untuk Instagram cenderung lebih fokus pada deskripsi konten. Jika konten Anda tidak mencantumkan tagar (#) atau hashtag pada kolom deskripsi maka postingan Anda tidak akan muncul pada kelompok  hashtag.  

4. Meletakkan Hashtag Pada Deskripsi Profile

5 Tips Penggunaan Hashtag yang Efektif untuk Penjualan Produk

 

Tips penggunaan Hashtag selanjutnya yaitu dengan meletakkan hashtag pada deskripsi profile. Umumnya saat orang lain pertama kali mengklik atau melihat akun media sosial Anda, mereka akan pertama kali fokus pada deskripsi. Sehingga Anda perlu mencantumkan informasi-informasi yang penting pada kolom deskripsi. Nah salah satu contohnya yaitu meletakkan hashtag pada kolom deskripsi profile. Namun tidak perlu mencantumkan hashtag yang terlalu banyak, cukup satu atau dua yang menurut Anda relevan. Biasanya hashtag yang dipasang pada profil pengguna berupa hashtag brand yang berisi kumpulan postingan produk, kampanye produk atau testimoni. 

5. Melakukan Analisis dan Evaluasi Hashtag

5 Tips Penggunaan Hashtag yang Efektif untuk Penjualan Produk

 

Tips penggunaan Hashtag selanjutnya yang perlu Anda lakukan yaitu melakukan analisis dan evaluasi hashtag yang telah digunakan. Salah satu contohnya yaitu setelah Anda menggunakan berbagai hashtag pada postingan sebelumnya, Anda perlu memantau kinerja hashtag. Setelah itu Anda perlu menganalisa lebih mendalam mengenai postingan apa yang lebih populer, kemudian perhatikan apakah postingan tersebut menggunakan tren hashtag atau hashtag lainnya. Apabila Anda melihat beberapa postingan sering menjadi populer atau memiliki engagement yang tinggi dan berisi hashtag yang sama, maka Anda perlu memasukkan hashtag tersebut pada postingan yang akan datang.  

Setelah itu Anda juga perlu melakukan evaluasi secara lebih mendalam mengenai kinerja hashtag pada postingan Anda. Contohnya, dalam beberapa periode waktu, katakanlah dalam satu bulan, kemungkinan Anda akan menemukan hashtag terbaik dan populer. Sehingga Anda dapat terus menggunakan hashtag tersebut dalam setiap postingan Anda. Namun Anda juga harus tetap memperbaiki dan memantau hashtag yang efektif pada setiap waktunya.

 

Nah, itulah 5 tips penggunaan hashtag yang efektif untuk meningkatkan penjualan produk , yang dapat Anda terapkan dalam strategi pemasaran di media sosial. Pastikan juga untuk membuat konten feeds yang menarik dan informatif, agar audiens tertarik mengunjungi akun Anda. Namun saat ini Anda tidak perlu khawatir karena Sosiakita untuk membuat akun bisnis Anda menjadi menarik dan profesional. Sehingga menarik banyak calon pelanggan untuk mengikuti akun sosial Anda. Untuk informasi lebih lanjut silahkan klik disini!    

DAPATKAN PENAWARAN MENARIK
DARI SOSIAKITA

ISI FORM