fbpx

Tips Membuat Thumbnail YouTube Menarik, Biar Bikin Penasaran

by Oct 31, 2023Social media0 comments

  1. Home
  2. /
  3. Articles
  4. /
  5. Social media
  6. /
  7. Tips Membuat Thumbnail...

Thumbnail YouTube merupakan first impression bagi para pengguna terhadap konten kita sehingga content creator perlu mengetahui cara membuat thumbnail YouTube yang menarik. Dari YouTube sendiri sebenarnya memberi rekomendasi thumbnail berdasarkan dari cuplikan video yang dimuat, namun itu belum cukup. Content creator harus bisa membuat thumbnail yang eye-catching agar pengguna lebih tertarik untuk menonton video yang kita unggah. 

 

Thumbnail mengambil peran penting dalam membentuk impression penonton terhadap konten yang diunggah dan keberlangsungan akun. Berikut adalah fungsi dan manfaat thumbnail

  • Memikat daya tarik penonton
  • Membantu penonton memahami sekilas isi video
  • Memudahkan pengguna dalam mencari video yang ingin dibuat
  • Membantu meningkatkan viewers dan peringkat video 

 

Lalu bagaimana cara membuat thumbnail YouTube yang menarik? Yuk simak artikel berikut ini! 

1. Tentukan Tools yang Akan Digunakan

Ada beberapa alat atau tools desain yang dapat kamu jadikan pilihan dalam membuat atau mengedit thumbnail YouTube. Tools tersebut seperti canva, Adobe Photoshop, PicMaker, Visme atau alat editing lain dalam bentuk aplikasi maupun situs online. Pilih tools sesuai dengan kebutuhan dan yang kamu kuasai. Pada saat ini banyak sekali tutorial mengenai penggunaan tools di Internet yang dapat diakses secara mudah untuk belajar hingga menambah skill

2. Gunakan Foto yang Menarik

Untuk dapat menarik perhatian pengguna gunakan foto yang unik, eye catching ataupun footage terbaik dari video yang akan kamu unggah. Usahakan agar foto yang digunakan dapat mewakili sebagian isi video ataupun menampilkan hal yang paling menarik. Gambar juga dapat diunduh dari situs online seperti Unsplash, Pixabay, Freepik atau yang lainnya. Pastikan juga untuk menggunakan foto yang sesuai dengan resolusi sebesar 1280×720 dan lebar minimum 640 pixel serta menggunakan format JPG, PNG, GIF atau BMP. 

3. Gunakan Efek atau Stiker

Selain menggunakan foto yang menarik, menambahkan objek, stiker ataupun efek juga dapat menambah kesan lebih dramatis, lucu, ataupun menarik pada thumbnail YouTube. Hal ini dapat kamu lakukan apabila thumbnail yang dibuat hanya berisi foto atau tulisan. Selain itu, dengan menggunakan stiker atau efek juga dapat lebih memperjelas genre atau jenis video yang akan diunggah. 

4. Tambahkan Tulisan dan Background 

Menambahkan tulisan dan background juga dapat dilakukan untuk menarik perhatian pengguna. Dengan memperhatikan jenis font dan menggunakan warna yang kontras antara teks dan background dapat menjadi daya tarik tersendiri karena pengguna akan dapat langsung terfokus pada teks dalam thumbnail. Pastikan juga untuk menggunakan judul yang tidak terlalu panjang karena semakin pendek maka akan semakin baik namun pastikan juga judul mewakili keseluruhan isi video. Warna background sendiri dapat disesuaikan dengan warna brand atau color palette brand agar lebih mudah dikenali. 

5. Hindari Judul atau Tulisan yang Misleading

Yang terakhir adalah menghindari judul atau tulisan yang misleading. Misleading dapat diartikan sebagai apa yang ada pada judul thumbnail tidak sesuai dengan isi video. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa meskipun menggunakan judul singkat, namun kita harus tetap memastikan agar judul tersebut sesuai dengan isi video yang akan diunggah. Jika terdapat misleading pada thumbnail, hal tersebut dapat menyebabkan penonton merasa dibohongi sehingga dapat mengurangi kepercayaan publik kepada kita yang dapat berdampak pada konten kita kedepannya. 

Thumbnail YouTube sangat penting diperhatikan karena dapat meningkatkan minat pengguna untuk menonton konten kita. Yuk, konsultasikan kebutuhan marketing bisnis Anda dengan Sosiakita. Karena Sosiakita menyediakan berbagai layanan digital marketing yang berkualitas untuk meningkatkan performance bisnis Anda, seperti pembuatan website, pengembangan web, optimasi ads, optimasi SEO, hingga pembuatan campaign dan konten-konten untuk website dan sosial media bisnis Anda menjadi lebih menarik, berkualitas, dan profesional. Tunggu apalagi? Hubungi sosiakita sekarang juga dengan klik disini atau langsung menuju halam resmi kami di sini  dan temukan kami di LinkedIn, Facebook, serta Instagram untuk mengetahui informasi terupdate lainnya.

Written by Sosiakita Brand

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel menarik lainnnya

Generic selectors
Exact matches only
Search in title
Search in content
Post Type Selectors

Komentar

    "We are a digital marketing agency located in Surabaya. We have helped 100+ businesses to increase their brand existence in the digital world."

    © 2023 Sosiakita. All Right Reserved