fbpx

Apabila Anda sedang menjalankan bisnis atau baru ingin memulai bisnis, pastikan mengenal teknik marketing scarcity. Scarcity itu sendiri ialah strategi marketing yang berkaitan dengan ketersediaan suatu komoditi secara terbatas. Bisa kita bilang bahwa teknik marketing ini berarti kelangkaan.

Dengan menerapkan strategi scarcity, maka bisa mempengaruhi psikologis seseorang untuk segera membuat pilihan. Apakah akan mengambil komoditi langka tersebut dengan perhitungan value lebih besar daripada komoditi yang jumlahnya melimpah. Penerapan teknik ini pun sangat menguntungkan dalam berbisnis.

Supaya usaha yang Anda buka memberikan hasil memuaskan dan keuntungan optimal, maka bisa mempraktikkan beberapa teknik marketing di bawah ini. Teknik scarcity mampu membuat produk yang Anda tawarkan jadi buruan pelanggan. Lantas apa saja teknik tersebut?

 

1. Promosi dengan Batas Waktu

Teknik scarcity pertama yang bisa Anda lakukan yakni menawarkan promosi dengan batas waktu tertentu. Karena memiliki batas waktu, pelanggan cenderung membuat keputusan secepat mungkin. Pelanggan tentu tak mau menyia-nyiakan produk tersebut sebab dikejar banyak orang.

Batasan waktu pun membuat pelanggan tak bisa memikirkan hal lain sehingga hanya terfokus untuk segera memiliki produknya. Dalam mempraktikkan teknik marketing scarcity ini, nantinya Anda bisa melakukan penghitungan waktu mundur. Pastinya produk Anda laris manis di pasaran.

 

2. Countdown Pengiriman Selanjutnya

Selain melakukan promosi dengan batas waktu tertentu, Anda juga bisa countdown pengiriman selanjutnya. Biasanya strategi ini sangat ampuh dalam menawarkan produk yang bersifat pre-order. Dengan begitu, pelanggan bisa memesan dulu produk yang sesuai keinginan maupun kebutuhan. Setelah itu, barang baru dikirim.

 

3. Countdown Harga Barang

Teknik marketing lainnya yaitu menerapkan strategi countdown harga barang. Apabila Anda tertarik untuk menerapkan strategi yang satu ini, maka hanya perlu memberikan batas waktu pada harga jual produknya. Singkatnya Anda beri saja potongan harga berbatas waktu.

 

4. Pemberitahuan Stok Terbatas

Apabila Anda bandingkan dengan toko offline, teknik marketing scarcity ini terbukti lebih efektif untuk toko online. Pasalnya, stok terbatas atau bisa kita bilang produk langka membuatnya tampak lebih populer dan eksklusif. Hal ini bisa mempengaruhi pelanggan untuk segera memiliki barang tersebut sebelum kehabisan.

 

5. Penawaran Berdasarkan Momen

Momen atau musiman bisa Anda jadikan waktu terbaik dalam menawarkan produk. Misalnya saja momen Valentine, Natal, tahun baru, lebaran, dan lain sebagainya. Anda bisa tawarkan produk yang memang banyak peminatnya selama momen tersebut. Biasanya tiap momen memiliki produk musiman yang berbeda-beda dan pastinya spesial.

 

Itulah teknik scarcity yang bisa Anda terapkan untuk mempromosikan bisnis. Semoga informasi yang telah kami sampaikan di atas bisa membantu Anda. Jika ingin bisnis Anda berjalan dengan sukses dan omzetnya meningkat, jangan lupa menerapkan strategi marketing secara tepat.

Apabila Anda masih bingung terkait penerapan marketing yang efektif sekaligus tepat untuk bisnis, silakan kunjungi laman resmi Sosiakita sekarang juga! Sosiakita merupakan digital marketing agency terbaik dan terpercaya di Surabaya yang akan membantu Anda dalam menentukan serta menerapkan strategi pemasaran terbaik. Seperti social media marketing, content marketing, SEO, dan ads management.

Dengan kolaborasi dari team spesialis yang ahli di bidangnya, kami menghadirkan layanan sekaligus solusi terbaik untuk kebutuhan promosi digital Anda. Kami terus melakukan riset seiring perkembangan teknologi guna membantu mewujudkan visi dan misi usaha Anda. Tunggu apa lagi, segera hubungi kami sekarang untuk free konsultasi. Bisa pula kunjungi laman kami di sini dan temukan di  LinkedIn, Facebook, dan Instagram untuk mengetahui informasi terbaru lainnya.

Share