Decoy effect merupakan salah satu strategi marketing khusus yang dapat Anda terapkan dalam bisnis yang sedang Anda jalankan. Dalam berbisnis, hal yang paling sulit yaitu tentang bagaimana cara memasarkan produk sehingga dapat laku atau terjual dipasaran. Faktanya dalam memasarkan suatu produk atau jasa memang memerlukan strategi atau trik khusus agar terjadi suatu pembelian. Apalagi jika produk atau jasa yang Anda pasarkan memiliki banyak pesaing. Untuk itu adanya trik atau strategi seperti decoy effect untuk mendapatkan keuntungan yang besar. Nah berikut ini penjelasan mengenai strategi decoy effect dan cara kerjanya yang perlu Anda simak agar dapat Anda terapkan pada bisnis Anda. 

Tips ini adalah salah satu trik psikologi harga. Lebih jelasnya, decoy effect merupakan strategi marketing yang digunakan para pebisnis untuk membuat goyah pelanggan dengan opsi harga produk yang dijualnya. Sang pelanggan yang terkena strategi  ini akan cenderung mengganti pilihan di antara dua opsi saat diberikan opsi ketiga yang tidak seimbang. Nah, trik ini merupakan salah satu permainan harga yang bertujuan untuk mengarahkan pembeli ke opsi produk yang harganya lebih mahal.

 

Pengertian Decoy Effect

Ketahui Apa Itu Strategi Decoy Effect Dan Cara Kerjanya

Istilah decoy effect mungkin beberapa masih sedikit asing ditelinga beberapa orang. Pada dasarnya decoy effect adalah fenomena psikolog dimana manusia atau konsumen cenderung mempertimbangkan pilihan diantara dua opsi yang diberikan sesuai dengan kebutuhan dan keperluan mereka, namun pilihan tersebut akan dipatahkan dengan adanya opsi ketiga yang lebih sesuai dengan ekspektasi. Lebih jelasnya, decoy effect adalah strategi marketing yang digunakan oleh para pebisnis untuk membuat pelanggan goyah dengan opsi harga produk yang dijualnya. Sehingga pelanggan atau konsumen yang terkena strategi ini akan cenderung mengganti pilihan diantara dua opsi yang diberikan sebelumnya dengan opsi ketiga yang tidak seimbang. 

 

Decoy effect ini biasa disebut sebagai asymmetric dominance effect atau attraction effect, yang merupakan sebuah bagian dari ilmu psikologi marketing. Ilmu ini telah banyak digunakan secara luas oleh berbagai pebisnis produk atau layanan dalam menetapkan strategi atau opsi untuk meningkatkan penjualan menjadi lebih banyak. Dalam dunia pemasaran, strategi ini menjadi metode dimana suatu konsumen akan lebih cenderung memiliki perubahan preferensi yang spesifik antara dua opsi ketika disajikan dengan opsi ketiga. Adapun tujuan dari adanya metode yaitu agar konsumen memilih untuk mengeluarkan uang lebih banyak. Namun meskipun para konsumen memilih mengeluarkan lebih banyak uang, mereka tidak merasa membeli barang atau layanan dengan harga yang mahal, tetapi merasa bahwa harga tersebut lebih murah. 

 

Jadi decoy effect ini merupakan suatu permainan harga yang mengarahkan pembeli untuk memilih opsi produk dengan harga yang lebih mahal. Startegi ini sebenarnya merupakan contoh nyata dari pelanggaran independensi aksioma alternatif yang tidak relevan dari teori keputusan. Effect ini telah dijelaskan pertama kali oleh Joel Huber, Christopher Plato, dan John Payne dalam jurnal Consumer Research pada tahun 1982 serta diulas secara mendalam pada bab pertama dari buku “Predictably Irrational” yang telah ditulis oleh Dan Ariely.         

 

Cara Kerja Decoy Effect

Ketahui Apa Itu Strategi Decoy Effect Dan Cara Kerjanya

Apakah Anda masih merasa bingung dengan strategi decoy effect? Nah berikut ini merupakan salah satu contoh dari penerapannya pada penetapan harga.

Apakah Anda pernah membeli suatu minuman seperti Boba atau Thai tea di mall atau tempat sejenisnya? Nah, umumnya penjual akan menawari Anda dengan berbagai pilihan size dari Thai tea maupun Boba tersebut, yaitu dengan ukuran kecil, sedang, atau besar. Untuk Boba ukuran kecil akan dihargai dengan Rp 13.000, boba ukuran medium Rp 18.000, sedangkan Boba ukuran besar diberi harga Rp 21.000. 

Jika Anda terkena trik psikologi harga, tentu Anda akan membeli Boba ukuran besar karena memiliki selisih harga yang sedikit diantara ukuran sedang dengan besar. Anda tentu berpikir bahwa membeli Boba dengan ukuran besar akan lebih menghemat uang dibandingkan dengan memilih Boba ukuran kecil dan besar. 

Lantas mengapa hal tersebut bisa terjadi? Karena Ana telah terkecoh dengan salah satu opsi yang diberikan, yaitu opsi Boba medium yang memiliki selisih harga yang tipis dengan harga Boba besar. Pada kenyataannya hal tersebut justru membuat Anda mengeluarkan uang lebih banyak. Seharusnya Anda membeli Boba dengan ukuran yang sesuai kebutuhan. 

 

Kesimpulan

Ketahui Apa Itu Strategi Decoy Effect Dan Cara Kerjanya

Jika Anda seorang pebisnis, strategi atau trik decoy effect ini sangat direkomendasikan untuk diterapkan pada bisnis Anda. Karena Anda dapat membuat pelanggan membeli produk dengan harga yang lebih mahal. Sehingga trik psikologi harga ini dapat meningkatkan omzet penjualan menjadi lebih banyak. Caranya, Anda harus memberikan dua opsi terlebih dahulu kepada pelanggan, sembari mereka masih berpikir, Anda dapat memberikan opsi lain atau opsi ketiga yang lebih menarik. Beberapa contoh bisnis yang menerapkan trik marketing ini yaitu Starbucks.

 

Nah itulah pengertian dan cara kerja decoy effect yang bisa Anda simak dan terapkan dalam bisnis. Jika Anda seorang pebisnis dan membutuhkan layanan jasa untuk membuat bisnis Anda menjadi lebih profesional serta menggunakan strategi marketing yang terbaik? kunjungi halaman kami disini atau hubungi kami sekarang juga!  

DAPATKAN PENAWARAN MENARIK
DARI SOSIAKITA

ISI FORM