Di zaman sekarang ini siapa yang tidak menggunakan aplikasi instagram sebagai salah satu sarana alat pemasaran digital? Jika kamu adalah salah satunya, maka kali ini kamu harus mulai menggunakan instagram sebagai sarana pemasaran bisnis berbasis digital dan ciptakan strategi instagram yang baik untuk bisnismu. Berbicara mengenai strategi  marketing, tentunya strategi ini harus direncanakan dengan sedetail mungkin. Sebab dengan strategi marketing instagram yang baik, tentunya akan membuat bisnismu lebih dikenal banyak orang. Terutama jika dikenal dengan audience potensial yang kamu miliki. Tidak hanya brand awareness saja yang akan meningkat, namun ini juga akan memberikan pengaruh terhadap closing atau sales yang akan kamu dapatkan.

 

Berbicara mengenai strategi instagram marketing yang baik, tentunya tidak lepas dari peran followers yang kamu miliki. Mengapa demikian? Karena followers mu sudah pasti merupakan audience yang potensial. Mereka mengikutimu karena mungkin merasa adanya ketertarikan atau kesesuaian interest. Sehingga perlu bagi kamu untuk memahami behavior dan demografis pengikutmu di Instagram. Mengenai apa yang mereka sukai, apa yang mereka butuhkan, dan lain sebagainya. Maka pastikan kamu tidak hanya membagikan konten yang berbau promosi dan penjualan saja, namun juga konten yang tentunya berisikan value agar pengikutmu bisa mendapatkan insight baru.

 

Nah di instagram sendiri ada beberapa aspek yang perlu kamu perhatikan selain konten yang baik. Ada desain konten yang harus dibuat menarik dan eye-catching, copywriting melalui caption, pesan yang akan disampaikan ke para pengikutmu, dan lain sebagainya. Namun kali ini kita akan membahas mengenai caption saja. Tentang bagaimana menciptakan caption yang baik sebagai strategi instagram marketing mu. Jangan lewatkan satu poin pun dalam pembahasan ini, karena kita akan membahasnya tuntas. so pastikan kamu menyimak dengan baik ya!

  

1. Caption Pendek Namun Memiliki Makna yang Jelas

strategi instagram marketing

 

Idealnya caption pada instagram ditulis dengan singkat, jelas, dan padat. Namun maknanya harus tetap tersampaikan dengan jelas kepada pembaca. Hindari menulis caption yang bertele-tele dan boros kata. Jangan membuat audiens menjadi bingung dan bosan membaca caption yang kamu buat. Karena idealnya followersmu tidak hanya mengikuti kamu saja di Instagram, mereka juga tidak akan menghabiskan waktu untuk membaca postingan kamu saja. Maka dari itu kamu harus memperhatikan betul mengenai pemilihan kata yang akan digunakan pada caption.

 

Jika foto yang kamu bagikan harus memuat deskripsi atau penjelasan yang cukup panjang pada bagian caption, maka kamu harus memastikan bahwa caption yang kamu buat tidak membosankan untuk dibaca. Kamu perlu mengetahui pilihan kata yang tepat untuk membuat audiens menjadi tertarik untuk membaca caption dari awal hingga akhir. Nah ada satu tips juga yang bisa kamu terapkan untuk strategi caption instagram yang kamu buat. Tips nya adalah pastikan caption yang kamu tulis tidak terlalu pendek dan bisa di klik “see more”. Ini akan membuat followers mu tertarik untuk membaca captionmu sampai akhir. Asal pemilihan yang kata yang kamu gunakan cukup efektif dan menarik untuk dibaca.

 

2. Pastikan Caption Berisikan “Value”

strategi instagram marketing

 

Hal penting yang perlu kamu ingat adalah para pengikutmu di instagram mem-follow akunmu karena mereka ingin mendapatkan value atau benefit dari konten yang kamu bagikan. Sebagai contoh kamu bisa menulis caption yang berisi tentang sharing. Misalkan sharing mengenai bisnis anda atau membahas mengenai tips and trik. Pastikan pada konten yang kamu bagikan mengandung value yang bisa mereka dapatkan dan menciptakan insight baru bagi mereka. Selain  itu kamu juga bisa menulis caption yang bermanfaat untuk tujuan hiburan dan memberikan inspirasi pada para pengikutmu. Semakin banyak konten bermanfaat yang bisa kamu share di Instagram, maka akan semakin membuat akunmu tumbuh dan mencakup jangkauan followers yang lebih luas.

 

3. Tambahkan Beberapa Hashtag yang Relate

strategi instagram marketing

 

Menambahkan hashtag pada setiap postingan yang kamu bagikan akan sangat membantu kontenmu untuk menjangkau audiens lain yang bukan merupakan bagian dari pengikutmu. Penggunaan hashtag juga membuat kontenmu lebih terlihat elegan. Namun pastikan kamu menambahkan hashtag yang sesuai dan relate dengan konten yang kamu bagikan. Jangan menggunakan hashtag terlalu banyak karena instagram juga telah membatasi penggunaan hashtag. Jadi gunakan hashtag secukupnya saja asalkan sesuai. 

 

4. Tawarkan Apa Hal yang Menarik di Bisnismu dan Mengapa kamu Berbeda

strategi instagram marketing

 

Setiap bisnis atau brand pasti memiliki kelebihan masing-masing dan nilai apa yang membuat mereka berbeda dari brand kompetitor lain yang serupa. Nah setelah mengetahui kelebihan produk atau jasamu, kamu bisa menjelaskan apa ‘added value’ yang bisnismu miliki. Isi beberapa postingan dengan caption yang menjelaskan mengenai hal ini. Jelaskan juga mengapa kamu berbeda dengan para kompetitor diluaran sana. Ini juga bertujuan untuk meyakinkan kepada followersmu bahwa kamu adalah pilihan yang paling tepat diantara bisnis lain yang serupa.

 

5. Gunakan Emoji pada Caption yang Kamu Tulis

Strategi Instagram Marketing dengan Caption? Begini Caranya

 

Sesekali penggunaan emoji bisa mewakilkan suasana yang sedang kamu hadapi. Nah oleh sebab itu, tambahkan emoji pada setiap caption untuk menghidupkan suasana pada caption yang kamu tulis. Selain untuk keperluan estetika, emoji ini akan membuat captionmu lebih menarik untuk dibaca dan tidak terkesan monoton. emoji juga merupakan salah satu sarana penyampaian perasaan melalui pesan. Misal jika caption yang kamu tulis ingin membangun suasana yang happy, maka gunakanlah emoji happy atau smile. Vice versa, jika kamu sedang sedih maka gunakanlah emoji sad dan lain sebagainya. Namun kamu juga perlu ingat bahwa penggunaan emoji ini secukupnya saja dan jangan terlalu berlebihan.

 

6. Sesekali Buat Caption yang Bertujuan “Just for Fun”

Strategi Instagram Marketing dengan Caption? Begini Caranya

 

Idealnya caption ditulis untuk menjelaskan maksud dari sebuah postingan yang anda unggah. Biasanya berisi bahasan mengenai produk, sesuatu yang menarik dan informatif, yang bertujuan untuk mengedukasi pembaca atau hanya sekedar hiburan saja. Namun kamu juga perlu ingat bahwa jika konten yang kamu bagian hanya mengenai produk dan bisnismu saja, maka pengikutmu juga akan mudah bosan. Seringkali caption yang bertujuan menghibur lebih disukai oleh para audiens. Kamu bisa loh sesekali menulis caption dengan tujuan ‘Just for Fun’ dengan tujuan untuk having fun dan membangun ikatan emosional dengan para pengikutmu di instagram. Pengikutmu di instagram juga akan lebih mudah berinteraksi dengan caption yang bertujuan untuk having fun saja.

 

Beberapa poin diatas tadi harus kamu perhatikan ya agar caption di instagram mu lebih bervariatif agar menarik para followers baru. Kamu harus membuat strategi instagram marketing dengan memuat beberapa inovasi dengan lebih kreatif agar followers lama mu juga betah untuk terus menantikan konten-konten yang ingin kamu bagikan. Nah jika kamu masih merasa belum bisa membuat caption instagram yang baik untuk bisnismu, kamu bisa menggunakan jasa social media manager loh! agar lebih praktis serahkan semua keperluan social mediamu kepada Sosiakita karena kami adalah your social media’s best buddies!

DAPATKAN PENAWARAN MENARIK
DARI SOSIAKITA

ISI FORM