fbpx

Begini Penggunaan SEO Tiktok Yang Tepat, Agar Konten Terus FYP

by Dec 12, 2023Social media0 comments

  1. Home
  2. /
  3. Articles
  4. /
  5. Social media
  6. /
  7. Begini Penggunaan SEO...

TikTok telah menjadi salah satu platform media sosial yang paling populer di dunia  untuk berbagi konten dan menjangkau khalayak yang luas. Namun untuk menjangkau khalayak luas, Anda perlu memastikan konten Anda populer dan muncul di For You Page (FYP. Terdapat berbagai strategi yang bisa dilakukan untuk membuat konten TikTok FYP, salah satunya yaitu dengan mengoptimasi SEO TikTok. Untuk itu Anda perlu menyimak artikel ini sampai habis, karena Sosiakita  akan membahas mengenai bagaimana cara penggunaan SEO TikTok yang tepat agar konten terus FYP sehingga bisa menjangkau khalayak luas. .

 

Mengenal Apa Itu SEO TikTok

Begini Penggunaan SEO Tiktok Yang Tepat, Agar Konten Terus FYP

Sumber: Freepik

Secara sederhana SEO TikTok atau search engine optimization TikTok, merujuk pada praktik mengoptimalkan konten agar mudah ditemukan oleh pengguna TikTok saat mereka menggunakan fitur pencarian di platform tersebut. Seperti halnya SEO tradisional, SEO TikTok melibatkan penggunaan kata kunci atau keyword yang relevan dan memiliki volume pencarian tinggi, yang umum dicari oleh pengguna. Hal akan mempermudah algoritma TikTok dalam mengidentifikasi topik dan isi keseluruhan konten, sehingga video dapat dipresentasikan kepada audiens dengan minat yang relevan.

Namun, terdapat perbedaan mendasar antara SEO TikTok dan SEO tradisional,  bahwa konsep SEO TikTok merupakan ide yang masih cukup baru dan baru-baru ini muncul sebagai metode bagi merek dan pembuat konten untuk mengambil keuntungan dari perilaku unik audiens di platform ini.

 

Apakah SEO Mempengaruhi Kinerja Video TikTok

Pada dasarnya, TikTok mengidentifikasi dirinya sebagai platform hiburan daripada mesin pencari, meskipun demikian, hal ini tidak menghalangi konsumen untuk menggunakannya. Fakta menariknya lagi, menurut data internal Google, hampir 40% pengguna Generasi Z lebih memilih menggunakan TikTok dan Instagram dibanding melakukan pencarian di Google. Oleh karena itu, penerapan SEO yang tepat dapat mempengaruhi kinerja video TikTok.

TikTok bahkan telah memasukkan fitur pengisian otomatis (auto-fill) yang mirip dengan Google, digunakan di area komentar dan kotak pencarian untuk meningkatkan pengalaman pengguna saat melakukan pencarian. Inilah tempat dimana peran SEO TikTok menjadi sangat penting, sehingga brand dan konten kreator harus memahami prinsip-prinsip SEO TikTok agar kontennya dapat ditemukan oleh audiens yang tepat selama proses pencarian mereka. Agar Anda lebih mudah memahami cara kerja SEO, berikut adalah beberapa cara mengoptimalkan SEO TikTok.

 

Cara Mengoptimasi SEO TikTok

Untuk memastikan apakah video TikTok Anda masuk FYP, berikut adalah cara mengoptimalkan SEO di TikTok yang dapat diterapkan pada konten yang akan dibuat selanjutnya:

 

  • Memahami Target Audiens 

Sebelum menciptakan konten, penting untuk memahami siapa target audiens yang ingin Anda capai dan apa yang mungkin dicari oleh pengguna TikTok. Sebagian besar pengguna TikTok termasuk dalam kelompok demografi Gen Z, yang dikenal sebagai pembuat tren. Oleh karena itu, konten kreator di TikTok harus menggunakan bahasa yang akrab bagi pengguna Gen Z.

 

  • Pemilihan Kata Kunci yang Tepat untuk Video TikTok

Riset kata kunci merupakan landasan dari strategi SEO TikTok yang efektif. Pada TikTok, penting untuk mengidentifikasi istilah yang dicari oleh konsumen ketika menggunakan platform ini. Anda bisa menggunakan alat pencarian TikTok dan meneliti hashtag TikTok yang sedang trend merupakan salah satu cara yang penting.

Terdapat tiga komponen penting yang perlu Anda pertimbangkan  dalam memilih kata kunci untuk SEO TikTok, antara lain:

  • volume pencarian, ditentukan dari berapa banyak orang yang mencari kata kunci tersebut
  • relevansi, ditentukan dari seberapa relevan konten Anda dengan kata kunci yang dicari.
  • kesulitan kata kunci, ditentukan dari seberapa sulit konten Anda untuk diberi peringkat mengenai kata kunci tersebut (jika kesulitan kata kuncinya lebih tinggi berarti itu adalah topik yang lebih kompetitif untuk diperingkatkan).

 

Selain tiga peraturan di atas, Anda juga bisa memilih kata kunci atau keywords dengan acuan sebagai berikut:

  • Volume pencarian tinggi, merupakan kata kunci yang sebenarnya dicari orang.
  • Relevansi tinggi, kata kunci ini terkait langsung dengan konten Anda.
  • Kesulitan kata kunci rendah, kata kunci ini belum dipenuhi dengan konten yang relevan.

Setelah Anda menentukan kata kunci yang sesuai melalui riset keyword, selanjutnya Anda bisa memasukkan keyword tersebut ke dalam teks on-screen, subtitle (captions), voice over video di TikTok dan hashtag video Anda. Karena elemen tersebut akan terdeteksi oleh algoritma TikTok. Pastikan menyebutkan kata kunci dalam 3 detik pertama video dan memunculkannya di slide sampul. Tujuannya, agar audiens yang mencari kata kunci (keywords) tertentu dapat lebih mudah menemukan konten Anda sebagai hasil dari perubahan ini.

 

  • Mengatur Strategi Hashtag

Strategi hashtag yang efektif pada dasarnya tidak hanya mengutamakan jumlah keyword, melainkan juga kedalaman dan keluasan dengan mencantumkan kombinasi kata kunci long-tail dan kata kunci bervolume tinggi. Sehingga Anda perlu menghindari penggunaan terlalu banyak hashtag, karena penggunaan hashtag terlalu banyak justru kurang efektif. Disarankan untuk menambahkan hingga 5 tagar terkait dengan topik tertentu.

Kata kunci long-tail adalah frasa pencarian yang lebih panjang, spesifik, dan mencerminkan niat tinggi dari pengguna. Pengguna yang menggunakan kata kunci long-tail cenderung sudah memiliki tindakan tertentu yang mereka inginkan, seperti melakukan pembelian, mengunjungi suatu tempat, atau mencari jawaban atas pertanyaan tertentu.

Di sisi lain, kata kunci bervolume tinggi umumnya lebih pendek dan mencakup kata kunci yang umum dicari oleh banyak pengguna. Pengoptimalan pada kata kunci bervolume tinggi membantu mengekspos konten kepada audiens yang lebih luas; namun, niat pencarian biasanya lebih rendah, dan tingkat konversi dapat kurang sekuat kata kunci yang lebih spesifik.

 

  • Mengoptimalkan Video untuk SEO TikTok

Pengoptimalan video merupakan komponen kunci dari SEO TikTok. Dalam membuat video TikTok, penting untuk Anda mempertimbangkan beberapa aspek seperti durasi video, rasio aspeknya, dan kualitas materinya. Pastikan durasi video TikTok Anda antara 15 hingga 60 detik dengan rasio aspek 9:16. Konten harus berkualitas dan menarik. Selain itu deskripsi, judul, dan tag video juga perlu dioptimalkan dengan kata kunci yang relevan.

 

  • Gunakan Audio yang Sedang Trending di TikTok

Audio memegang peranan penting dalam mengoptimalkan SEO TikTok sehingga bisa muncul di FYP. Memanfaatkan musik atau suara yang sedang populer dapat meningkatkan daya tarik konten Anda. Sehingga Anda perlu mencari tren audio dengan memasukkan “trending sounds” pada kolom pencarian TikTok. Anda juga bisa mencari daftar musik/suara yang sedang populer dengan memfilter video ke “this week”.

 

  • Mendorong Pengunjung ke Platform Lain

Cara mengoptimalkan SEO TikTok selanjutnya yaitu dengan mengarahkan audiens ke platform lain. Seperti mengarahkan ke situs web atau media sosial, setelah membangun pengikut besar di TikTok. Anda bisa mencantumkan tautan di bio TikTok dan beritahu penonton di video tentang cara berinteraksi di luar aplikasi TikTok.

 

  • Membuat Microblog dengan Video TikTok

Blogging tetap relevan untuk SEO TikTok. Anda bisa membuat postingan di blog yang membahas topik seputar video TikTok Anda dan masukkan kata kunci utama di judul postingan serta kata kunci sekunder atau long-tail ingin Anda targetkan di subjudul dan body copy. Strategi ini bisa Anda manfaatkan untuk mengoptimalkan  SEO TikTok

 

  • Bermitra dengan Penyedia Konten Lain

Kolaborasi dengan konten kreator lain juga dapat meningkatkan keterlibatan dan jangkauan video Anda. Pastikan kolaborasi sesuai dan tidak meniru, sehingga tetap menjaga keunikannya .Strategi ini dapat membantu meningkatkan jangkauan video Anda,dan akhirnya akan meningkatkan jumlah viewers, sehingga membuat akun Anda lebih terkenal di mesin pencari TikTok.

 

  • Mencoba Berbagai Strategi Keterlibatan

Strategi engagement TikTok merupakan komponen paling penting dari pengoptimalan mesin pencari untuk TikTok. Potensi konten Anda untuk direkomendasikan ke pengguna lain berbanding lurus dengan jumlah engagement yang yang Anda terima.

  • Jika Anda ingin meningkatkan tingkat interaksi, seperti jumlah pengikut, suka, komentar, dan berbagi (FLKS), Anda dapat menyertakan panggilan aksi (call-to-action) dalam deskripsi video Anda, seperti: beri suka dan bagikan video ini jika Anda merasa terhibur.
  • Hal yang sangat penting adalah tetap berinteraksi dengan audiens Anda dengan merespons komentar dan pesan yang mereka kirim. Selain itu, perlu memperhatikan perkembangan terbaru dalam algoritma TikTok dan mengikuti prosedur yang direkomendasikan.
  • Pastikan bahwa konten Anda dioptimalkan untuk SEO dan terus berupaya untuk mencapai audiens yang lebih luas di platform ini dengan menerapkan strategi yang tepat.

 

3 Tools Gratis untuk Mencari Hashtag TikTok yang Viral

hastag

Hastag, sumber : freepik

Berikut ini merupakan tiga tools gratis yang bisa Anda gunakan untuk melakukan riset hashtag TikTok yang sedang viral:

 

  • TikTok Trending Section

Telusuri bagian trending TikTok untuk menemukan hashtag yang sedang populer. Ini memberikan wawasan langsung tentang tren terkini di platform.

 

  • Hashtags For Likes

Alat online ini membantu menemukan hashtag terkait dan populer berdasarkan kata kunci. Ini dapat membimbing Anda dalam pemilihan hashtag yang lebih strategis.

 

  • All Hashtag

Platform online ini menyediakan generator hashtag yang memungkinkan Anda menemukan dan mengeksplorasi tagar populer di berbagai kategori.

 

Dengan memahami algoritma TikTok, melakukan penelitian kata kunci, membuat deskripsi yang menarik, menggunakan hashtag secara strategis, dan menjaga konsistensi dalam posting, Anda dapat mengoptimalkan penggunaan SEO TikTok untuk memastikan konten Anda terus mendapatkan perhatian di For You Page. Dengan menerapkan langkah-langkah ini, Anda dapat meningkatkan peluang kesuksesan konten TikTok Anda dan membangun audiens yang lebih besar.  Semoga informasi diatas membantu ya!

Patikan untuk terus update mengenai berita terbaru seputar dunia bisnis, digital, media sosial, dan tips marketing lainnya yang bisa Anda akses di Sosiakiata Blog.

 

Anda tentu tidak ingin bisnis Anda ketinggalan dengan pesaing Anda bukan? Yuk segera konsultasikan kebutuhan marketing bisnis Anda dengan Sosiakita. Karena Sosiakita menyediakan berbagai layanan digital marketing yang berkualitas untuk meningkatkan performance bisnis Anda, seperti pembuatan website, pengembangan web, optimasi ads, optimasi SEO, hingga pembuatan campaign dan konten-konten untuk website dan sosial media bisnis Anda menjadi lebih menarik, berkualitas, dan profesional. Tunggu apalagi? Hubungi sosiakita sekarang juga dengan klik disini atau langsung menuju halam resmi kami di sini  dan temukan kami di LinkedIn, Facebook, serta Instagram untuk mengetahui informasi terupdate lainnya. 

Written by Sosiakita Brand

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel menarik lainnnya

Generic selectors
Exact matches only
Search in title
Search in content
Post Type Selectors

Komentar

    "We are a digital marketing agency located in Surabaya. We have helped 100+ businesses to increase their brand existence in the digital world."

    © 2023 Sosiakita. All Right Reserved